Masa-masa berkuliah mungkin menjadi salah satu masa paling indah bagi sebagian orang di dunia. Banyak kenangan tergores dan terekam untuk sebagian orang-orang beruntung yang bisa melanjutkan jenjang pendidikan hingga bangku kuliah tersebut.

Lingkaran pertemanan di kampus juga bisa dibilang lebih besar dari jenjang pendidikan sebelumnya. Di mana dalam kampus akan ditemui tipe-tipe manusia yang sangat beragam mulai dari Sabang hingga Merauke bahkan ada juga terkadang mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Hal ini menyebabkan diversitas yang sangat tinggi di lingkungan pertemanan selama kamu kuliah.

Apakah kamu merasakan keberagaman ini?

advertisement

Sungguh menyenangkan bukan hidup dalam keberagaman di kampusmu. Mungkin bagi sebagian mahasiswa keberagaman dalam pertemanan ini menjadi suatu hal yang menarik. Bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda dan beraneka macam. Menjadi suatu pengalaman berharga dan menarik. Siapa tau pertemanan tersebut akan langgeng hingga lulus kuliah nanti.

Tapi, tidak semua mahasiswa bisa langsung akrab dan berteman dengan orang baru.

Ini juga bisa dirasakan sebagian mahasiswa saat pertama kali menginjakkan kaki di kampus. Suasana kampus yang berbeda dari SMA, budaya yang cukup beraneka, hingga gaya hidup yang dimiliki tiap orang bisa menjadi faktor pendukung dalam memulai sebuah pertemanan. Meskipun begitu, kamu jangan khawatir, meski nampak sulit untuk melakukan perkenalan dan berteman dengan mahasiswa yang beraneka ragam tersebut, jangan pernah malu dan minder. Kamu harus mencoba memulai berteman dan akrab dengan mahasiswa lain. Karena hal ini akan berguna bagi diri kamu nantinya.

advertisement

Disini penulis akan berbagi tips dan cara agar kamu bisa diterima dalam lingkaran pertemanan di lingkungan kampus. Yuk disimak!

1. Jadilah Diri Kamu Sendiri

Nah hal pertama yang harus kamu lakukan agar diterima dalam lingkaran pertemanan di lingkungan kampus adalah “Jadilah Diri Kamu Sendiri”. Hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk menunjukkan siapa diri kamu sebenarnya. Mencoba untuk memperkenalkan diri sebagai diri kamu sendiri, bertindak seperti diri kamu sendiri, berbicara seperti diri kamu sendiri, hingga belajar seperti diri kamu sendiri.

Jangan coba menjadi orang lain agar bisa diterima dalam lingkaran pertemanan. Itu sama saja kamu membohongi diri kamu sendiri dan teman-teman kamu. Daripada pusing menjadikan diri kamu seperti orang lain, lebih baik coba memperbaiki diri dan menjadi versi terbaik diri kamu. Hal itu akan membuat kamu terlihat lebih baik di mata teman-teman kamu.

advertisement

Memang memposisikan diri dalam pertemanan itu penting, hanya saja memposisikan diri bukan berarti merubah diri menjadi apa yang orang lain inginkan. Tapi mencoba menjadi diri sendiri dalam segala situasi dan kondisi dengan cara yang membuat kamu nyaman.

2. Ambil Positif dan Buang Negatif

Dalam setiap memulai pertemanan pasti banyak sekali hal baru yang akan kamu alami. Apalagi di saat kamu berkuliah dengan latar belakang teman-teman baru yang berbeda-beda. Kuliah bagaikan miniatur keberagaman Indonesia dimana hampir semua suku dan budaya masyarakat Indonesia dapat dicerminkan melalui mahasiswa. Dengan keanekaragaman tersebut maka banyak hal yang terjadi dalam suatu pertemanan.

Jika kamu ingin memulai pertemanan maka ada yang harus kalian tanamkan di awal yaitu “ambil positif dan buang negatif”. Hal ini sangatlah berguna dalam memulai pertemanan dan agar kamu dapat diterima dalam lingkaran pertemanan di kampus. Memilih sesuatu dalam pertemanan bukan suatu hal yang salah kok. Selama yang kamu pilih benar dan sesuai diri kamu, maka hal itu sangat wajar dan teman-temanmu juga akan mengerti.

advertisement

Tidak semua pertemanan menghasilkan hal positif dan baik. Ada juga yang menjerumuskan ke sesuatu yang tabu atau bahkan salah. Maka dari itu, mungkin sedari awal kamu bisa memperkenalkan diri dengan terbuka dan bisa menentukan mana yang baik buat kamu selama berteman. Karena meskipun berteman itu penting, tapi menjaga dirimu tetap positif dan baik jauh lebih penting.

BACA JUGA: Ada Bikun Nyasar di Jalanan, Ada Apa Ya?

3. Berusaha Untuk Selalu Berbuat Baik

Sumber: kabar6.com

Kalau untuk hal ini mungkin belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi apa salahnya untuk mencoba, benar kan? Berusaha untuk selalu berbuat baik dalam memulai pertemanan dan menjalin pertemanan. Hal yang sangat mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Biasanya agak berat untuk melakukan suatu hal baik tanpa dilandasi atau didasari dari hati nurani. Ya itu lah yang dipikirkan orang banyak. Mungkin kamu pun juga berpikir begitu.

Mencoba memulai pertemanan dengan segala hal baik itu sungguh enak loh. Walaupun niat awal kamu berbuat baik belum dari hati, tapi untuk memulai pertemanan, ini bukan berarti tindakan yang salah. Semua hal baik yang dilakukan akan nampak baik juga kok. Tapi jangan juga terlalu lebay dalam berbuat baik, nanti malah membuat teman kamu tidak nyaman. Atau hanya berbuat baik jika dibutuhkan atau diminta nanti malah dikira cari perhatian. Jadi berbuat baik lah sewajarnya kepada teman kamu. Dengan begitu pertemanan akan terjalin seperti air mengalir, lancar gitu maksudnya.

4. Berani Untuk Menolak

Nah disini walaupun kamu harus memulai pertemanan dengan selalu bersikap baik, bukan berarti kamu memberikan kesempatan kepada temanmu nantinya untuk selalu bersikap baik atau kesannya malah seperti dimanfaatkan. Di sini kamu harus berani untuk menolak. Menolak dalam hal apapun yang  memang tidak wajar. Misalnya meminta bantuan mencuri, korupsi, atau hal-hal negatif lainnya. Seperti langkah 1 yaitu menjadi diri kamu sendiri.

Nantinya kamu akan membentuk batasan terhadap diri kamu. Bisa mengambil positif dan negatif dalam pertemanan, sehingga akhirnya kamu mana yang bisa kamu tolak. Langkah-langkah tersebut saling berhubungan sehingga bisa membantu kamu dapat diterima dalam lingkungan pertemanan. Teman kamu juga akan mengerti alasan kamu menolak tersebut. Karena memang kamu sudah memiliki batasan yang terbentuk sehingga temanmu bisa paham. Selama menjalaninya tersebut kamu harus selalu konsisten dan berpegang teguh pada batasan-batasan tersebut. Niscaya kehidupan pertemanan yang kamu dambakan akan terwujud. Meskipun hidup tidak selalu indah dan pertemanan ideal itu terdengar sulit dicapai. Tapi, jika sudah berusaha pasti ada hasilnya.

BACA JUGA: Untukmu Adik-adik SMA Yang Ingin Tahu Bedanya Jalur-Jalur Masuk Universitas Indonesia

5. Santai dan Jalani

Kalau hal terakhir ini bisa membuat kamu lebih tenang dalam memulai dan menjalani pertemanan. Bahkan setelah semuanya berlalu, kamu secara tidak sadar sudah diterima dalam lingkungan pertemanan kampusmu. Ya, santai dan jalani saja setiap proses mencari teman, berkenalan, hingga menjalani pertemanan tersebut.

Dengan bersikap santai tersebut beberapa beban yang ada di kepala seakan hilang. Hiraukan omongan orang lain tentang dirimu dan jadilah diri kamu sendiri. Hiraukan stigma bahwa kamu kurang asik karena kamu memang harus mengambil mana yang positif dan membuang mana yang negatif.

Hiraukan perkataan bahwa kamu tukang cari muka dan tetaplah berbuat baik. Hingga terakhir hiraukan sindiran orang yang meminta bantuanmu ketika kamu tolak karena memang itu di luar kemampuanmu. Jika kamu bisa melakukan semua itu, niscaya hubungan pertemanan kamu tidak akan menyiksa dirimu dan hati kamu akan selalu tenang.

***

Inilah beberapa langkah yang bisa kamu coba agar diterima di lingkungan kampusmu. Kamu masih ragu? Tenang, hal itu wajar kok. Apalagi bagi mahasiswa baru. Kamu kurang puas dengan langkah ini dan memiliki langkah yang lebih baik? Sangat terbuka untuk masukan, kritik, dan saran. Tinggal tulis di kolom komentar di bawah ini. Terakhir, mulai saja dahulu berteman dengan siapapun. Karena seiring berjalannya waktu, teman-teman yang baik akan selalu mengelilingimu jika kamu sudah berusaha.

BACA JUGA: Ide Kado Wisuda Terbaik untuk Teman dan Orang Terkasih