Bagi Anda yang mungkin kuliah di jurusan teknik, kedokteran, farmasi, keperawatan atau mahasiswa jurusan lainnya yang super sibuk dengan tugas-tugas yang menumpuk, kuliah dari pagi hingga sore dan malam harinya harus sibuk dengan organisasi atau pekerjaan sampingan, pastilah sulit untuk belajar secara efektif. Jika ini terjadi, Anda harus mencari tahu cara belajar efektif untuk mahasiswa super sibuk.

Namun, seorang mahasiswa dengan segala jadwal kuliah yang padat dan aktivitas tambahan lainnya, Anda tetap dituntut untuk bisa mengatur waktu terutama untuk belajar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

Skala Prioritas

tentukan skala prioritas. (Sumber:0

tentukan skala prioritas. (Photo Credit: NCSSMphotos via Compfight cc)

Dalam tulisan ini akan dijelaskan beberapa cara belajar efektif untuk para mahasiswa yang merasa kekurangan waktu alias super sibuk. Yang pasti, Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk tidur, makan dan juga refreshing. Buat skala prioritas untuk tugas-tugas dari dosen Anda yang menumpuk. Prioritaskan tugas mana yang harus segera dikerjakan, tugas mana yang sulit sehingga harus dikerjakan duluan. Ketika Anda mengerjakan tugas seperti ini, sebetulnya Anda juga belajar.

 

Tentukan Waktu Terbaik Setiap hari

Cari waktu terbaik untuk belajar. (Sumber:)

Cari waktu terbaik untuk belajar. (Photo Credit: rkb* via Compfight cc)

Anda harus memastikan terlebih dahulu, orang seperti apa diri Anda. Apakah lebih bisa untuk belajar pada malam hari atau pagi hari. Gunakanlah waktu malam atau pagi ini sebagai waktu terbaik agar apa yang Anda kerjakan jadi lebih cepat selesai.

Misal jika biasanya memulai aktivitas pukul 6 pagi dan lebih nyaman belajar pada pagi hari, cobalah untuk bangun lebih awal dan belajarlah. Sebaliknya, jika Anda merasa lebih nyaman belajar pada malam hari, cobalah untuk meluangkan waktu membaca buku sebelum tidur atau disela-sela aktivitas yang super sibuk itu.

advertisement

Ketika berada dalam kondisi yang segar, tentunya segala materi dan informasi bisa lebih cepat diserap dan tentu tidak memakan waktu yang banyak. Selain itu, mempelajari materi yang lebih mudah pasti akan lebih menyenangkan bagi Anda. Oleh karena itu pelajari yang sulit dulu ketika Anda masih punya cukup banyak waktu.

 

Diskusi

Disuksi bersama teman. (Sumber:)

Disuksi bersama teman. (Photo Credit: pennstatenews via Compfight cc)

Jika mengalami kesulitan pada materi kuliah, coba diskusi dengan teman Anda, bisa melalu chat media social, jika Anda tidak punya waktu untuk bertemu dengan mereka. Bisa juga Anda mengulang pelajaran dan berdiskusi dengan teman sesaat sebelum kuliah dimulai.

 

Review

Jangan lupa sempatkan review (Sumber:)

Jangan lupa sempatkan review (Photo Credit: Arthur H. via Compfight cc)

Jika Anda merasa sangat sibuk bahkan tidak ada waktu untuk belajar, cobalah untuk luangkan waktu 30-40 menit saja dalam 24 jam waktu Anda, untuk mereview kembali materi kuliah.  Kalau Anda malas review, kemungkinan besar akan lupa dengan materi kuliah pada hari tersebut. Pilihlah tempat yang menurut Anda nyaman, sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

 

advertisement

Belajar Membaca Cepat

Efek kalau nggak terbaisa membaca cepat. (Sumber:)

Efek kalau nggak terbaisa membaca cepat. (Photo Credit: thekellyscope via Compfight cc)

Jika Anda merasa sangat sibuk dan tidak punya waktu melakukan cara-cara belajar di atas, boleh jadi Anda belajar bagaimana cara membaca dengan cepat. Teknik membaca cepat ini sangat berguna bagi mahasiswa yang super sibuk. Dengan membaca cepat, mahasiswa akan belajar bagaimana memilah informasi yang penting dan tidak penting, bagaimana menguasai informasi dalam waktu yang cepat, serta bagaimana meningkatkan pemahaman. Sayangnya dengan teknik ini, mahasiswa tidak dapat menikmati membaca suatu informasi karena gerakan mata harus cepat dan tidak boleh membaca membatin. Tidak hanya itu, membaca cepat juga akan membuat mata mudah lelah dan bisa jadi Anda stress bila terlalu lama membaca cepat. Oleh karena itu, teknik ini cocok untuk Anda yang super sibuk, yang tak memiliki wkatu banyak.

 

Perhatikan Kondisi Lingkungan Belajar

284243847_a1e25b0684_b

Perhatikan Kondisi Lingkungan Belajar (Photo Credit: MotorBoat4107 via Compfight cc)

Ketika Anda belajar, jangan lupa untuk memilih tempat yang pas untuk belajar. Jadi, Anda tidak akan membuang waktu yang lama hanya karena kondisi belajar yang tidak kondusif dan membuat lama untuk berkonsentrasi dan memahami materi. Perpustakaan bisa jadi tempat yang cocok untuk belajar. Namun karena alasan jam operasionalnya yang terbatas, Anda harus mencari tempat belajar lain yang sesuai untuk Anda.

 

Jangan Lupa Liburan

Jangan lupa liburan. (Sumber:)

Jangan lupa liburan. (Photo Credit: Viljar Sepp via Compfight cc)

Menjadi mahasiswa super sibuk dengan segala aktivitas bukan berarti Anda harus belajar ataupun berkegiatan terus-menerus. Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran sejenak. Liburanlah sesekali untuk menghilangkan kejenuhan. Agar ketika Anda kembali beraktivitas dan belajar, otak lebih gampang mencerna.

 

Ketika Menunggu Sempatkan Belajar

Membaca dimanapun. (Sumber:)

Membaca dimanapun. (Photo Credit: civ33 via Compfight cc)

Karena kesibukan yang amat sangat padat, gunakanlah waktu menunggu Anda untuk belajar. Misalnya, Anda menggunakan angkutan umum untuk menuju kampus dan harus menunggu, gunakanlah waktu ini untuk membaca. Bisa sekadar membaca ringkasan yang sudah Anda buat atau membaca catatan materi terakhir. Pokoknya ketika ada kesempatan untuk membaca gunakalan waktu itu sebaik mungkin.

 

Belajar merupakan kewajiban yang memang harus dilakukan oleh setiap manusia, khususnya bagi para pelajar, termasuk mahasiswa. Sayangnya, kegiatan para mahasiswa yang seabrek, seperti kegiatan organisasi atau kerja sampingan, membuat mereka lupa belajar. Tulisan tentang cara belajar efektif untuk mahasiswa super sibuk ini diharapkan bisa membantu Anda yang merasa kekurangan waktu untuk belajar. Selamat Mencoba.

Sumber :

1 2 3