Ada teori bahwa sebuah hubungan itu bisa berakhir bukan karena si cowok suka bikin kesalahan yang sama, tapi karena si cowok kehabisan cara untuk minta maaf. Sehingga si cewek kehabisan alasan juga untuk memaafkan. Kedengerannya aneh, tapi memang minta maaf itu bukan hal yang gampang.

Banyak yang bilang mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah hal yang paling sulit dilakukan. Lebaran sih emang udah lewat beberapa hari yang lalu. Namun, kamu merasa kalau ajang maaf-maafan kemarin sebatas formalitas. Atau Lebaran kemarin kerasa belum begitu lengkap karena ada beberapa orang yang belum kamu hubungin buat minta maaf. Nah, berhubung masih momen Lebaran, ada tips-tips cara minta maaf yang mungkin bisa membantu, baik yang minta maaf ataupun yang dimintain maaf.

Minta Maaf tapi Gak Serius

Minta Maaf tapi Gak Serius. (Sumber: rido-remi)

Minta Maaf tapi Gak Serius. (Sumber: rido-remi)

Percaya gak percaya, hal ini ada di dunia ini. Serius. Ini persis kaya saying thank you without a trace of gratitude, saying sorry without feeling guilty. Ini adalah ketika minta maaf gak lebih dari sekadar formalitas, dan buat kamu yang dimintain maaf, ini orang gak niat minta maaf karena pasti dia akan mengulangi hal yang sama dan roman-romannya gak peduli kamu mau maafin atau enggak.

“Ya pokoknya, gue udah minta maaf. Terserah mau maafin atau enggak.”

“Gue udah minta maaf, perkara mau maafin apa enggak ya urusan lu sama Tuhan lah.”

Enak aja, situ yang bikin salah ngapa sini yang kudu berurusan sama Tuhan. I ain’t no saint, gue bisa aja gak maafin, dan itu tetep bawa-bawa lu. At least bikin gue ngerasa lu emang merasa bersalah dong. Seakan lu gak berusaha untuk dimaafin. Dasar.

advertisement

 

Copy Paste dari Orang yang Minta Maaf Pertama

Copas broadcast. (Sumber: Rulibercerita)

Copas broadcast. (Sumber: Rulibercerita)

Ini famous banget di dunia permintamaafan saat lebaran. Tunggu ada satu orang yang dengan kreatif dan niatnya bikin permintaan maaf yang unik, atau cari permintaan maaf yang cocok di web, copas lalu kirim ke orang. Selamat deh tuh dari saying sorry without feeling guilty. Kecuali ada orang yang melakukan hal yang sama, dengan permintaan yang sama, dan mengirim ke orang yang sama. Yah, yaudah, ketauan deh copas. Tapi ya gapapa sih, plagiat minta maaf gak ada undang-undangnya kan? You’re good to go.

 

Tunggu Sticker Line Keluar

Nunggu sticker Line. (Sumber: Jalantikus)

Nunggu sticker Line. (Sumber: Jalantikus)

Serius. Tunggu aja. Pasti ada kok. Tinggal kirim satu sticker, kamu sudah minta maaf ke orang. Kayanya tahun ini Line bakal bikin sticker juga buat memaafkan seseorang. Tunggu saja tanggal mainnya.

 

Serius, tapi Gak Serius-Serius Banget

Seius, tapi nggak serius-serius banget. (Sumber: 8share)

Seius, tapi nggak serius-serius banget. (Sumber: 8share)

Ini adalah salah satu hal yang unik, yang dipelajari dari berulang kali nonton film drama-komedi-romantis ala Hollywood yang isinya banyak dialog-dialog cliché. Pasti ada satu tokoh yang entah memang aktingnya bagus atau yang nulis skirp emang jago, berhasil menampilkan permintaan maaf yang keren, mengharukan dan somehow berasa banget guilt-nya. Ini adalah salah satu cara yang kadang dipakai penulis untuk bener-bener minta maaf ke seseorang yang dianggap penting, karena cuma orang yang penting berhak atas usaha ekstra. Caranya adalah kamu mengingat satu dosa kecil ke mereka, dan ingat satu dosa besar kamu ke mereka.

advertisement

“Gue minta maaf waktu itu diem-diem nyeruput es teh tawar lo di kantin gara-gara gue pikir itu es teh manis, tapi gue gak minta maaf soal bikin lo nunggu di stasiun selama dua jam dan pulang sendiri karena gue gak jadi dateng jemput, gue gak minta maaf soal itu.”

“Kok gak minta maaf soal itu?”

“Soalnya gue hanya perlu bikin lo tau kalo gue sadar itu adalah kesalahan besar. Gue tau lo udah maafin gue sejak lama, kan lo sayang sama gue.”

Gimana? Punya cara lain untuk minta maaf? Atau mau ngodein seseorang supaya minta maaf? Share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line ya!



[reaction_buttons]