Cara Ganti Password Akun UI (SIAK NG) dan Solusi Jika Expired

Di masa-masa pandemi ini banyak hal yang kita skip atau kelupaan karena rutinitas yang berubah. Misalnya, lupa hari, lupa jam kuliah, lupa mandi, lupa kalau ada deadline dan lupa-lupa lainnya. Nah, berhubung sekarang sudah sampai di penghujung semester genap, ada satu “lupa” yang harus banget kita hindari. Lupa tersebut adalah lupa ganti password atau kata sandi akun UI (SIAK NG)!


0

Di masa-masa pandemi ini banyak hal yang kita skip atau kelupaan karena rutinitas yang berubah. Misalnya, lupa hari, lupa jam kuliah, lupa mandi, lupa kalau ada deadline dan lupa-lupa lainnya. Nah, berhubung sekarang sudah sampai di penghujung semester genap, ada satu “lupa” yang harus banget kita hindari. Lupa tersebut adalah lupa ganti password atau kata sandi akun UI (SIAK NG)!

Lupa ganti password SIAK NG memang sering terjadi karena beberapa hal seperti kebiasaan menunda-nunda atau memang pada dasarnya kita sudah jarang buka SIAK untuk cek jadwal dan login Hotspot UI (wah, udah berapa lama ya gak login SSO UI?). Password SIAK NG sendiri hanya bertahan selama 6 bulan, maka dari itu kalian perlu was-was jika sudah mulai musim UAS yang menandakan semester akan segera berakhir.

Untuk kalian mahasiswa baru yang masih bingung dengan cara mengganti password akun UI, yuk simak bersama-sama langkah-langkah mudah mengganti password akun UI kalian bareng anakUI.com!

1. Buka beranda.ui.ac.id, lalu login seperti biasa

Ketika membuka beranda.ui.ac.id, kalian akan diarahkan ke laman SSO ini.

2. Pilih pilihan “ganti password” yang ada di beranda.

Kalau tidak muncul, kalian bisa buka link https://beranda.ui.ac.id/personal/profile/changepassword.

Laman Beranda.ui.ac.id

BACA JUGA: Apa Jadinya Ya Kalau Kelas-kelas Ini Dibuka di SIAK-NG?

3. Nah, saatnya mengganti passwordmu.

Saat mengganti password, password baru harus terdiri dari minimum 6 karakter dan maksimum 20 karakter. Kalian juga harus mengombinasikan huruf dan angka (numberik) dengan minimal 2 angka.

Nah, anakUI.com punya sedikit tips untuk kalian yang bingung akan password ini supaya gak cepat lupa karena ganti-ganti terus setiap semester. Kalian bisa gunakan password lama kalian dan mengganti angkanya saja, dan angka bisa disesuaikan dengan semester yang sedang kalian jalani. Misalnya saat semester satu password kalian adalah password01, kalian bisa mengganti password untuk semester dua dengan password02, semester tiga dengan password03 dan seterusnya.

Atau jika hal itu masih membingungkan, kalian bisa hanya menggunakan dua password yang berbeda dan tidak mengubahnya. Misalnya, semester pertama password kalian adalah password123, di semester dua password kalian adalah katasandi123. Nah, di semester ketiga kalian bisa kembali ke password lama kalian yaitu password123. Tapi ingat ya, dua tips ini memang terlihat mudah namun keamanannya memang lebih rendah dibandingkan kalian benar-benar mengganti password setiap semester. Untuk itu, kalian tetap harus waspada dan jangan memberikan password akun UI kalian kepada siapapun, ya, termasuk e-mail e-mail penipuan yang mengatasnamakan UI.

4. Setelah mengganti password, klik submit.

Tampilan “Ganti Password”

5. Password kalian sudah terganti, dan kalian bisa mencoba login kembali di website-website UI seperti sso.ui.ac.id atau academic.ui.ac.id.

Gampang banget, kan? Maka dari itu, jangan lagi tunda-tunda untuk memperbarui password akun UI kalian!

Hah, tapi gue udah terlanjur kelupaan nih semester ini! Harus gimana, dong?

Gedung Perpustakaan Lama UI. Sumber: indoplaces.com

Di kondisi normal, kalian harus segera mengurus akun UI kalian ke Helpdesk DST di Gedung Perpustakaan Lama, lantai 2 (berdampingan dengan ITTC) yang terletak dekat dengan Fakultas Ilmu Budaya UI Depok, atau Kampus Salemba Gedung KJ Lantai 1. Namun, berhubung kondisi pandemi dan banyak dari kita yang sedang berada di rumah masing-masing, kalian bisa cek website Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Indonesia di http://dsti.ui.ac.id dan hubungi nomor kontak yang tersedia.

Nah, itulah cara mengganti password akun UI dan mengurus lupa password atau password yang telah expired. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan akun UI kalian dan jaga kesehatan juga, ya!

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
1
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. Connect with her on LinkedIn.

0 Comments

Leave a Reply