Simak Cara Sharing Printer lewat LAN / WIFi

AnakUI.comCara Sharing Printer lewat LAN, Langkah paralel printer dua komputer tidak bisa begitu saja dilakukan di kantor. Di dalam rumah juga, Anda bisa membuatnya sendiri. Sampai, jika Anda memiliki dua komputer, Anda tidak perlu menyediakan dua printer juga. Mau tahu triknya?

Cara Sharing Printer lewat LAN

Paralel dengan dua komputer dengan 1 printer dapat disebutkan dengan istilah sharing printer. Cara Sharing Printer lewat LAN, memiliki kelebihan bagi sebagian penggunanya. Masalahnya adalah menghubungkan dua komputer ke satu printer menghemat ruang, uang, dan waktu.

Jika kamu tertarik untuk melakukannya di rumah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Sayangnya, Cara Sharing Printer untuk ditinjau hanya untuk komputer Windows 10 dan menggunakan LAN.

1. Siapkan 2 komputer, printer dan kabel LAN

Persyaratan khusus atau yang paling penting bagi Anda untuk dapat sejajar dengan printer untuk dua komputer, Anda perlu menyediakan dua komputer dan pasti printer. Pastikan komputer ke-2 Anda telah dibandingkan dengan Windows 10 ya.

Selain itu, hanya karena akan menghubungkan dua komputer dengan hanya 1 printer, Anda tidak memerlukan sakelar Ethernet, tetapi kabel LAN saja. Di sini, Anda hanya perlu menyatukan kabel LAN antara dua komputer.

Cara Sharing Printer windows 10 lewat LAN

Meskipun ada dua komputer, tetapi, hanya satu komputer yang ingin Anda buat servernya. Maka Anda perlu mengenali, jika komputer yang Anda buat servernya mati, komputer lain tidak dapat Anda gunakan untuk mencetak.

2. Buka Pengaturan Windows

Cara Sharing Printer lewat LAN selanjutnya adalah membuka atau membuka Pengaturan Windows. Pengaturan Windows yang dapat Anda buka dengan cara ini. Caranya juga sama dibandingkan dengan Windows 7 atau awalnya.

Pertama, Anda dapat membuka melalui startup dan mengklik pengaturan dengan ikon roda gigi.

Langkah 2, buka Mulai, lalu tentuPanel kendali.

Nah, berikut ini, langkah-langkah untuk membuka sampel pengaturan Windows di Windows 10, melalui Mulai dan Pengaturan. Akan ada pengaturan Windows, seperti gambar dibawah:

Cara Sharing Printer

3. Masuk ke menu Jaringan dan Internet

Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa menu pada pengaturan Windows. Untuk kali ini, pilih menu Jaringan dan Internet. Dengan menu ini, Anda dapat mengatur pengaturan berbagi printer. Dengan demikian, nantinya, printer tersebut dapat digunakan untuk dua komputer.

Akan ada banyak opsi yang ada di menu Jaringan dan Internet ini. Namun, cukup tentukan Jaringan dan Pusat Berbagi.

cara mengatasi sharing printer tidak bisa connect

4. Aktifkan penemuan jaringan dan berbagi printer file

Untuk mendapatkan dua komputer dan terhubung ke 1 printer, Anda harus mengaktifkan fitur atau fitur penemuan jaringan.

Tidak hanya itu, Cara Sharing Printer lewat LAN dengan fitur yang juga perlu Anda aktifkan adalah berbagi file dan printer. Mengaktifkan fitur ini sangat berguna untuk berbagi printer yang Anda gunakan untuk komputer rumah atau kantor Anda yang lain dengan jaringan serupa.

2 fitur ini bisa kamu dapatkan setelah memilih Change Early Sharing Setting dari menu Network and Sharing Center.

Di bagian Penemuan jaringan, Anda mengetuk Aktifkan Penemuan Jaringan atau beri tanda pada Aktifkan Penemuan Jaringan. Demikian pula, di bagian Berbagi Printer File, berikan tanda tandingan pada Aktifkan Berbagi File dan Printer. Ingat, klik Simpan Perubahan.

cara add sharing printer

5. Bagikan printer di server komputer

Disebutkan di awal, jika dari 2 komputer yang ingin Anda sambungkan ke printer, hanya satu komputer yang melakukan tindakan atau bertindak sebagai komputer server. Nach adalah langkah berbagi printer di komputer server.

Tapi, sebelum Anda tahu triknya, apakah Anda menginstal driver untuk printer? Belum, jadi Anda harus menginstalnya terlebih dahulu.

Untuk langkah ini, Anda hanya perlu masuk langsung ke menu Perangkat yang terletak di pengaturan Windows. Kemudian, cukup buka menu Tools dan Printers.

cara sharing printer dengan ip address

Jika sudah membuka menu Tools and Printers, terdapat printer dengan status terpasang, yang memiliki tanda counterng berwarna hijau. Klik kanan nama printer. Ingat, tentukan properti printer.

Sepertinya jendela printer atau area properti diinstal dan tentu saja apa yang ingin Anda bagikan untuk komputer lain. Di bagian atas jendela ini, ada beberapa menu yang dapat Anda tentukan. Di sini Anda perlu menentukan Bagikan.

Langkah yang lebih rinci adalah mengklik tab bagikan dan kemudian klik pada kotak di muka bagian printer ini untuk memberikan tanda kontreng. Masukkan nama printer sesuai keinginan dalam kotak berbagi nama. Di bagian paling akhir, cukup klik OK.

sharing printer windows 10

Meskipun nama printer yang Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda, ada baiknya Anda memberi nama printer sebagai jenis printer. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui dan mengingat merk dan jenis printer.

6. Lebih banyak printer di komputer lain

Ketika Anda telah selesai mengatur berbagi printer pada komputer server, sekarang adalah waktu bagi Anda untuk menambahkan perangkat pencetakan ke komputer lain atau ke komputer yang biasa disebutkan dengan komputer klien.

Biasanya, printer yang Anda bagikan sudah ada di komputer klien ini, cukup tambahkan, sehingga Anda dapat menggunakan printer di komputer klien.

Menambahkan printer sangat mudah. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Alat dan Printer melalui Panel Kontrol atau Pengaturan Windows. Selanjutnya, Anda menentukan tambahkan printer.

dengan wifi

Di sisi ini, Windows akan menampilkan daftar beberapa jenis printer. Dalam nomor ini, pilih jenis printer yang ingin Anda gunakan atau sambungkan ke server cetak. Cara terakhir, klik Next dan ikuti prosesnya hingga selesai atau selesai.

7. Cetak halaman uji untuk mencoba mencetak

Rupanya, langkah paralel dua komputer bukan hanya tentang itu. Sudah pasti bahwa Anda harus melakukan segala upaya untuk mencetak dokumen.

dengan kabel lan di windows 7

Anda dapat mengerjakan eksperimen dokumen saat status printer tambahan berhasil. Ada jendela baru yang berisi informasi keberhasilan dan di bawahnya ada tombol atau cetak halaman uji. Misalnya, ada yang berikut ini.

Cukup ketuk Cetak Halaman Uji lalu klik Selesai.

8. Printer paralel Dua komputer yang sukses

Jika Anda lulus tes cetak dan hasilnya bagus, langkah-langkah yang Anda kerjakan untuk memparalelkan printer dua komputer juga lulus. Anda dapat mencetak dengan salah satu dari mereka dari 2 komputer.

Meski begitu, ingat, komputer server harus selalu dihidupkan jika ingin menggunakan printer. Dimana ketika komputer server tidak dalam keadaan glowing, ketika Anda mencetak dengan komputer client tentu tidak bisa. Masalahnya adalah statusnya akan dialihkan secara offline.

Penutup

Nah, itulah tadi Cara Sharing Printer lewat LAN, jika anda berniat untuk berbagi printer dengan 2 komputer, agar anda tidak repot-repot mengganti file ketika anda pergi untuk mencetak, anda bisa mengikuti langkah-langkah paralel dari printer kedua komputer di atas.

Jangan lupa share ke teman kalian ya jika artikel ini bermanfaat, Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terimakasih!!

Leave a Comment