Boleh dibilang salah satu extra time termanis dalam sejarah perkuliahan dan mahasiswa adalah 8 Februari 2016 kemarin, awal dimulainya semester baru. Namun hari Senin itu, saat seharusnya mahasiswa mulai menyeret langkah ke kampus dan memulai kembali kehidupan akademisnya, bisa mendapatkan waktu liburan ekstra berkat perayaan Tahun Baru Imlek 2567 kemarin yang merupakan libur nasional. Luar biasa manis yang namanya libur.

Kemudian, seperti biasa, setelah minggu pertama kuliah selepas liburan mahasiswa kembali mengeluarkan pertanyaan pamungkas yang sebenarnya agak kurang etis mengingat mereka baru aja masuk, “Libur kapan lagi, sih?”

Yak. Waktunya merencanakan aksi meliburkan diri dengan seksama dan maksimal, sehingga dengan jatah absen yang ada, liburan yang didapat bisa maksimal. Ini beberapa saran untuk meliburkan diri.

Eits, sebelum mulai, gak usah muna. Semua orang suka libur.

Di SIAK NG, tahun ajaran 2015/2016 term 2 ini dimulai pada 8 Februari 2016, which was libur, dan akan resmi berakhir pada 10 Juni 2016. Dalam rentang tersebut, ada beberapa hari libur nasional yang patut dimanfaatkan momentumnya untuk meraih liburan yang cukup panjang, mungkin bisa digunakan untuk menghilangkan penat, jalan-jalan, pulang kampung atau kalau ekstrim bisa dipakai untuk mengejar ketertinggalan atau malah kerja rodi ngerjain berbagai tugas kuliah yang masih jauh deadline-nya supaya bisa nyantai tiap hari kuliah. Apapun alasannya, minumnya… loh bukan. Sorry. Apa pun alasannya, mari berencana.

Maret

Hari Raya Nyepi jatuh di awal bulan Maret via

Hari Raya Nyepi jatuh di awal bulan Maret via Photo Credit: Audrey PictAddict via Compfight cc

Februari gak ada libur nasional lagi, jadi langsung beralih ke Maret. Awal Maret ada libur nasional Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938 pada 9 Maret 2016, selamat merayakan bagi yang nanti akan merayakan. Namun yang tidak, libur tersebut jatuh pada hari Rabu. Bener-bener in the middle of the week dan kalau mau ekstrim, bisa aja kamu meliburkan diri hari Kamis dan Jumat untuk mendapatkan 5 hari libur sekaligus dari hari Rabu hingga Minggu. Jadi buat yang mau meliburkan diri dari tanggal 9 hingga 13, simpan jatah absen hari Kamis dan Jumat.

advertisement

Jumat, 25 Maret 2016 adalah libur nasional dalam rangka peringatan Wafat Isa Al-Masih. Long weekend natural di akhir bulan Maret.

Nampaknya Maret akan jadi bulan yang menyenangkan.

BACA JUGA: Tujuh Tipe Mahasiswa Kala Menghabiskan Liburannya! Hayo, Kamu Yang Mana?

Mei

Bulan Mei ada 3 hari libur Nasional via Depok

Bulan Mei ada 3 hari libur Nasional via Depok

Libur selanjutnya adalah bulan Mei, tapi sayangnya Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2016, jatuh pada hari minggu. Memang udah libur dari sananya, jadi gak perlu direncanakan. Yang patut direncanakan adalah libur selanjutnya, 5 Mei 2016 Kenaikan Yesus Kristsus dan tanggal 6 Mei 2016 Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, jatuh pada hari Kamis dan Jumat. Long weekend yang natural dari tanggal 5 hingga tanggal 8.

Meliburkan diri pada hari Rabu tanggal 4 adalah hal yang sah-sah saja selama masih menyisakan absen. Namun, bagi yang ekstrim mungkin akan menghilang satu minggu penuh dari tanggal 1 dengan mengorbankan jatah absen hari Senin hingga Rabu, 2 hingga 4 Mei. Bukan tak mungkin ada seorang mahasiswa yang menghilang dari radar kampus dari tanggal 1 sampai 8 Mei 2016. Sweet.

Libur Mei selanjutnya kembali jatuh hari Minggu yaitu pada 22 Mei 2016, hari Trisuci Waisak 2560. Sekitar tanggal segitu kemungkinan besar sedang atau akan berlangsung UAS, jadi jangan cabut.

advertisement

Juni

UAS woy, jangan cabut! via duajurai

UAS woy, jangan cabut! via duajurai

UAS woy, jangan cabut. Namun, berhubung kuliah berakhir pada 10 Juni, libur adalah selepas 10 Juni. Itu sih libur semester.

Nah, gimana, sudah siap memaksimalkan liburan? Eits ini gak berarti kalian boleh gak belajar ya. Yah, udah pada mahasiswa ‘kan? Udah pada gede, bisalah memutuskan apa yang terbaik buat kalian, or in this case, liburan terbaik buat kalian.