Cek 5 Aplikasi yang Bantu Kamu Produktif Sebagai Mahasiswa UI

Yuk, cek aplikasi-aplikasi yang bikin kamu menjadi produktif sebagai mahasiswa! Aplikasi ini tentu bisa kamu akses dengan mudah dan bikin kamu bisa mencapai tujuanmu.


0

Siapa yang menyangka bahwa kita menghadapi pandemi COVID-19 ini dalam waktu yang cukup lama? Sebagai mahasiswa tentunya kita merencanakan banyak aktivitas yang bisa mendorong kita untuk produktif dan kreatif.

Sumber: smartpresence.id

Walaupun perkuliahan ditetapkan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan serba daring, kita harus bisa, dong, beradaptasi dan tetap memfokuskan pikiran agar menjadi mahasiswa yang organized dan berkembang! Yuk, cek aplikasi-aplikasi berikut yang bisa kamu akses dengan mudah dan meningkatkan produktivitas!

1) iPusnas

Sumber: ipusnas.id

iPusnas adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan lewat smartphone dan komputer, sehingga tidak perlu capek-capek pergi ke perpustakaan langsung untuk membaca atau meminjam buku.

Sistem iPusnas sama seperti layaknya perpustakaan, kita bisa meminjam buku dan memasukkannya dalam rak buku virtual kita. Pilihan buku di iPusnas ini juga tergolong banyak, baik novel, biografi, buku sains, koran, majalah, jurnal, bahkan sampai buku anak-anak, loh! Bisa banget, kan, bantu tugas-tugas kuliah kamu?

Aplikasi iPusnas juga berbasis media sosial, yang artinya kita dapat berbagi koleksi bacaan kita dan bersosialisasi dengan pengguna lainnya. Pst, Pak Jokowi juga berbagi koleksi buku di iPusnas, loh!

2) Todoist

Sumber: todoist.com

Aplikasi Todoist ini merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu mengatur to-do-list yang kamu punya, atau disebut juga dengan task manager. Todoist akan menyinkronkan daftar tugas dan jadwal harian ke seluruh perangkat kamu dan memberikan reminder, dijamin kamu ga bakalan sampai lost track, deh, sama semua hal yang harus kamu selesaikan!

Serunya lagi, kamu bisa bikin kategori task, menyusun prioritas task, dan berbagi kumpulan task kamu dengan orang lain, sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas bareng dengan teman kamu, loh!

3. BBC Learning English

Sumber: apkpure.com

Sebagai mahasiswa tentunya punya kemampuan bahasa Inggris yang baik itu wajib banget! Aplikasi BBC Learning English ini memiliki beberapa fitur, di antaranya Pronounciation, English in a Minute, 6 Minute English, LingoHack, English We Speak, News Review, serial drama dan animasi, dan masih banyak lagi. Wah, banyak metode belajarnya dan pastinya ga bakal bikin bosan, ya!

Aplikasi BBC Learning English membimbing kamu untuk mengambil course sesuai dengan level kemampuan bahasa inggris kamu, yang mana dibagi ke dalam 3 level, yaitu intermediate, upper-immediate, dan advanced. Lalu, tidak hanya belajar materi, aplikasi ini mengadakan kuis juga. Cocok banget deh, buat mahasiswa!

BACA JUGA: Sekarang Kamu Bisa Konsultasi Pajak Gratis Lewat Aplikasi Buatan Vokasi UI

4. Dropbox

Sumber: dropbox.com

Di zaman yang segala urusannya serba online ini, kita sebagai mahasiswa pasti perlu melakukan back-up data. Dengan demikian, dokumen-dokumen kamu dapat diakses di mana saja dan kapan saja, tidak perlu khawatir bila perangkat rusak atau hilang.

Aplikasi Dropbox mmemenuhi kriteria tersebut dan tentunya sangat cocok untuk mahasiswa! Kamu dapat mengamankan semua file penting kamu, bahkan apabila file kamu terhapus, kamu masih dapat memulihkannya dalam jagka waktu 30 hari. Melalui Dropbox kamu bisa berbagi file dan bekerja dengan orang lain dalam satu proyek atau dokumen bersama, keren ya!

5. Forest

Sumber: androidtrunk.com

Apakah kamu pernah merasa susah fokus selama kuliah online, belajar mandiri, ataupun mengerjakan tugas? Nah, aplikasi Forest ini akan membantu kamu terdistraksi, terutama dari kegiatan membuka smartphone kamu, loh!

Cara kerja aplikasi Forest sebenarnya cukup sederhana, kamu membuat rencana durasi pekerjaan, menyalakan timer, dan bibit pohon virtual kamu akan tumbuh selama waktu tersebut. Apabila kamu menggunakan smartphone kamu saat pekerjaan tersebut masih berlangsung, maka pohon virtual akan mati.

Kalau kamu berhasil berkomitmen untuk fokus, perlahan-lahan kamu dapat membuka hutan baru dengan tumbuhan yang dapat kamu pilih sendiri. Asyik, ya?

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang dapat membantumu menjadi mahasiswa yang lebih produktif dan terorganisir. Bagaimana, tertarik mencoba?

BACA JUGA: Hebat! Anak Teknik UI Kembangkan Flood, Aplikasi Mitigasi Banjir


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply