COMPFEST 2010 merupakan suatu one-stop event yang menyatukan berbagai kegiatan mengenai komputer dan teknologi informasi. Hadir sebagai bentuk apresiasi terhadap pengembangan teknologi informasi dan industri kreatif Indonesia, COMPFEST 2010 mengangkat tema “Information Technology: Empowering creative industry, develop the nation”.

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini membidik kalangan pelajar, profesional TI, dan masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam empat sub acara COMPFEST 2010 yang mencakup competition, exhibition, seminar, dan entertainment. Adapun sebelum main event yang akan diselenggarakan di Smesco, 8 – 9 Mei 2010 mendatang, COMPFEST 2010 melaksanakan pre event dengan membuka pendaftaran secara online untuk berbagai kompetisi melalui situs resmi  http://compfest2010.com.

Competition

    Gaming Competition

    Kompetisi ini terdiri atas DOTa, DOTa Pro, dan Pro Evolution Soccer. Pendaftaran untuk Gaming Competition dimulai pada 1 April 2010 dan ditutup pada 20 April 2010. Sementara itu,  seleksi akan dilaksanakan pada 24- 25 April 2010.

    Problem Solving Competition

    Kompetisi ini ditujukan untuk seluruh siswa/i SMA se-Indonesia yang ingin menguji kemampuannya dalam programming.  Peserta akan diseleksi secara online dengan soal-soal analitik (non-programming), dilanjutkan dengan online crash course, kemudian ditantang untuk memecahkan soal-soal programming. 10 tim terbaik yang berhasil melalui tiga babak tersebut akan berkompetisi di babak final pada hari puncak COMPFEST 2010. Pendaftaran dibuka pada 11 April 2010 dan penyisihan akan berlangsung pada 15 – 22 April 2010.

    advertisement

    Blogging Contest

    Kontes blog ini ditujukan untuk para blogger seluruh Indonesia dengan mengangkat industri kreatif sebagai tema penulisan. Kriteria penilaian meliputi kualitas tulisan, kesesuaian tema, orisinalitas tulisan, kreativitas dalam mengembangkan tema, komentar yang diberikan pengunjung terhadap blog serta trackback terhadap blog tersebut. Pendaftaran dibuka pada mulai 1 April 2010 hingga 30 April 2010.

    Twitter Contest

    Kontes ini ditujukan bagi para tweeps untuk membuat tweet yang kreatif mengenai COMPFEST 2010 dengan menyertakan hashtag #compfest2010. Kontes ini dibuka hingga 9 Mei 2010 dan pemenangnya ditentukan berdasarkan tweet yang paling kreatif dan menarik.

    Creative Video Contest

    Kontes ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menunjukkan kreativitasnya dalam membuat video yang berkaitan dengan tema yang diusung oleh COMPFEST 2010. Peserta diizinkan untuk menggunakan teknik apapun dalam pembuatan video.

    advertisement

    Exhibition

    Bazaar

    Diikuti oleh beberapa vendor komputer dan retailer terkemuka untuk memasarkan produknya

    Job Fair

    Mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja, khususnya di bidang teknologi informasi, dimana para pengunjung berkesempatan untuk menyerahkan CV masing-masing .

    Edu-Fair

    Mewadahi instansi-instansi pendidikan untuk memberikan informasi kepada pengunjung

    Community

    Memfasilitasi komunitas-komunitas di bidang teknologi informasi sekaligus akan diadakannya Kaskus Gathering untuk member kaskus yang merupakan forum terbesar di Indonesia

    Fasilkom

    Pengunjung COMPFEST 2010 juga akan disuguhi oleh galeri produk-produk riset dari Fasilkom UI, maupun dari Badan Semi-Otonom (BSO) yang ada di Fasilkom UI

    Seminar

      Seminar Nasional

      Kandidat pembicara untuk seminar nasional ini antara lain:

      • Tifatul Sembiring (Menteri Komunikasi dan Informasi RI)
      • Romi Satrio Wahono (founder dari ilmukomputer.com)
      • Andrew Darwis (founder dari kaskus.com)
      • Wahyu Aditya (founder dari kdri.web.id, Hellomotion)
      • Leon (founder dari tokopedia.com)
      • Indra Utoyo (Direktur PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.)

      Seminar Internasional

      Kandidat pembicara untuk seminar internasional ini antara lain perwakilan dari VuClip, Beoscope.com dan Cisco-Flip.

      Entertainment

        Suguhan entertainment dari COMPFEST 2010 bertujuan untuk memberikan hiburan bagi pengunjung, dan juga memberikan sarana bagi kreativitas untuk menunjukkan kebolehannya dalam memberikan inspirasi kepada pengunjung yang menghadiri COMPFEST 2010, antara lain pemutaran video pemenang Creative Video Contest  serta kolaborasi musik dari berbagai pengisi acara yang akan menjadikan COMPFEST 2010 juga menjadi sebuah tempat hiburan yang unik dan inspiratif. Kandidat pengisi acara di COMPFEST 2010 ini antara lain : Saykoji, Mahawaditra Orchestra UI, DJ Romy, Raiden Soe “ROXX”, musisi 8-bit dari Indonesian Chiptunes Community, DJ Pierre, Trian “Vierra” dan berbagai musisi lainnya.



        [reaction_buttons]