COVENT 20: UI Siap Produksi 1000 Ventilator Lokal. Sebagai mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia, kita patut berbangga. Universitas kebanggan kita ini berhasil mengembangkan ventilator dalam upayanya mengatasi COVID-19. Ventilator ini merupakan hasil kerjasama pihak Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Selain kedua belah pihak tersebut, UI juga melibatkan beberapa perusahaan sebagai mitra fabrikasi utama, antara lain: PT Graha Teknomedika, PT Indofarma, PT Pindad dan beberapa perusahaan lokal sebagai supply chain dari komponen ventilator ini.

Dinyatakan lulus uji produk

Sumber: antaranews.com

Pada tanggal 29 April 2020 yang lalu, COVENT-20 ini dinyatakan lulus uji produk untuk mode ventilasi Controlled Minute Ventilation (CMV), atau mode ventilasi yang sangat mirip dengan mode yang dipakai di ruang operasi, dimana laju nafas dan volume tidal ditentukan oleh klinisi. Pengujian terhadap produk ini juga dinyatakan lulus dalam mode Continous Positive Airway Pressure (CPAP) atau mode ventilasi dimana tekanan jalan nafas dibuat selalu lebih tinggi dari based line saat ventilasi spontan.

Menurut Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D, “Biaya pembuatan COVENT-20 lebih rendah bila dibandingkan dengan tipe ventilator transport komersial yang tersedia saat ini. COVENT-20 juga memiliki ventilasi multimode, hemat energi dengan baterai lithium-ion, memiliki bentuknya ringkas dan sederhana, pengoperasian yang mudah, serta menggunakan filter bakteri sehingga aman digunakan untuk pasien.”

advertisement

Produksi 1000 ventilator

Sumber: ui.ac.id

Rencananya, pada tahap awal ini, Universitas Indonesia akan memproduksi 1000 ventilator dalam waktu satu bulan yang nantinya akan diserahkan pada rumah sakit yang menjadi rujukan COVID-19 melalui kolaborasi penggalangan donasi dari berbagai pihak yang dikoordinasikan oleh Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI (ILUNI FTUI).

Penyerahan Simbolis

Sumber: ui.ac.id

Penyerahan secara simbolis Ventilator COVENT-20 sebelumnya telah dilakukan oleh  Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D. kepada Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, disaksikan oleh Menteri Riset dan Teknologi RI/Kepala Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Menristek/Kepala BRIN), Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D, pada Rabu (23/6), di Graha BNPB, Jakarta. Penyerahan COVENT-20 dihadiri pula oleh Ketua MWA UI, Saleh Husin; Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Dekan Fakultas Teknik (FTUI), Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.; Dekan Fakultas Kedokteran (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB., Ketua Tim Ventilator UI, Dr. Basari, S.T., M.Eng. beserta tim, dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI).

Meskipun produksi dari ventilator-ventilator lokal ini masih jauh dari apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pihak UI, diharapkan ke depannya UI dapat memenuhi target produksi COVENT-20 dan melibatkan lebih banyak pihak lagi dalam upaya mengatasi COVID-19.

advertisement