Pasti beberapa dari mahasiswa sekalian terkadang membayangkan atau mempertanyakan hal-hal yang kadang belum sempat terjawab, atau malah tidak dapat terjawab. Bukan pertanyaan akademis, tapi lebih ke pertanyaan tentang hal-hal kecil, tentang daily life di kampus.

Nah, AnakUI bakal mencoba menjawab beberapa pertanyaan tersebut. Meskipun penjelasannya belum tentu  benar dan bisa menjawab pertanyaan dengan baik atau malah gak menjawab sama sekali, setidaknya bisa mengganjal sampai kalian tahu sendiri jawabannya. Karena terkadang Google juga gak tau apa yang kita tanyakan, jadi kita harus coba menggunakan nalar.

Kenapa Harus Gonta-ganti Password SIAK?

Kenapa harus gonta-ganti password? (Sumber: bempefeui)

Kenapa harus gonta-ganti password? (Sumber: bempefeui)

Iya, benar, kenapa? Ada yang bilang bahwa alasan mahasiswa harus gonta-ganti password adalah agar akun SIAK tetap aman karena password selalu digant dan juga menghindari lupa password. Sejauh ini belum pernah denger tuh, ada perkara akun SIAK dicuri. Buat apaan? Memang sih bisa aja ada yang jahat ngebajak akun SIAK buat nge-drop semua matkul pas masa add-drop, tapi kan siapa juga yang sejahat itu, usilnya mendarah daging.

Kalau perkaranya bawa-bawa IP, IPK, dan uang kuliah satu semester, mahasiswa bisa emosional. Kasus yang muncul malah mahasiswa yang lupa ganti password dan harus ribet ngurus ke rektorat. Belum lagi ketika ada mahsiswa yang justru lupa password gara-gara ganti tiap semester. Beberapa malah jadi bikin password asal-asalan: QWERTY123456 yang penting asal dia inget aja, gak mikir perkara aman atau enggak.

 

Kenapa Gak Ada Jalur Sepekun dari Kandang Rusa ke FIB?

Kenapa gak ada jalur spekun? (Sumber: va-ui-s-life)

Kenapa gak ada jalur spekun? (Sumber: va-ui-s-life)

Iya. Kenapa? Kenapa ketika ada mahasiswa yang muncul dari arah stasiun UI dan pengin naik sepeda ke FIB, harus muter dulu ke Perpus? Kenapa? Mungkin gara-gara… gak tau sih. Males bikin jalur sepeda lagi, mungkin. Atau mungkin bisa bikin tambah macet.

advertisement

 

Kenapa Temen Gue yang Satu Itu Selalu Langsing dan Gak Pernah Gemuk?

Kenapa dia Selalu Langsing dan Gak Pernah Gemuk? (Sumber:)

Kenapa dia Selalu Langsing dan Gak Pernah Gemuk? (Sumber:Photo Credit: insidethemagic via Compfight cc)

Oke, ini perdebatan abadi tampaknya. Selalu ada seseorang yang gemuk dan mau kurus, dan ada seseorang yang kurus dan mau gemuk. Sayangnya yang gemuk selalu minder dan keukeuh mau kurus, sementara ada aja yang kurus dan ngerasa dirinya gemuk, bikin seantero jagad sebel.

Mungkin aja temen lu yang satu itu punya kondisi kesehatan yang aneh, misalnya dia kalau bad mood suka makan, sampe berat badannya naik 3 kg. Dan pas tau berat badannya udah 3 kg, dia stress dan kemudian beratnya turun 3 kg. Jadilah siklus dan temen lu yang satu itu beratnya segitu-gitu aja.

 

Kenapa Zebra Cross yang Ada di sepanjang Jalan Margonda, Contohnya di Kober, Penempatannya Gak Lurus?

Kenapa  Zebra Cross  gak pernah lurus? (Sumber: feed)

Kenapa Zebra Cross gak pernah lurus? (Sumber: feed)

No particular reason. That’s just stupid.

 

advertisement

Kenapa Jembatan Penyeberangan di Sepanjang Jalan Margonda, Hanya Ada di Depan Margonda Residence dan Margo City?

Jembatan di depan Margo City. (Sumber: Monflemon)

Jembatan di depan Margo City. (Sumber: Monflemon)

Entah. Coba nanti wawancara dulu, apa pendapat zebra cross jalan margonda tentang hal ini.

 

Kenapa Ada yang Mancing di Danau-danau UI?

Apa yang dipancing di danau UI? (Sumber: gilamancing)

Apa yang dipancing di danau UI? (Sumber: gilamancing)

Baiklah, kita semua tahu itu danau buatan dan sering banyak yang memancing di situ. Kalau ada yang mancing, dan banyak yang mancing, berarti ada ikan, iya dong? Masa jodoh? Lalu ada tulisan larangan memancing, tapi tetap ada yang mancing. Mungkin tulisannya tidak kelihatan kalau malam, jadi mereka tetap mancing kalau malam.

Lalu kalau ada ikan, kenapa tidak boleh mancing? Karena katanya ikan di danau UI merupakan obyek budidaya. Sebentar, siapa yang membudidayakan? Serius, belum pernah liat ada yang melakukan kegiatan seperti ‘membudidayakan’. Pun kalau ada, itu kan ada banyak sampah di danaunya. Apakah mungkin itu bagian dari strategi budidaya? #sokpolos #berpikirpositif. Tambah rumit, jadi apa yang terjadi sebenarnya?

 

Kenapa Dia Gak Deketin Gue?

Kenapa dia gak deketin gue? (Sumber:)

Kenapa dia gak deketin gue? (Sumber:Photo Credit: Sklathill via Compfight cc)

No comment.

Hal lain nih yang perlu kamu baca tentang “keajaiban-keajaiban” yang cuma terdapat di Universitas Indonesia: Fasilitas di Perpusat UI Ini Bikin Kamu Komentar, “Ini Perpustakaan apa Mall?”.

Apakah kamu punya pertanyaan lain mengenai apa yang terjadi dalam kehidupan kampus, atau mungkin punya penjelasan dari pertanyaan atau keanehan yang ada?

Share tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line, siapa tahu ada yang bisa jawab atau malah punya pertanyaan ekstra tentang daily life di UI.



[reaction_buttons]