Curhatan Anak RIK yang Sering Jadi Narasumber Dadakan Tentang Kesehatan

Sebagai anak jurusan kesehatan, mungkin kamu bakal sering ditanya orang terkait keluhan kesehatan dan dimintai konsultasi gratis. Yuk simak pengalaman dan curhatan anak RIK ini


1
1 point

Anak kesehatan pasti ga asing sama pertanyaan-pertanyaan tenang kesehatan yang tiba-tiba sering ditanyakan sama orang sekitar. Kayak “kan kamu anak kesehatan nih, kalau bla bla bla gimana sih? boleh ga sih? sehat ga sih?

Tantangannya tuh bagaimana cara kita menyampaikan agar mudah dipahami oleh orang awam. Terkadang kita bingung sendiri menjelaskan istilah medis agar lebih mudah dipahami. Aku juga sering takut salah dan nggak jarang aku sendiri juga nggak tau jawabannya.

Kalau nggak tau jawabannya aku merasa gagal aja gitu jadi anak kesehatan, jadi refleksi diri, ngapain aja ya aku selama kuliah? kok bisa ga tau?….mengsedih. Tapi, untuk mengatasinya aku kadang suka cari jurnal-jurnal setelahnya biar tetep bisa jawab pertanyaan dadakan tersebut.

Sumber: www.haibunda.com

Selain sering ditanyain soal masalah kesehatan, kadang aku juga suka curhat tentang pengalaman selama praktik. Aku lebih suka cerita soal itu daripada ditanya tentang kesehatan karena berasa seperti lagi ujian, takut salah jawab. Biasanya aku suka cerita ke keluargaku, tapi berujung jadi menjelaskan konsep kesehatannya dulu baru lanjut cerita karena ada miscom.

Kalau bisa berbagi cerita sambil secara nggak langsung menyampain ilmu tentang kesehatan, itu rasanya senang sih. Aku merasa nggak sia-sia belajar ilmu kesehatan. Memang sih.. pada awalnya aku tertarik memilih bidang kesehatan setelah lulus SMA karena ilmunya aplikatif banget. Jadi, selain dapat ilmu untuk merawat orang lain, minimal aku bisa merawat diriku sendiri terlebih dahulu.

Selain itu, aku juga pengen kerja di rumah sakit, mungkin karena kayak keren aja gitu dulu aku mikirnya. Tapi, setelah menjalani praktik profesi aku jadi mikir lagi bakal kerja di RS atau tidak. Bekerja di RS selama praktik profesi ternyata capek banget dan banyak kerjaannya belum lagi bisa nggak libur, huaaa. Sampai saat ini saja aku belum pasti bisa libur lebaran nanti, karena masih harus nyusun tugas akhir profesi a.k.a KIAN (Karya Ilmiah Akhir).

Karya Ilmiah Akhir (KIAN)

Omong-omong, KIAN itu mirip kayak skripsi sih. Kita diminta membuat laporan asuhan keperawatan berdasarkan tindakan EBN (Evidence Based Nursing). Setelah melakukan tindakan tersebut ke pasien kelolaan, kita kemudian menganalisis evaluasi atau respon pasien.

Hal yang dianalisis seperti apakah tindakannya efektif? apakah dapat dimodifikasi? apa kelebihan dan kekurangannya? Sama dengan skripsi, peminatan KIAN juga bisa dipilih berdasarkan departemen yang ada di keperawatan seperti Departemen Jiwa, Anak, Medikal Bedah, Keperawatan Dasar, Maternitas, Gerontik dan Komunitas.

Kalau aku tadinya milih anak sama jiwa, terus sempet ditempatin di jiwa. Tapi karena slot praktik di anak ditambah satu oleh pihak RS nya, aku bisa pindah ke anak sesuai dengan pilihan pertamaku. Karena milihnya cepat-cepatan jadi mungkin aku ada di daftar awal jadi bisa masuk. Doain yaa, semoga KIAN aku lancar dan hasil tulisannya bermanfaat bagi masyarakat khususnya keperawatan.

Sumber: https://www.physicianspractice.com/

Oh ya, kalau cerita soal pengalaman praktik, pastinya kita harus tetap menjaga privasi pasien. Jangan sampai informasi kesehatan pasien jadi bocor karena cerita kita. Biasanya sih aku mengakali pakai inisial nama saja atau menyebutkan ciri-cirinya.

Sumber: https://www.memecreator.org/

Kadang selain curhat sama keluarga atau temen yang orang awam, kita juga sering curhat dengan sesama anak kesehatan. Curhatannya tuh terutama saat pergantian shift, sebenernya niatnya mau hand over (operan) pasien tapi ya suka kebablasan. Jangan dicontoh yaa soalnya klo handover seharusnya menyampaikan hal-hal yang penting aja lebih baik pake prinsip SBAR ahaha, teori banget ga tuh (?) Setelah praktik MANKEP (manajemen keperawatan) jadi kebawa deh teori yang benernya saat hand over.

Kalau kamu sebagai anak kesehatan, apa saja pengalaman menarik saat ditanya orang tentang kesehatan? Apakah sering curhat juga ke keluarga atau orang lain tentang pengalaman selama praktik? Bagaimana respon mereka? Aku jadi penasaran, boleh lah kita saling curhatan di kolom komentar di bawah...


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply