Dari Mahasiswa Untuk Kampung Benteng


0

“Cina benteng mulai mendatangi Tangerang sejak Indonesia belum merdeka, klenteng yang didirikan pada tahun 1830 di bantaran sungai di Tangerang menjadi buktinya.” -Edi Lim (Pemimpin Forum Warga Kampung Benteng)-

Masyarakat Kampung Benteng yang lebih dikenal sebagai masyarakat Cina Benteng sampai saat ini masih berusaha menuntut keadilan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Masyarakat Kampung Benteng terutama yang berada di Kampung Lebak yang mayoritas merupakan kaum Tionghoa akan digusur oleh Walikota setempat tanpa mendapatkan kompensasi yang jelas. Mereka dianggap melanggar peraturan dengan tinggal di bantaran Sungai Cisadane sehingga akan digusur dengan kedok penertiban oleh Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (BEM FISIP UI) mengangkat Masyarakat Kampung Benteng dalam kegiatan Advokasi Rakyat Marginal: “Keadilan bagi Rakyat Cina Benteng”. Kegiatan ini terbagi tiga bentuk, yaitu Diskusi Pencerdasan (7 Juni 2010), Audiensi dengan Walikota Wahidin Halim, dan Pasar Murah (14 Juni 2010).

Diskusi Pencerdasan dilakukan dengan teknis diskusi mengenai kasus Kampung Benteng ditinjau dari berbagai perspektif, diantaranya perspektif HAM, hukum, sosial dan politik. Tujuan dari pencerdasan ini agar mahasiswa UI dan anggota LSM yang ikut membela warga Kampung Benteng mendapat pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kasus Cina Benteng. Pencerdasan ini diisi oleh tiga narasumber, yaitu Iwan Meulia Firous (Dosen Antropologi FISIP UI), Tomi Alberto Tobing (LBH Jakarta) dan Edi Lim (Pemimpin Forum Warga Kampung Benteng). Pencerdasan ini ditindaklanjuti melalui ajakan(join) grup facebook dengan nama Advokasi Rakyat Marginal – Keadilan untuk Rakyat Cina Benteng. Melalui grup facebook ini akan selalu di-update berbagai berita aktual mengenai kasus Kampung Benteng.

Pasar Murah merupakan bentuk bakti sosial dengan penjualan barang-barang kebutuhan pokok (sembako) dengan harga di bawah harga pasar kepada penduduk Kampung Benteng. Guna mendukung Pasar Murah ini, dana dihimpun dari para donatur dan mahasiswa UI melalui kotak-kotak yang diedarkan di Stasiun UI dan fakultas-fakultas. Tujuan dari Pasar Murah ini adalah membantu masyarakat Kampung Benteng yang notabene merupakan masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi untuk mencukupi kebutuhan primer mereka.

Audiensi merupakan bentuk diskusi yang mempertemukan pihak mahasiswa dengan pemerintah kota Tangerang dalam rangka menyampaikan aspirasi masyarakat Kampung Benteng untuk menuntut keadilan bagi masyarakat Kampung Benteng. Kasus ini tidak dapat dipandang sebagai masalah etnis melainkan masalah hak sebagai WNI yang seharusnya diperoleh tanpa diskriminasi. Ini merupakan langkah awal kita sebagai mahasiswa dalam mengadvokasi kasus-kasus serupa lainnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

One Comment

Leave a Reply