4 Teknik Blocking Bola Volley Yang Diajarkan Gebetan Kepada Gue di MPKO Volley. Halo maba-maba baru UI, Adakah dari kalian yang mengambil matkul MPKO Bola Voli? Mungkin gue sekedar ingin berbagi pengalaman yang gue dapatkan ketika di MPKO Bola Voli. Jujur ketika maba sebenarnya gue pengen mengambil matkul MPKO Bola Basket tetapi demi deket gebetan akhirnya gue ngambil MPKO Bola Voli padahal seumur hidup gue gak pernah main bola voli.

Akhirnya ketika pertama kali gue masuk matkul MPKO Bola Voli gue cuma bisa ngeliatin tapi untungnya ada gebetan hihihi jadi tenang dan adem rasanya, tapi gue gak mau malu di depan gebetan, akhirnya gue mulai latihan otodidak bagaimana bermain volley dan juga gue sampe nyari buku di Gramedia bagaimana bermain bola voli yang benar, teknik-tekniknya, aturan permainannya, dan posisi-posisinya.

Setelah membaca habis seluruh buku itu gue merasa sebagai pemain professional, akhirnya gue ingin langsung terjun bermain di lapangan sehingga ketika MPKO Bola Voli di minggu kedua, gue langsung mengajukan diri bermain, sayangnya gebetan yang gue incar hari itu lagi sakit sehingga gak bisa melihat gue bermain.

Bermain Bola Volley (sumber: strength-and-power-for-volleyball.com)

Ketika peluit dibunyikan dan permainan di mulai, ternyata gue sadar mengetahui teorinya tidak serta merta bisa mempraktikannya, gerakan gue sangatlah kaku sehingga terkesan tidak natural sehingga tim gue kalah. Gue ngerasa bersalah banget ke temen-temen tim voli gue, akhirnya gue minta maaf satu-persatu kepada mereka, tapi untungnya gue sadar ternyata gebetan sakit juga berkah karena gak melihat gue yang kaku dalam bermain voli hihihi.

Pulang dari MPKO Bola Voli

Pulang dari MPKO Bola Voli gue ngerasa nggak mood sehingga ketika di Asrama Mahasiswa UI gue langsung mengambil laptop dari kamar dan searching-searching tentang cerita-cerita lucu untuk mengatasi mood gue, seketika tiba-tiba dari layar laptop muncul pesan dari seseorang yang tidak pernah gue duga. Siapa dia? Yap dia adalah gebetan yang gue incar, pesannya hanya singkat yaitu

Hai, Ini Mohan ya?” kata dia.

advertisement

Ya ini Mohan, dengan siapa ya ini?” bales gue (pura-pura nggak tau).

Ini gue Siska kita kan satu jurusan” bales dia.

Oh iya ya satu jurusan” bales gue.

Tadi ngapain aja di mpko volley? Gue tadi sakit“.

Oh iya gue baru sadar kalo dia tadi sakit dan gak masuk kelas mpko volley.

Oh iya lu sakit ya, gimana udah mendingan belum? Tadi sih cuma main tanding kayak biasa aja” (ternyata obrolan terus berlanjut sehingga tanpa sadar gue menceritakan permainan gue yang buruk dan gue ceritain juga sebenarnya gue masuk MPKO Bola Voli karena dia).

advertisement

Gila lu ya, masuk mpko volley cuma karena pengen ngintilin gue” kata dia.

Namanya juga cinta , Umur 18 tahun mungkin terlalu cepat untuk seolah tahu soal cinta, tapi gak ada umur yang terlalu muda untuk jatuh cinta, kan?” bales gue (quotes Raditya Dika)

Idih cinta-cintaan kwwkwk, gue jadi merasa bertanggung jawab lu masuk volley karena gue kwkw, yaudah lu mau gue ajarin gak?” bales dia

Serius, mau banget lah” bales gue.

Tapi gue cuma bisa ngasih tau teknik blocking ya, karena gue kalo main volley lebih suka jadi blocker

Akhirnya gebetan gue pun memberitahukan teknik-teknik blocking yang sampai sekarang gue inget dan menurut gue sangat penting dalam melakukan blocking di dalam permainan bola volley. Mau tau apa aja yuk simak teknik-tekniknya:

1. Read Blocking

Blocking (sumber: tutorialolahraga.com)

Read blocking adalah cara membaca arah gerak bola voli sebelum melakukan block. Dalam read blocking, blocker melihat ke arah kemana tosser lawan mengarahkan tos bola voli, baru setelah itu blocker melakukan lompatan untuk memblokir bola lawan. Tujuan dari read blocking adalah agar tidak mudah tertipu oleh gerakan-gerakan dari setter atau tosser dan gerakan pemain lainnya yang mencoba mengecoh. Cara melakukan read blocking adalah jangan melakukan lompatan blocking sebelum tau pasti ke arah mana tosser mengarahkan bolanya untuk melakukan serangan. Keunggulan read blocking adalah dimana blocker tidak akan pernah tertipu oleh gerakan tosser ataupun gerakan pemain lainnya yang ingin mengelabui blocker karena blocker tidak akan melompat sebelum bola voli diarahkan oleh tosser kepada spiker. Kelamahan dari read blocking adalah terkadang tempo dalam melakukan block akan sedikit lambat dan tidak mampu mengimbangi kecepatan bola yang menuju spiker atau smasher sehingga blocking menjadi tidak sempurna.

BACA JUGA: Olimpiade UI Bakalan Tambah Asyik Kalo Ada Cabang Lomba Berikut ini!

2. Guess Blocking

Kuda-kuda Blocking (sumber: strength-and-power-for-volleyball.com)

Guess Blocking adalah teknik kesukaan saya dalam melakukan blocking. Guess Blocking adalah teknik mem-blocking bola menggunakan intuisi dan logika ataupun tebakan. Seorang Guess Blocker akan melakukan tebakan ke arah mana bola voli akan di arahkan untuk melakukan serangan oleh tosser lawan. Tujuan dari guess blocking adalah agar dapat mengimbangi kecepatan bola voli yang diarahkan oleh tosser untuk melakukan penyerangan sehingga gerakan blocking menjadi sempurna. Tetapi kelemahannya adalah terkadang tebakan dari blocker yang melakukan guess blocking salah sehingga lompat lebih awal ataupun salah lompat sehingga berusaha memblok pemain yang sebenarnya tidak akan melakukan smash.

Guess blocking sebenarnya digunakan untuk mencetak angka dari blocking dibandingkan dengan read blocking karena dapat mengimbangi kecepatan bola. Untuk melakukan guess blocking secara gampang maka anda hanya perlu mencari tau siapa yang memegang posisi spiker atau ace di tim lawan dan anda hanya perlu terus memperhatikan dia dan melakukan lompatan block setiap dia mendapatkan bola dari tosser.

BACA JUGA: Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Kamu Turun Jadi Supporter di Olimpiade UI

3. Soft Blocking

Posisi tangan Soft Blocking seperti memegang piring (sumber: volleyball-life.com)

Soft Blocking adalah teknik blocking yang digunakan oleh blocker untuk memperlambat kecepatan smash lawan. Soft blocking tidak benar-benar ditunjukkan untuk mencetak angka dengan mem-block melainkan hanya memperhalus ataupun memperlambat gerakan bola dari smash lawan sehingga mudah di terima oleh tim dan dapat melakukan serangan balik. Soft blocking dilakukan dengan cara membentuk tangan seperti ketika memegang piring dan mengarahkannya diatas kepala ketika melompat. Dengan soft blocking kecepatan bola smash dari lawan menjadi berkurang sehingga mudah dikembalikan. Biasanya soft blocking dipadukan dengan read blocking hal ini dikarenakan kelemahan read blocking yaitu tempo dalam melakukan block sedikit terlambat dibandingkan dengan kecepatan bola sehingga block menjadi tidak sempurna maka dari itu lebih baik block dari read blocking di tunjukkan sekedar untuk memperlambat kecepatan bola smash dari lawan.

BACA JUGA: Missleading Pengelolaan Industri Sepakbola Indonesia

4. Hard Blocking

Posisi tangan ketika melakukan Hard Blocking (sumber: wikihow.com)

Hard Blocking adalah blocking yang digunakan oleh blocker untuk mencetak angka dengan mengarahkan tangan ke atas depan ketika melompat atau berlawanan arah dengan soft blocking. Hard blocking dimaksudkan untuk mencetak angka dan menggagalkan serangan smash lawan terutama dari spiker. Kesalahan orang melakukan hard block adalah ketika melakukan block dan mengarahkan tangannya ke atas padahal seharusnya mengarahkan tangan ke atas depan. Hard blocking biasanya dipadukan dengan guess blocking. Hal ini dikarenakan keunggulan dari guess blocking yaitu ketepatan waktu dalam mengimbangi kecepatan bola yang di tos oleh tosser kepada spiker sehingga dengan hard blocking menjadi block yang sempurna untuk mencetak angka.

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

Sumber gambar header: Twitter UKM Bola Voli UI