Review Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF

anakui.com – Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF adalah monitor 1080p yang solid dengan harga yang terjangkau. Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF bekerja dengan baik untuk game full HD, tetapi tidak memiliki banyak warna dan antarmuka.

Spesifikasi Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF

Spesifikasi
Dimensi: 20,8 x 12,1 x 23,8 inci
Ukuran layar: 24 inci
Resolusi: 1920x1080
Tingkat refresh: 144Hz
input: DisplayPort, HDMI
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: TN
Berat: 10 pon

Kelebihan

  • + Harga wajar
  • + Frame rate yang layak
  • + Profil kecil

Kekurangan

  • – Warna yang salah
  • – Antarmuka yang membosankan
  • – Prasetel yang tidak membantu

Dari atas ke bawah, Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF adalah definisi perangkat yang “cukup baik”. Monitor gaming 24 inci ini menampilkan gambar 1080p yang cukup baik untuk bermain game dan produktivitas, tetapi keseimbangan warna tidak aktif dan antarmuka tidak banyak membantu.

Ini memiliki kecepatan refresh 144Hz dan kompatibilitas AMD Free Sync yang membedakannya dari model produktivitas dengan harga yang sama. Dengan Rp. 3,7 jutaan, itu tidak murah atau mahal. Sebaliknya, sebenarnya menyegarkan betapa intuitifnya perasaan S2421HGF.

Menjalankan game dalam resolusi full HD dan tidak membersihkan rekening bank akan tetap ada. S2421HGF bukanlah monitor gaming terbaik yang bisa dibeli, tetapi cukup bagus untuk pengaturan sederhana. Baca ulasan lengkap kami kali ini untuk mencari tahu alasannya.

Harga dan Ketersediaan

Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF berharga Rp. 3,7 jutaan tetapi sering kali didiskon hingga di bawah Rp. 3 jutaan. Cara termudah adalah mendapatkannya dari situs web Dell, tetapi pengecer lain juga memiliki stoknya pada saat penulisan ini.

Desain Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF

Monitor gaming dari Dell ini sesederhana monitor gaming pada umumnya. Ukuran layarnya 20,8 x 12,1 inci dan memiliki diagonal 24 inci. Ada sedikit atau tidak ada bezel untuk dibicarakan kecuali bagian bawah dengan logo “Dell” berwarna perak di tengahnya.

Tombol daya kecil di bagian bawah sulit ditemukan. Terdapat juga sebuah control nub dan tiga tombol tambahan di sisi kanan belakang monitor. Ini mengontrol antarmuka. Tetapi untuk saat ini, yang perlu diketahui tentang mereka adalah bahwa mereka cukup merepotkan. Terutama jika duduk jauh dari layar.

Dudukan monitor heksagonal mudah dipasang dan hanya memakan sedikit ruang di meja. (Sobat memerlukan obeng pipih, tapi kami rasa setiap orang memiliki salah satunya di laci mereka di suatu tempat.) Namun, setelah dipasang, layarnya cukup kokoh.

Sobat dapat sedikit memiringkannya ke depan dan ke belakang, tetapi tidak dapat memutarnya. Jadi jangan repot-repot menggunakan S2421HGF sebagai layar vertikal kedua. Selain itu, portnya sangat sulit dijangkau meski dengan layar miring.

Berbicara tentang port, ada dua port HDMI dan satu DisplayPort, cocok untuk sebagian besar konsol dan PC gaming. S2421HGF juga memiliki sepasang speaker internal, tetapi seperti kebanyakan speaker monitor, speaker ini senyap dan metalik dan tidak layak digunakan kecuali memiliki pilihan lain.

Layar Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF

Seperti dijelaskan di atas, Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF memiliki layar 1080p berukuran 24 inci. Dari segi tolok ukur, monitor terlihat cukup bagus, dengan kecerahan rata-rata 283 nits dan akurasi warna 0,23 Delta-E (angka yang lebih rendah lebih baik).

Namun, itu hanya dapat menampilkan 106,3% dari spektrum warna sRGB, yang tidak mengesankan jika dilihat sebagai monitor gaming. Misalnya, Dell 24 S2417DG yang sangat mirip mungkin menunjukkan 122,8%. Tapi, agar adil, monitor ini harganya bisa mencapai Rp. 6 jutaan.

Namun kenyataannya, monitor sama sekali tidak menangani warna dengan baik. Preset standar buram, membuat warna hitam terlihat abu-abu dan warna terlihat pudar. Sobat dapat menyesuaikan opsi Brightness, Contrast, Hue, dan Saturation secara manual.

Tetapi menurut pengalaman kami, ini membuat foto terlihat oversaturated atau tidak natural. Beberapa prasetel berfungsi lebih baik daripada yang lain (pengaturan MOBA/RTS secara mengejutkan bagus untuk sebagian besar aplikasi), tetapi S2421HGF tidak terlihat bagus bahkan dengan standar monitor full HD.

Performa Gaming

Menampilkan resolusi 1080p dan kecepatan refresh 144Hz, Monitor Gaming Dell ini membantu komputer lama dan kurang bertenaga menjalankan game dengan klip yang stabil.

Sebagai pemilik mesin yang lebih tua dan kurang bertenaga, kami menguji S2421HGF dengan Doom Eternal, Shadow of the Tomb Raider, Age of Empires II: Definitive Edition, dan Thronebreaker: The Witcher Tales.

Hanya untuk bersenang-senang, S2421HGF memiliki opsi bawaan untuk FPS, MOBA/RTS, dan RPG. Jadi kami juga menggunakan preset yang direkomendasikan untuk setiap genre. (Kami memilih “Standar” untuk Tomb Raider.)

Pertama, mode FPS benar-benar yang terburuk. Tidak ada kata yang lebih baik. S2421HGF meningkatkan kecerahan dan ketajaman sedemikian rupa sehingga Doom Eternal tidak terasa atmosfer dan kehilangan visual gelap dan suram yang menjadi ciri khas game ini. Standar tidak terlalu bagus.

Ada sedikit kontras antara area gelap dan terang di Lara’s Forgotten Tomb, yang membuat area yang sulit dinavigasi dan cutscene tidak menyenangkan untuk ditonton. Namun, monitor menangani visual RTS dan RPG dengan lebih baik. Prasetel ini sangat mengurangi kecerahan dan tidak membuat warna terlalu jenuh.

Age of Empires II berjalan dengan stabil 60 frame per detik, sementara Thronebreaker berada di 100-an rendah. Keduanya memiliki visual yang jelas dan berbeda, tetapi warnanya tidak sesuai dengan judulnya.

Antarmuka Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF

Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF sangat sulit dinavigasi meskipun memiliki empat tombol bermanfaat lainnya. Menekan kenop kontrol akan membuka menu tempat sobat dapat memilih prasetel, menyesuaikan kecerahan, mengontrol volume, dan menyesuaikan pengaturan lainnya.

Masalahnya adalah nubs sangat sensitif, sehingga sangat mudah untuk secara tidak sengaja mengklik hal yang salah atau keluar dari menu sepenuhnya. Ada banyak menu di dalam menu, terutama jika ingin memprogram preset sendiri.

Oleh karena itu, menavigasi antarmuka dapat menjadi pengalaman yang meresahkan dan membingungkan. Agar adil, antarmuka menawarkan banyak pilihan, mulai dari penyesuaian warna hingga kontrol volume speaker.

Jika dapat memprogram preset yang diinginkan, sobat tidak perlu terlalu sering menggunakan menu. Di antara penempatan tombol yang canggung, menu yang membosankan, dan inti kontrol yang tidak tepat, sobat pasti ingin menghindarinya.

Kesimpulan

Monitor Gaming Dell 24 S2421HGF cukup banyak seperti yang diharapkan untuk harganya. Jika memerlukan monitor yang andal dan sederhana untuk PC game 1080p atau beberapa konsol modern, monitor ini cocok untuk sobat.

Kami berpendapat akan lebih baik dengan monitor quad HD seperti Dell 24 S2417DG bahkan pada 24 inci, tetapi itu juga berarti harus membayar lebih. Dalam ulasan kami tentang Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF, kami membahas kinerja monitor yang layak dan tapak kecil, serta warna pudar dan antarmuka yang kikuk.

Mengenai apakah yang baik melebihi yang buruk atau sebaliknya, pertimbangkan apakah sobat memerlukan monitor untuk benar-benar meningkatkan permainan atau hanya untuk melihat kemajuan.

Leave a Comment