Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI 2011 mempersembahkan: UI Untuk Bangsa

UI Untuk Bangsa 2011

Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI 2011 menyadari betapa pentingnya proses berpikir dalam mengasah kemampuan intelektual muda untuk berkontribusi lebih besar. Salah satu langkah nyata Departemen Pendidikan dan Keilmuan adalah memberikan wadah bagi mahasiswa Universitas Indonesia untuk menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan sebagai sumbangsih pemikiran dalam memecahkan masalah bangsa. Oleh karena itu, Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI 2011 menyelenggarakan rangkaian acara bertajuk UI Untuk Bangsa yang diharapkan mampu menjadi sarana para intelektual muda Universitas Indonesia berkontribusi memecahkan masalah-masalah bangsa melalui tulisan yang kritis dan membangun.

Deskripsi Kegiatan

Grand Launching merupakan acara puncak dari kegiatan CALL FOR PAPER yang dilakukan panitia UI untuk bangsa. Target peserta diharapkan mencapai 200 orang. Dengan tema besar ” Gores Pena Perubahan untuk Indonesia ” acara ini dilangsungkan selama 2 hari yang terdiri dari beberapa bagian kegiatan inti yaitu:

Presentasi Esai (FINAL)

Esai-esai ilmiah yang sudah diseleksi akan mendapatkan finalis di tiap rumpun keilmuan/subtema. Finalis ini nantinya akan mempresentasikan esainya di hadapan juri dan hadirin sebagai bentuk seleksi tahap akhir dan pertanggungjawaban ilmiahnya.

Diskusi Kebangsaan

Diskusi ini akan menghadirkan pakar-pakar terkemuka yang membahas tema mengikuti tema besar UUB di atas, yakni “Membangun Bangsa Berdaya Saing Global Dengan Ide Inspiratif dan Aksi Nyata”. Narasumber berasal dari elemen intelektual, tokoh nasional, dan pemuda-pemuda yang terkait topik.

Creative Session

Pada sesi ini akan dihadirkan figur-figur publik yang karya dan aksinya telah banyak memberikan inspirasi dan perubahan pada bidangnya masing masing. Sesi ini dimaksudkan sebagai pemacu semangat para mahasiswa dan sekaligus ajang berbagi pengalaman, bagaimana menemukan ide, mewujudkan, hingga mempertahankannya agar manfaat yang ada dirasakan secara terus menerus. Konten acara yang dikemas secara unik, dimana masing-masing narasumber di tiap sesi memaparkan tips dan triknya untuk membangun usaha dan gerakannya hingga saat ini. Untuk itu, Creative Session ini mempunyai tema “Being Excellent with Your Idea”.

Inspiring Students Award

Acara ini adalah ajang penghargaan untuk mahasiswa yang menginspirasi. Dengan tema “Sebuah Persembahan untuk Negeri”, penghargaan ini terdiri dari 2 nominasi, yaitu Ide Inspiratif dan Aksi Nyata.

 

Narasumber

1.  Diskusi Kebangsaan

Dr. Terry Mart

Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti

Helvy Tiana Rosa

 

2.  Creative Session

Yovita Salysa Aulia

Hokky Situngkir

Ridwan Kamil*

*dalam konfirmasi

 

Waktu & Tempat

Selasa, 29 November 2011 (Presentasi Finalis Esai)

Ruang Aula Bank Syariah Mandiri (BSM) FMIPA

08.00 – 16.00 WIB

 

Rabu, 30 November 2011 (Diskusi Kebangsaan, Creative Session, Inspiring Student Awards)

Balai Sidang UI

08.00 – 16.00 WIB

 

FREE, tidak dipungut biaya

Untuk 100 pendaftar pertama mendapat Sertifikat, Snack dan Perdana AXIS (untuk 30 November)

1 thought on “Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI 2011 mempersembahkan: UI Untuk Bangsa”

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA