Mahasiswa semester tingkat akhir biasanya disibukkan dengan aktifitas magang dan membuat skripsi, nah kalian pasti sering mendengar kata magang ini kan? Dilansir dari halaman gajimu.com magang telah diatur dalam Undang-undang no.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada pasal 21-30, atau dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri, magang dapat diartikan sebagai pelatihan kerja yang digelar dengan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Biasanya mahasiswa yang magang di perusahaan tertentu diwajibkan memiliki pengalaman atau setidaknya memiliki minat untuk mempelajari ilmu di bidang atau posisi yang ingin dituju, atau posisi tersebut memiliki korelasi dengan jurusan yang kamu tempuh. Misalkan jika kamu kuliah di jurusan komunikasi, kamu bisa magang di posisi humas, copywriter, atau menejemen media sosial di perusahaan tersebut.

Yang sering jadi pertanyaan adalah, magang itu digaji gak sih? Jawabannya, tergantung kebijakan perusahaan, ada perusahaan yang memberi uang transportasi, ada yang memberi kompensasi uang makan siang, namun ada juga yang dibayar dengan nominal yang cukup besar.

advertisement

Tertarik untuk magang? Kamu bisa cari informasi mengenai lowongan magang disini!

1. Media Sosial

cari info magang di twitter

Tidak heran bahwa banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan lewat media sosial, banyak sekali informasi yang dapat kamu cari lewat media sosial, mulai dari kehidupan mantan, kehidupan para artis, produk atau barang yang lagi hype, bahkan sampai aib seseorang bisa kamu cari di media sosial, tak terkecuali info mengenai lowongan magang. Contohnya seperti di aplikasi Instagram, kamu bisa langsung cari informasi magang dengan menggunakan kolom pencarian, cukup sengan menulis kata “magang” maka akan keluar banyak akun yang menyajikan informasi seputar magang.

advertisement

Atau kamu juga bisa langsung mengunjungi profil instagram suatu perusahaan tertentu, biasanya sebagian perusahaan menginformasikan lowongan magang jika memang membutuhkan, namun kamu tidak perlu ragu untuk langsung bertanya mengenai info magang lewat fitur direct massage yang disediakan oleh pihak instagram. Kamu juga dapat mencari info mengenai lowongan magang lewat aplikasi Linkedin, aplikasi ini memang dikhususkan untuk menjadi wadah atau menjembatani antara pihak perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia dan orang-orang yang sedang mencari info pekerjaan atau magang.

Di aplikasi twitter juga ada beberapa akun yang menyediakan informasi mengenai magang, seperti akun @KampusUpdate misalnya, akun ini menyediakan informasi yang berkatian dengan mahasiswa seperti info pekerjaan, magang, volunteer, dan bahkan informasi lomba.

BACA JUGA: 4 Pertanyaan yang Biasa Ditanyakan di Wawancara Magang

advertisement

2. Relasi, Senior, atau Dosen

Sumber: cs.ui.ac.id

Jika kamu memiliki banyak relasi, dan menjalin hubungan yang baik dengan senior atau dosen, maka itu bagus! Kamu bisa langsung bertanya tentang informasi magang kepada mereka, biasanya mereka yang lebih berpengalaman di dunia kerja memiliki banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan termasuk magang. Inilah salah satu alasan mengapa kamu harus memiliki kepribadian yang baik dan menjalin relasi dengan banyak orang, agar mereka tidak ragu-ragu untuk merekomendasikan kamu kepada pihak perusahaan.

BACA JUGA: Raja Salman Ke Indonesia, Anak UI Bisa Magang Di Arab Saudi!

3. Pihak Jurusan

Beberapa pihak jurusan di UI menyediakan informasi tentang lowongan magang, biasanya pihak jurusan sudah melakukan kerja sama sebelumnya dengan perusahaan tersebut. Jadi seharusnya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dapat diantisipasi.

advertisement

BACA JUGA: Daripada Liburan Gitu-Gitu Aja, Yuk Kita Iseng-Iseng Ikutan Magang!

4. Website

Lowongan Magang

Ada beberapa situs web yang memang sengaja menyediakan informasi mengenai lowongan magang, seperti situs website jobstreet.co.id dan magang.id. Biasanya informasi mengenai magang di website lebih lengkap karena pihak perusahaan langsung yang beriklan dan memberikan informasi di sana. Situs website seperti ini biasanya disertakan fitur untuk memilah atau menyaring tempat magang apa yang cocok berdasarkan status pendidikan atau jurusan kita.

BACA JUGA: Karena Pengalaman Magang di Perusahaan Internasional Bikin Kamu Jadi Kandidat Unggulan, Yuk Ikut Program Ini