Dibalik Kedatangan Obama ke UI


0
Barack Obama
Barack Obama (foto ditambahkan admin)
Barack Obama
Barack Obama (foto ditambahkan admin)

Rencana kedatangan Obama untuk memberikan kuliah umum pada tanggal 10 November 2010 mendatang di Universitas Indonesia telah menjadi perbincangan hangat di kalangan mahasiswa UI. Perbincangan tersebut mulai dari apakah mahasiswa boleh mengikuti kuliah umum yang sedianya dilaksanakan di lapangan Rotunda namun akhirnya dipindahkan ke Balairung, apakah perkuliahan diliburkan selama tiga hari ke depan, sampai bagaimana nasib acara-acara dan kegiatan kemahasiswaan yang berlangsung selama kedatangan Obama tersebut. Hal yang masih menjadi tanda tanya besar dan menimbulkan polemik sendiri adalah pertanyaan mengenai kebenaran informasi kedatangan Obama di kampus UI iu sendiri.

Sampai saat ini, pihak Universitas Indonesia maupun Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta belum mengeluarkan pernyataan resmi akan datangnya Obama ke UI melalui situs resmi lembaga-lembaga tersebut. Kedatangan presiden ke-44 Amerika Serikat ke UI justru lebih banyak diberitakan oleh media nasional  seperti Metro TV, detik.com daan koran tempo. Pihak rektorat sendiri nampaknya juga belum mengeluarkan pernyataan resmi apakah kampus akan diliburkan selama kegiatan kuliah umum tersebut atau tetap ada perkuliahan.

Isu yang beredar melalui twitter dan blackberry messanger mengatakan bahwa pidato kuliah umum Obama akan tetap berlangsung pada tanggal 10 November 2010 pukul 09.30 dengan undangan terbatas. Artinya, tidak setiap civitas akademika UI (terutam mahasiswa) berhak mengikuti kuliah umum tersebut. Setelah dikonfirmasi melalui sms ke pihak rektorat, memang undangan yang disebarkan terbatas dan mahasiswa biasa tidak dapat serta merta masuk mengikuti kegiatan kuliah umum ini. Selain pemberitahuan mengenai kepastian kuliah umum Obama tersebut, dalam kabar yang beredar pihak rektorat memohon untuk menghentikan aktivitas perkuliahan dan aktivitas lain di kampus sejak selasa, 9 November 2010 pukul 13.00 WIB, tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut apakah kegiatan  perkuliahan akan diliburkan atau tidak.

Terlepas dari kontroversi kedatangan Obama ke UI, ada satu hal menarik yang ingin penulis sorot yakni “mengapa Obama ingin menyampaikan kuliah umum di UI?”. Jika BEM UI menurut Okezone.com melihat kedatangan Obama sebagai bentuk pencitraan bagi pihak kampus, khususnya pencitraan rektor UI, penulis melihat dari sisi sebaliknya. Penulis menilai, kegiatan kuliah umum yang ingin dilakukan Obama di UI adalah salah satu bentuk pencitraan bagi dirinya, sebagai presiden AS agar dekat dengan negara yang mayoritas penduduknya muslim. Obama ingin membangun persepsi sebagai presiden yang bersahabat dengan islam dan ingin membangun kembali hubungan yang erat antara islam dengan barat. Penulis melihat kecenderungan Obama untuk menyampaikan kuliah umum di sela-sela kunjungan luar negeri ke beberapa negara hanya terjadi di Mesir dan Indonesia, di mana kedua negara ini memiliki kesamaan sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim. UI sebagai universitas ternama di Indonesia, dianggap dapat merepresentasikan kepentingan Obama tersebut sebab dapat menyebarkan pesan-pesan ke seluruh komunitas muslim di Indonesia.

Menarik sekali melihat cara Obama menarik perhatian dengan mengadakan kuliah umum di universitas-universitas ternama di negara-negara muslim. Sayangnya, alasan ini seringkali tidak disadari oleh para petinggi di universitas yang menganggap bahwa kedatangan Obama di UI dapat meningkatka prestise universitas ini. Banyak orang mengira UI dipilih sebab merupakan universitas terbaik di negeri ini, seperti layaknya Al-Azhar di Mesir. Mungkin di satu sisi benar, di sisi lain juga UI dipilih karena dekat dengan ibukota negara. Agak susah jika Obama harus pergi ke ITB atau UGM untuk memberikan kuliah umumya dikarenakan kendala jarak.

Terlepas dari itu semua, momen kedatangan Obama ke UI ini seharusnya dijadikan refleksi bagi semua pihak agar tidak serta merta mendewakan kedatangan Obama dan melupakan kebutuhan mahasiswanya untuk menuntut ilmu dan berekpresi di dalam kampusnya sendiri.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
vinavinavina

38 Comments

Leave a Reply

  1. Ya Allooooooooooh, biarin aja sih kalau Obama mau dateng, mahasiswa sama dosen pada sibuk gak jelas. Haha…

  2. kuliah umum di UI…ehhhmmm
    tapi kok cuma kalangan terbatas yang dapet undangan dan setau saya lebih banyak yang diundang dari organisasi2 luaran semacam ISAFIS dll. jadi, terlihat lucu sekali…

    saya membayangkan bahwa ketika saya mendengar obama akan memberi kuliah umum di UI maka yah anak2 UI lah yang jadi audience nya….tapi nyatanya?

    di tulisan ini pun disampaikan bahwa “tidak setiap civitas akademika UI (terutama mahasiswa) berhak mengikuti kuliah umum tersebut”
    hahahaha ironi memang^^

      1. yah gitu deh don, temen2 gue bahkan dari HI unpad dan HI2 yang lain megang undangan hahahaha lucu yah don, kuliah umum di UI yang dateng banyakan orang luar UI yang megang undangan hahahaha

        1. bahkan gw yang anak HI UI aja ga diundang :'( lagian juga di beberapa kalangan emang infonya tertutup banget…anak2 2010 malah boleh ikutan (dng jumlah terbatas)…argghh..bikin cranky kalo inget banyak org yg sikut2an demi dapet undangan Obama :((

  3. mungkin alasan kuliah diliburkan bukan untuk memuliakan tamu dsb.. mungkin saja itu bukan kehendak dari UI, tapi kehendak dari tim pengamanannya si obama..

  4. “Dulu saya sekolah di Menteng.. Kuliah? Di BSI aja!”

    ~ngapain ke UI? XD

    tapi akan sangat keterlaluan jika seandainya isu Obama mengalihkan isu bencana di Indonesia…

  5. positif saja lah….tidak ada salahnya obama ke UI.Mudah2an ada ilmu yang bermanfaat yang bisa kita dapatkan dari Obama.

  6. Saya sering berlalu lalang di rektorat, di situ saya kebetulan sekali selalu melihat Pak Rektor kita yang nampaknya sedang mencari win-win solution dengan pihak aparat keamanan setempat, kepolisian, paspampres, sampai kepada orang asing misterius yang semapat di bahasa di kompas.com beberapa waktu lalu di sekitar gedung rektorat dan berkaitan dengan kedatangan Obama. Maka dari itu dari kemarin belum ada pernyataan resmi secara tertulis dari pihak UI, khususnya rektorat untuk mengumumkan libur kuliah atau tidak. Sekarang, baru saja saya mendapat SMS dari dosen di jurusan saya yang meliburkan kuliah. Disini jelas, bahwa keamana Obama nomor satu ketimbang kegiatan perkuliahan yang diadakan, belum lagi teman-teman yang masih UTS. Tentunya hal ini membuat pusing dan sangat merugikan teman-teman yang sudah belajar serius.

  7. disamping kerugian yg dirasakn oleh beberapa mahasiswa. (krn ada bbrp yg senang juga dgn kedatangan obama, krn libur :p )

    mungkin ada hikmah yg bisa kita ambil dari kedatangan beliau.. :))

  8. iya vin aku menangkapnya juga pencitraan 🙂

    selebihnya menyusahkan karena sukses membuatku merangkak rangkak melewati pagar pembatas kalo ke rektorat -.-

    betenya, aku juga ga bisa liat om obama haha

  9. Sepertinya orang-orang ini belum membaca majalah Tempo tentang kedatangan Obama. 🙂
    Monggo dibaca rek. Jelas loh infonya 😉

    AMYunus
    SI Fasilkom UI
    2008

  10. yha apapun itu
    para petinggi UI harus memperhatikan kembali fungsi Universitas Indonesia sebagai universitas yang mampu memberikan pelayanan atau minimal tidak menyusahkan masyarakat depok.
    Akses semua pintu ditutup,tanpa ada pemberitahuan

    1. itu dia bener2 ga da pemberitahuan, gue aja yang anakUI juga ga tau makanya banyak banget (terlihat ketika banyak pengendara motor di pagi dan malam tadi pada kebingungan saat mencoba melintasi pintu kutek)

      1. baca majalah Tempo dong, UI juga diberitahu mendadak loh. dan kalau misal ada pemberitahuan ditunda, itu 24jam sebelum acara.
        lah kalau misal udah boro2 mau ditutup, dan ternyata ditunda lagi?

  11. kang penulis, obama juga memberikan kuliah di India, tidak hanya di mesir dan Indonesia saja

    hanya tmbahan informasi

    salam sayang selalu

  12. “Jika memang benar Obama berpidato, maka kemungkinan besar libur,” katanya. Namun, mahasiwa yang ingin menyaksikan langsung pidato Obama, kata Devi, akan diizinkan masuk. “Tapi tergantung kapasitas mereka sebagai apa, karena semua mahasiswa juga pasti mau masuk” —> diambil dr kompas.com
    Kira2 kapasitas mhsw seperti apa ya yg blh masuk ksana? Yg dkt sm pihak embassy kah? Dkt sm pihak rektorat kah? Atau mhsw yg emg beruntung dpt tiket gratis nonton Obama walaupun dia anak luar ui

  13. saya agak rancu untuk masalah keikutsertaan kuliah umum obama yang terdiri dari undangan terbatas yang telah ditentukan syaratnya oleh pihak rektorat. Mengenai hal ini perlu dipertimbangkan mengapa dan apa yang menyebabkan harus dilakukan pembatasan. Lalu esensi dari kuliah umum obama itu apa? serta apa tujuan dan fokus terpenting obama datang ke kampus kita?

    – menarik bila tujuannya memang ingin melihat akademisi di UI,namun lebih menarik lagi apabila kita semua mengikuti kuliah umum ( tak dibatasi oleh syarat rektorat ) agar tau maksud dan tujuan serta mengetahui korelasi kehadiran Obama di kampus ini.

    – Kalau untuk masalah citra,banyak diisukan bahwa om rektor memang meningkatkan citra melalui hal tersebut. Namun kembali lagi pada esensi kedatangan obama. Dan korelasi kejadian atau kegiatan yang obama lakukan di Indonesia. Sehingga tau maksud dan tujuan,sedangkan kita tak tahu persis apakah rektorat yang mengundang pihak Obama,atau pemerintah yang merekomendasi kunjungan ke kampus UI ini. Itu pun perlu ada penjelasan,untuk menyikapi pencitraan.

    1. hah.?sayembara.?ih enak banget…..
      di mipa penuh perjuangan alias cepet cepetan gitu
      eh yang dapet malah ada yang ga jadi dateng padahal katanya ga bisa di gantiin gitu kalo yang ga jadi
      ih ngeselin kan padahal banyak yang pengen ikut tapi dia dapet malh ga di ambil huh..!!!
      #curcol

  14. Maksud Mufid di atas, sayembaranya juga cepet2an. Siapa cepat dia dapat. Tapi kalo emang anak yang udah daftar tapi malah ga datang, itu namanya keterlaluan. Itu namanya dhalim kecil. Saya kira itu musuh utama dari negeri ini, bukan hanya sekedar sekelompok penduduk Amerika yang jahat.

    AMYunus
    SI Fasilkom UI 2008

  15. Americans should love muslim who are one in 4 possible customers on earth, because of Muslim, America will reach full employment and low taxes.

    Just a few-americans hate and fear to muslim, and that is more “because of stereotypes”.

    Now, Obama is trying to bridge hundred years conflict between western and muslim, he isn’t perfect but he is the best that WORLD have had in a long long long time.

    Obama jauh lebih oke lah daripada Bush 😀

  16. Kedatangan Obama SANGAT Penting,, Seandainya kemarin tuh Presiden mau menyerahkan seluruh aset Freeport, Exxon Mobil ,dkk beserta segenap kekayaan yg sudah dieksplorasi dan dieksploitasi besar-besaran kepada bangsa Indonesia.. Atau minimal mau menghibahkan satu kapal induknya beserta 1-2 skuadron F-22…

    Ah,, itu hanya seandainya…

  17. Yah wajarlah pengamanannya ketat. Kalo si obama kenapa-napa disini indonesia pasti bakal jadi sorotan dunia.
    Btw tmn gw juga pas foto-foto kmrn pas obama di panggungtu securitynya jalan-jalan, takut kali ada yg bawa pestol di balik saku jas (atau hp berbentuk pestol) hahaha