EDS UI: Juara Nasional dalam Founders Trophy 2008


0

Pada tanggal 29 November 2008, EDS UI berhasil membuktikan diri sebagai tim terbaik dari  40 tim lainnya dalam Founders Trophy 2003. Mewakili Ikatan Mahasiswa UI, Mahardhika S. Sadjad (Hubungan Internasional 2004) dan Miranda Anwar (Fakultas Hukum 2003) berhasil meraih gelar juara nasional. Pada babak final, para finalis berdebat dengan mosi This House Believe that America Should Keep Guantanamo Bay in War Against Terrorism. IKM UI sebagai Opening Opposition melawan Universitas Islam Indonesia (Sani dan Aditya) sebagai Opening Government,   Alumni UI (Floribertus dan Haris Faozan) sebagai Closing Government dan EDS UI B (Lucas Suryanata dan Dyota Marsudi) sebagai Closing Opposition.

Tim Opening Government berargumen bahwa Amerika Serikat (AS) harus memprioritaskan keamanan nasionalnya, sehingga teknik penyiksaan di Guantanamo harus diperbolehkan sebagai komponen esensial dalam mendapatkan informasi dari jaringan teroris. sementara itu, Opening Opposition merespon dengan argumen mengenai perlindungan HAM yang seharusnya dijadikan dasar bagi tiap kebijakan AS. Tidak hanya karena HAM merupakan nilai mendasar yang diadpsi masyarakat AS, melainkan juga karena penyiksaan di Guantanamo telah terbukti gagaluntuk menangkap aktor besar dalam jaringan terorisme, seperti Osama Bin Ladden. Lebih jauh lagi, teknik interogasi di Guantanamo justru membeirkan dampak negatif bagi pemberantasan terorisme, dimana hal inijustru meningkatkan sentimen antara dunia Barat dengan dunia Muslim. Selanjutnya, Closing Government berargumen bahwa terdakwa yang telah ada di Guantanamo memegang peran dan informasi penting dalam jaringan terorisme global, sehingga investigas lebih lanjut perlu dilaksanakan untuk kepentingan keamanan AS. Di lain pihak, Closing Opposition berusaha memperluas topik debat dengan memaparkan bagaimana investigas di Guantanamo justru menjadi akar permasalahan terorisme, dengan meningkatkan tensi dan kebenian antara muslim dan Barat.

Juri panel berpendapat bahwa IKM UI pantas meraih gelar juara atas kontribusi besar yang mereka berikan selama berlangsungnya debat. Dalam kompetisi ini,. Luthfi dari ITB meraih penghargaan sebagai Pembicara Terbaik, sementara Dyota Marsudi dari EDS UI meraih pengharhaan sebagai Pembicara Pemula Terbaik. Selain itu, penghargaan tim Pemula Terbaik berhasildiraih oleh EDS UI B.

Founders Trophy merupakan Kompetisi Nasional dengan Sistem Parlementer Inggris yang diadakan tahunan oleh EDS UI. Dengan penghargaan ini, EDS UI sekali lagi berhasil mempertahankan gelar juara dan membeirkan kebanggan tersendiri bagi Universitas Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
wufa

0 Comments

Leave a Reply