EDS UI Sebagai Juara Bertahan National Newbies Debating Championship 2013

Diovio Alfath (FH’12) dan Tanita Dian (FH’11)

 

Setelah penyelenggaraan acara ini sukses pada tahun 2012 lalu, Student Activity Forum of Foreign Language (SAFEL) Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan National Newbie Debating Competition.  NNDC dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 Mei 2013 di kampus UNY. Di tahun kedua ini, NNDC diikuti oleh 40 tim dari 26 universitas se-Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas lomba kategori British  Parliamentary ini, panitia mengundang Boby Andika Ruitang (UI), Erwina Salsabila (UGM), Gilang Dony Pradana (UNSOED), dan Retno Rahma Safitri (UNY) sebagai Adjudication Core. Untuk mempertahankan gelar yang berhasil diraih pada 1 delegasinya untuk bertanding dalam kompetisi ini. Delegasi dibagi dalam dua tim, yaitu Tim A yang terdiri dari Diovio Alfath dan Tanita Rahmani (FH), sedangkan Tim B  terdiri dari  Ilman Dzikri dan Aisyah Sesunan (FISIP – Vokasi). Persiapan dilakukan sebaik mungkin.

Meskipun peserta merupakan  newbie, lomba berjalan dengan seru dan menarik sehingga  menimbulkan atmosfer kompetitif namun tetap sportif. Pada preliminary round hari pertama, UI A dan UI B sama-sama mengumpulkan 5 poin kemenangan dari 2 pertandingan.  Keesokan harinya, setelah menyelesaikan 4 pertandingan, UI A dan UI B kembali mengumpulkan poin yang sama, yaitu 8 poin kemenangan. Pertandingan ke-5 adalah  silent round sehingga hasilnya baru bisa dilihat pada saat breaking announcement. Setelah menikmati  city tour dan  gala dinner yang merupakan agenda acara, pengumuman pun dilaksanakan. UI A berhasil lolos ke babak eliminasi dengan 10 poin kemenangan, sedangkan UI B sayang sekali tidak bisa melanjutkan ke babak selanjutnya dengan 8 poin kemenangan yang diperolehnya karena berada di urutan ke-17.

Pada babak eliminasi, penampilan UI A cukup konsisten. Setelah mendapat posisi kedua di babak oktofinal dan posisi pertama di semi-final, Tim UI A berhak melaju ke babak final. Di babak final, UI A (Closing Opposition) berhadapan dengan UGM B (Opening Government), UNDIP A (Opening Opposition), dan Paramadina A (Closing Govenrment). Akhirnya, UI A keluar sebagai pemenang dan berhasil mempertahankan prestasi EDS UI tahun sebelumnya. Semoga raihan prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh delegasi untuk terus berprestasi di EDS UI.

Leave a Comment