Setelah Anda mencapai putaran kedua wawancara, Anda diberikan kertas dan pena. HRD akan menyarankan bahwa setelah  tes psikometri online ini, Anda akan dipanggil untuk putaran final wawancara. Jika tanpa persiapan tentu saja Anda akan kebingungan dengan keseluruhan pertanyaan yang harus Anda cari jawabannya. Pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda adalah apa pentingnya pertanyaan tersebut dalam proses wawancara saya?

Ini adalah pertanyaan yang terus ditanyakan jutaan kandidat. Alasan mengapa tes psikometri digunakan sebagai bagian dari proses wawancara untuk mengetahui apakah Anda adalah kandidat yang ideal untuk suatu pekerjaan. Dalam tes semacam itu tidak ada yang salah atau benar.

Alasan di balik Tes Psikometri

Secara sederhana, tes psikometri adalah ukuran pikiran Anda. Dalam tes ini ditemukan bagaimana otak Anda bekerja dan kemampuan sistematis kerangka pikir mental Anda. Sebenarnya evolusi dari tes ini telah ada sejak abad ke-18. Meskipun bentuk pertama dari tes kepribadian memang dimulai pada tahun 1917. Dengan dasar tes ini beberapa kriteria dipilih.

Kualitas pribadi dinilai untuk menguraikan perasaan Anda, melalui proses dan keyakinan. Tidak ada jawaban benar atau salah yang menjadi bagian dari pertanyaan.

Untuk mengukur kinerja Anda agar sesuai dengan apa yang dicari oleh penguji. Di sini pertanyaan memiliki jawaban benar atau salah.

advertisement

Kepribadian ke Tahap Rekrutmen

Sejak tes Psikometri digunakan untuk rekrutmen, posisi pengujian semacam itu telah membuat kemajuan dalam organisasi besar. Sesuai laporan yang tersedia, hampir 78% SDM menganggapnya sebagai alat yang kuat untuk perekrutan. Hampir 80% dari perusahaan dalam daftar Fortune 500 menggunakannya sebagai prosedur perekrutan.

Pendidikan ditambah dengan Perekrutan

Ini adalah tes yang biasanya digunakan oleh organisasi skala besar untuk merekrut para pemula atau  lulusan baru. Inti dari tes tersebut adalah untuk mempermudah penyaringan kandidat, ketika ada pelamar dengan jumlah besar untuk pekerjaan tertentu. Selain itu digunakan untuk staf yang ada selama aplikasi atau pelatihan dan bahkan selama proses penilaian kinerja internal. Institusi pendidikan juga mengandalkan penggunaan tes semacam itu untuk menangkap kemampuan dan bakat seseorang.

Berbagai Jenis Tes Psikometri

Ada beberapa jenis tes Psikometri yang dapat diklafisikasikan dalam beberapa kelompok yang berguna untuk menggambarkan kemampuan, kepribadian, dan tes bakat setiap kandidat, melalui sistem kuesioner.

advertisement

Tes bakat dan Kemampuan

Di sini kemampuan intelektual sekaligus kemampuan kompetensi seseorang diuji. Kemampuan penalaran analitis dan logis dari seorang individu diukur untuk mengetahui kompetensi dan keterampilannya dalam peran pekerjaan yang diberikan. Sebagai bagian dari penilaian pekerjaan ada berbagai tes seperti penalaran verbal, penalaran strategis, penalaran numerik dll.

Tes Kepribadian dengan Kuesioner

Tanggung jawab tes tersebut adalah untuk mengetahui peran seorang kandidat dalam skenario individu. Sikap, preferensi, reaksi, dan tindakannya muncul ke permukaan. Menjadi bagian dari proses perekrutan ini akan memungkinkan perekrut untuk memahami apakah seorang kandidat cocok dengan budaya kerja dan apa yang mereka coba lihat. Pada titik ini, nilai-nilai, pendapat, minat, dan sikap semuanya memiliki peran untuk dimainkan. Pengisian kuisioner dilakukan secara manual dengan lembaran kertas.

Aspek waktu

Masing-masing dari kita dirancang untuk mencapai hal-hal yang luar biasa tetapi yang muncul di depan adalah seberapa cepat kita akan mencapai hal-hal seperti itu. Dalam tes psikometri waktu juga merupakan salah satu faktor penting.

Akan ada tes di mana waktu ditetapkan untuk menilai batas kecepatan kandidat. Mungkin ada tes di mana tidak ada batas kecepatan, tetapi tingkat kesulitan pertanyaan akan sulit untuk mengetahui jumlah pertanyaan yang bisa dicoba oleh seorang kandidat. Ini tidak semua karena beberapa tes dapat memverifikasi akurasi dan kecepatan Anda.

Dalam jangka waktu tertentu, seorang kandidat akan dinilai secara akurat tentang bagaimana mereka telah memenuhi waktu yang ditentukan.

Dalam banyak kasus pengujian, perbedaan kemampuan antar kandidat akan sangat terlihat jelas. Batas waktu akan ditetapkan tetapi tetap ini akan memungkinkan orang untuk menyelesaikan tes. Untuk menjadi sukses, Anda harus melewati tes secara akurat dan cepat sesegera mungkin.

Berbagai mode

Modul kertas dan tes psikometrik berbasis komputer adalah dua mode populer dari tes tersebut meskipun mode verbal adalah salah satu mode pertama untuk mempertimbangkan tes ini. Dalam ujian atau calon rekrutmen secara online atau mereka dapat menulis secara langsung. Akhirnya ini akan dilakukan di bawah pengawasan ketat untuk memastikan bahwa tidak ada bentuk kecurangan.

Kesimpulan

Sesuai perkiraan, hampir 80% karyawan di organisasi tidak pernah mengikuti tes psikometri. Di bidang tes psikometrik, diperkirakan akan meningkat secara ekstrim di masa mendatang. Organisasi SDM akan memperhatikan hal ini di mana kualitas rekrutmen ditingkatkan dan berkontribusi pada pertumbuhan organisasi.

Kualitas tes tersebut memiliki peran penting untuk dimainkan dalam keputusan yang berorientasi pada personil. Untuk menilai tes, beberapa aturan praktis dapat ditetapkan bahkan jika Anda bukan ahli dalam masalah ini.

Sebagai contoh, pada peraturan baku, kandidat yang mengikuti tes diwajibkan untuk mendeskripsikan produk tertentu dalam tes psikometri dan hanya kandidat terbaiklah yang akan mampu menyelesaikan tes psikometri tersebut. Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan telah menerapkan online psychometric test untuk mencari kandidat terbaik.



[reaction_buttons]