Fakultas Teknik UI JUARA Ke-3 Kompetisi Inovasi Agroteknologi 2010


0

Pada tanggal 12 Desember 2010, pertama kalinya UI berpartisipasi dalam Lomba Inovasi Agroteknologi (KIA) IPB. Kompetisi ini merupakan ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan pemikirannya dalam bentuk inovasi di bidang teknologi pertanian, baik yang sudah maupun yang akan terealisasi. Inovasi dituangkan dalam bentuk karya tulis untuk diseleksi, dipresentasikan, dan kemudian dipamerkan saat grand final.

Pada tahun ini, dari puluhan karya tulis yang masuk, karya itu diseleksi menjadi 10 terbaik. Kemudian fnalis diberikan kesempatan untuk mempersentasikan karyanya. Para finalis terdiri dari 4 Delegasi ITS, 2 delegasi IPB , 1 gelegasi UGM, 1 delegasi UNDIP, 1 delegasi Unibraw dan 1 delegasi UI. KIA tahun ini mengangkat tema “Inovasi Pangan dan Energi untuk Indonesia Mandiri”.

UI baru berpartisipasi tahun ini karena tidak memiliki program studi khusus yang membahas tentang agroteknologi secara mendalam. Namun, UI mampu meraih juara 3. Tim UI terdiri dari 3 mahasiswa dari Departemen Teknik kimia FT UI, yaitu Tangguh W (TK, 2007), Aditya Rinus P. Putra (TB,2008), dan M. Iqbal. (TB,2009).

Mereka mempresentasikan karya tulis berjudul “Generasi Ketiga Teknologi Alga: Pemanfaatan Nutrient dari Biowaste Limbah Tahu Sebagai Medium Pertumbuhan Mikroalga Chlorella sp untuk Menyeselesakan Pemanasan Global, Pencemaran Lingkungan dan Pemenuhan Biofuel Energy Mix Indonesia 2025”.

Dengan keikutsertaan UI dalam ajang ini, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa UI lainnya untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan agroteknologi seperti inovasi energi ataupun pangan.

Ketika diwawancara, Rinus, delegasi UI dalam KIA 2010 yang juga telah memenangkan beberapa perlombaan menulis tingkat nasional,berpesan, “Banyak orang memiliki ide, tetapi banyak pula diantara mereka yang tidak menuangkanya dalam tulisan, bukan karena menulis itu sulit tetapi karena tidak adanya kemauan”.

Kita semua tahu Indonesia memiliki potensi besar di bidang pangan dan energi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sebagai World Class Research University, sudah saatnya UI menjadi universitas pusat riset agroteknologi (inovasi pangan dan energi) di Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Wahyu Awaludin
Penulis, blogger, pemimpi, dan pebisnis. Seorang mahasiswa Sastra Indonesia FIB UI angkatan 2008. Mempunyai mimpi ingin mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media online. Kini sedang diamanahi sebagai salah satu peserta PPSDMS angkatan V Regional I Jakarta

27 Comments

Leave a Reply

  1. SELAMAT!!
    Memang UI yang selama ini gencar menjadi world class university masih kering prestasi..
    Klo dibreakdown perfakultas gak semua fakultas digdaya. Ada beberapa Fakultas yg Ga punya prestasi sama sekali..
    Smoga tiap2 fakultas di UI bisa berprestasi..

  2. selamat buat para Bio-Engineer sejati kita, hahaha…

    pesan buat kak rinus, oke lah “Banyak orang memiliki ide, tetapi banyak pula diantara mereka yang tidak menuangkanya dalam tulisan, bukan karena menulis itu sulit tetapi karena tidak adanya kemauan”. tp tolong bantu kami jg dong 🙂

  3. @ wah wahyu sang penulis dan wakil ketua bem fib 2011 + peserta terbaik ppsdms reg 1 jakarta bulan oktober besok2 ajarin nulis ya

    terima kasih atas artikelnya baik sekali ayo kita berlomba-lomba dan berbagi untuk saling memotivasi

    @ udin : Ayo kita buat komunitas menulis yang aktif di tekim/teknik/ui tempat sharing bersama

    @ semua terima kasih atas doa dan dukunganya, kami masih harus banyak belajar kemarin jujur hanya sebuah karunia yang tak terduga, ayo kita berjuang bersama dan tidak pernah berhenti belajar dalam seala hal untuk ui yang lebih baik dan indonesia yang lebih baik

  4. smoga prestasi senior departemen teknik kimia ini bs menginspirasi mahasiswa lain utk berkonstribusi, salah satuny bs dgn mlakukan riset utk disumbangkn pd ilmu pengetahuan ..

  5. Semoga prestasi dari Rinus, dkk bisa menular ke mahasiswa yang lain. Seperti halnya telah terjangkit semangat-semangat berprestasi di lingkungan PPSDMS karena “iri” dengan prestasi saudara saya yang satu itu. Semoga Rinus, dkk mendapatkan ladang yang tepat untuk terus berkontribusi di UI secara khusus, dan Indonesia secara umum.

  6. Wuaw, asik tulisan gw dikomenin…
    🙂
    untuk bro Rinus dkk selalu semangat, menginspirasi, dan terus bermimpi…karena satu hal yang harus kita ingat,

    “tanpa mimpi dan harapan, orang-orang seperti kita akan mati”
    -Arai, Sang Pemimpi-

  7. weih, selamat brother Rinus, semoga dapat memotivasi mahasiswa UI yang lain tuk terus berprestasi…….dan juga semoga mendapatkan ladang yang tepat buat terus berkontribusi bagi UI…….amin….

  8. Alhamdulillah ada satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswa UI. Di tengah banyaknya delegasi-delegasi perguruan tinggi favorit dalam kompetisi ini, kemenangan kontingen yang merupakan SATU-SATUNYA kontingen dari UI mampu masuk di tiga besar ini jelas harus diapresiasi dan membuat kita semua bangga.

    Tetap terus berprestasi buat rekan-rekan teknik, semoga bisa terus menginspirasi dan menyadarkan bahwa Riset adalah faktor penting untuk menuju World Class Research University. Selamat buat Bang Tangguh, Bang RInus dan Iqbal. Terus berkontribusi dan berprestasi! ^__^9

  9. Wuiihhhh… Selamat untuk Rinus, Iqbal, dan Tangguh. Terutama untuk teman yang sangat saya kenal Aditya Rinus P Putra, banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh beliau, dari mulai UI Untuk Bangsa yang tulisannya terpublikasikan dalam Jurnal Ilmiah terpopuler bagi mahasiswa UI hingga International Conference APRU di National University of Singapore.
    Saya sangat setuju dengan pernyataan teman saya di atas, Muhammad Baharudin Jusuf, bahwa diperlukan wadah yang tepat untuk melejitkan potensi yang ada dalam diri Rinus.
    Semoga Rinus bisa berkontribusi bagi UI, khususnya dalam bidang spesialisasi Pendidikan dan Keilmuan. Menuju UI World Class Research University Perspective.

  10. Hebat!! Itulah kata yang mampu menggambarkan karakter dari ketiga teman kita ini: Bang Tangguh W (TK, 2007), Aditya Rinus P. Putra (TB,2008), dan M. Iqbal. (TB,2009). Selamat, semoga bisa terus menorehkan prestasi yang lainnya lagi. Jangan lupa juga, Sang Juara seharusnya bermanfaat bagi orang lain tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri. Ditunggu kontribusinya sesuai dengan kelebihan teman-teman yaitu di bidang keilmuan. Buat rekan-rekan lain yang duduk di “kursi panas” (baca: para pemimpin kemahasiswaan) jangan pernah menyia-nyiakan potensi yang sangat besar dari teman-teman kita ini. Saya yakin jika mereka diberikan peluang (terutama untuk sahabat saya Rinus), mereka dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan mahasiswa seluruhnya.

  11. semoga bermanfaat.
    bukan hanya lombanya, tapi pengabdian masyarakat jauh lebih berarti tentunya..
    tetap semangat. 😀

    note: tolong yang lomba kayanya mending kompak pake kemeja semua dah, coba ntu yang pake kaos warna biru tolonglah dipakein kemeja.
    😀

    1. yang kaos biru calon mawapres ui 2011 loh gitu2… Congratulation for all of you,, ayo2 diperbanyak lagi menjuarai lomba2 di dalam negeri, jangan cuma yang diluar negeri doang… Piala juara umum pimnas jangan lupa dibawa ya… 🙂

  12. ni 3 orang juara (lagi dan lagi)? Congratas ya. emang anak bioproses dan tekim keren keren. Always strive for excellence to inspire others

    hho, oya jangan lupa siap siap pendaftaran riset NARRATION 2011 (National Research and Scholarship Exhibition) ya

  13. wah..memang hebat2 nih junior gw, apalagi yang baju biru tuh mau jadi mawapres UI, mimpi yang bagus.. semangatlah..!! semuanya kan berawal dari mimpi.. 🙂

  14. Selamat buat semua bio-engineer kita!!

    buat Rinus, lo emang pantes jadi kadep keilmuan di Bem Nus..!! hha

    sukses slalu..^^