Beberapa waktu lalu ada tulisan tentang FH dan keunikannya. Nah, sekarang, akan dibahas keunikan-keunikan dari fakultas lainnya, yaitu FIB! Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang FIB. Apa aja tuh?

Wisata Kuliner

Selain buat makan, kantin juga biasa buat acara via majalahouch

Selain buat makan, kantin juga biasa buat acara via majalahouch

FIB itu udah kaya surganya wisata kuliner. Kamu bisa menemukan makanan hampir di seluruh penjuru tempat. Gak percaya? Oke, gini. Ada berapa kantin di fakultas kamu? Di FIB ada tiga kantin, yaitu KP atau kantin pegawai, lalu ada Kantin Budaya, dan yang paling terkenal sejagad surga nongkrong anak FIB, Kansas alias Kantin Sastra. Setelah direnovasi, namanya adalah Kancut atau Kantin Kerucut, karena atapnya kerucut. Tapi semua tetep setia memanggilnya Kansas.

Tiga kantin itu ditemani oleh dua buah koperasi, yaitu koperasi mahasiswa dan koperasi pegawai, yang juga jual berbagai jenis makanan. Lalu, ada Coffe Toffe juga dan ada kantin PSJ (Kantin Pusat Studi Jepang) yang juga masih masuk dalam teritori FIB. Ada restoran Jepang tersembunyi di dekat PSJ, lalu ada juga tukang Mie Ayam di dekat tempat parkir dosen FIB. Oh! Belum diitung kalau ada bazaar di FIB loh, ya. Setidaknya ada 8 tempat makan berbeda di FIB sendiri. Gak heran kalau kamu dateng ke FIB dan kebingungan mau makan apa. Oh ya, soal kantin sendiri di AnakUI.com sudah mengulas beberapa tulisan juga, seperti: Kios Paling Enak di Kantek, Kantin Fasilkom, dan Review Kantin Se-UI.

 

Dulunya FS

Dulu namanya bukan FIB, tapi FS via panoramio

Dulu namanya bukan FIB, tapi FS via panoramio

Dulunya adalah Fakultas Sastra,  lalu kemudian jadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Meski ganti nama, kamu tetap bisa merasakan sastra di sini. Ada berbagai komunitas sastra, lalu jurusan sastranya ada banyak. Dari Prancis sampai Jerman, Rusia sampai Jepang, Arab sampai Indonesia, Korea dan Belanda, dan masih banyak lagi. Kamu bisa belajar banyak bahasa di sini, gak bakal kehabisan pilihan, kayak bahasa Italia, Portugis, Ibrani, Turki, Jawa, Latin sampai ke bahasa isyarat! Kalau mau belajar bahasa kalbu juga bisa, somehow.

advertisement

 

Banyak Jurusan

Banyak jurusannya via harakichida

Banyak jurusannya via harakichida

Jurusan di FIB ada 15! Belum lagi ada wacana kalau akan ada jurusan Sastra Italia. Sensasional! Selain banyak jurusan, FIB ini adalah fakultas yang nyeni abis. Meskipun UI gak punya jurusan khusus seni, bukan berarti UI gak ngerti seni. FIB secara annual menyelenggarakan berbagai lomba seni tingkat fakultas, dan itu ada 15 jurusan loh yang bertanding. Mural, teater, vokal, band, poster, cerpen, dan lain sebagainya.

 

Surganya Cewek Cantik

Surganya Cewek Cantik via myrottenside

Surganya Cewek Cantik via myrottenside

Gak bohong. Salah satu alasan kenapa jembatan Teksas dibuat pada awalnya adalah agar memberi jalan bagi anak teknik untuk bermain ke telaga surga yang isinya bidadari-bidadari  FIB UI. Masa sih sebanyak itu yang cantik? Beneran, meskipun Dian Sastro udah lulus dari kapan tau, masih banyak yang cantik di FIB. Gak percaya? Itung-itungan deh.

advertisement

Let’s be generous and say, ada 5 cewek cantik di tiap angkatan dari tiap jurusan. Itu generous loh, karena jurusan-jurusan macam Prancis, Cina, Jerman dan Belanda itu minimal ada 10 orang yang cantik tiap angkatannya, tapi ya kita be generous aja. Lima  cewek cantik tiap angkatan, which means dengan 4 angkatan aktif, satu jurusan punya 20 cewek cantik. Jurusan di FIB ada 15. Sedikitnya ada 300 cewek cantik di FIB, dan itu belum menghitung dosen. Udah liat artikel dosen cantik? Ada banyak dosen cantik di FIB. Ngapain masih diem di situ? Sana ke FIB!

 

Kampus Budaya

FIB sering banget bikin festival budaya via tommyvotograph

FIB sering banget bikin festival budaya via tommyvotograph

Ketika mereka bilang FIB Kampus Budaya, mereka gak lagi bercanda. Secara annual, FIB mengadakan Olimpiade Budaya dan Festival Budaya. Berbagai lomba olahraga dan seni digelar, belum lagi FIB rumahnya berbagai macam grup teater (Tesas, Agora), grup vokal, band dan juga tari. Tau kenapa kalau kamu ambil matkul MPK Seni tempatnya di FIB? Atau matkul Karawitan tempatnya di FIB?

Karena FIB itu Kampus Budaya. Perhatian mereka ke budaya itu luar biasa, dan kalau kamu gak percaya, dateng aja nonton Petang Kreatif Festival Budaya tiap awal Desember. Itu pun kalo kamu bisa masuk auditorium Gd. IX FIB UI karena gak bisa nampung seluruh mahasiswa dan dosen-dosen dari 15 jurusan, apalagi ditambah dari luar fakultas. Iya, sekeren itu.

—

Gimana? Keren kan FIB? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line supaya semua tahu betapa keren dan uniknya FIB!

Ternyata memang fakultas di Universitas Indonesia itu unik-unik loh! Ini tulisan di AnakUI.com yang sempet jadi pembicaraan hangat seantero Universitas Indonesia:

  1. Beginilah Rasanya Kalau Kamu Kuliah di Jurusan Sastra
  2. Ya Begini Nasib Jadi Anak Fasilkom UI
  3. Fakta Unik Seputar FHUI
  4. 5 Tontonan Favorit Anak Mac Room di Perpustakaan Pusat UI
  5. Inilah Hal-hal Yang Bikin Kamu Gak Pernah Menyesal Jadi Anak Teater di UI Sob

 



[reaction_buttons]