Fasilitas di Klinik Satelit Makara UI, Ada Apa Saja?

Selagi masih berstatus sebagai mahasiswa UI, manfaatin sebaik mungkin layanan Klinik Makara karena kalian bisa berobat gratis selama status mahasiswamu aktif! Apa saja sih fasilitas-fasilitas gratisnya? Yuk baca artikel berikut ini


0
1 share

Hai pembaca setia AnakUI.com, pastinya tau kan sama Klinik Makara? Pastinya kalian pernah dong ke sana? Setidaknya sekali deh pas cek kesehatan waktu jaman mahasiswa baru. Sayang banget nih kalau kalian tidak memanfaatkan pelayanan Klinik Makara dengan baik. Yuk, simak artikel berikut tentang fasilitas-fasilitas yang ada Klinik Makara.

1. Klinik Makara buka pelayanan Telemedicine

Semenjak pandemi, tepatnya tahun 2020 Klinik Makara membuka layanan telemedicine yang juga berkolaborasi juga dengan RSUI.  Tidak seperti telemedicine pada umumnya yang hanya sebatas pelayanan telekonsultasi, pelayanan pada telemedicine UI  mencakup telekonsultasi, tele-monitoring, tele-medical record, tele-expertise dan pelayanan jarak jauh yang lain.

Peluncuran telemedicine ini diharapkan dapat membantu pasien mengenali gejala penyakitnya dan melakukan konsultasi secara mudah sehingga diagnosis awal bisa ditegakkan. Masyarakat diharapkan mampu menggunakan layanan ini secara baik dan melakukan monitoring kesehatan dengan menerapkan saran yang diberikan oleh tenaga medis melalui pelayanan telemedicine.

Pelayanan telemedicine ini terbuka untuk masyarakat umum dan gratis untuk mahasiswa UI. Cara menggunakan layanan ini yaitu dengan melakukan pendaftaraan pada situs berikut ini https://reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui. Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan diarahkan untuk konsultasi melalui telemedicine. Bagi masayarakat umum, pembayaran layanan telemedicine dapat dilakukan melalui transfer.

Sumber: https://rs.ui.ac.id/

Rencana program telemedicine nantinya pasien akan diberikan jam tangan khusus yang terhubung dengan aplikasi. Jam tersebut dapat membaca tanda-tanda vital pasien (suhu tubuh, frekuensi napas, frekuensi jantung, tekanan darah, saturasi oksigen) dan rekam medis.

Layanan telemedicine ini nantinya akan dikembangkan lagi sehingga memungkinkan monitoring kesehatan yang lebih canggih seperti tele-EKG, teleradiologi, teleoftalmologi, dan sebagainya. Oh ya, pelayanan telemedicine ini tujuannya bukan menggantikan pelayanan secara offline nya, tetapi untuk membantu pasien untuk mengenali penyakitnya lebih awal dan jika diperlukan pasien akan diarahkan untuk pemeriksaan lebih lanjut di Klinik Makara atau RSUI.

2. Pelayanan Poli Umum dan Poli Gigi

Sebelum berobat secara offline ke Klinik Makara, pastikan dulu kalian telah melakukan regristrasi pada link pendaftaran.

Seperti halnya pelayanan telemedicine, fasilitas poli umum ini gratis untuk mahasiswa UI. Selain itu, klinik makara juga melayani masyarakat umum yang memiliki BPJS.

Untuk jalur BPJS, pastikan bahwa fasilitas kesehatan 1 (faskes) kamu memang di Klinik Makara. Jika Faskes tingkat 1 kamu terdaftar di Klinik Makara, maka perlu dilakukan pemindahan faskes terlebih dahulu. Klinik Makara juga terbuka untuk masyarakat umum non BPJS dengan biaya pendaftaran layanan poli sebesar 60.000 belum termasuk harga obat-obatan.

Pelayanan poli gigi untuk mahasiswa UI juga gratis namun hanya mencakup pemeriksaan kesehatan dasar, cabut gigi tanpa penyulit dan scalling gigi. Jika mahasiswa butuh pemeriksaan lab, Klinik Makara juga menyediakan layanan laboratorium dan farmasi.

Untuk detail lebih kanjut terkait jam buka dan tutup serta info-info terkait pelayanan bisa kirim pesan WA di nomor 08960291060 yang melayani setiap hari Senin-Jum’at jam 09.00-15.00. Kamu juga bisa ikuti IG @kliniksatelitui  untuk update info terkait layanan karena biasanya ada layanan dengan kuota terbatas seperti cek USG abdomen, USG kehamilan, vaksin dan lainnya.

3. Pelayanan konseling

Sumber: https://www.edinburghcollege.ac.uk/

Selain menangani masalah fisik pasien, ada juga layanan konseling di Klinik Makara untuk kamu yang merasa butuh teman curhat yang terpercaya. Kamu bisa melakukan pendaftaran pada link https://bit.ly/layanankonselingUI atau pada nomor WA 0852100001514 .

Jika kamu merasa demotivasi yang membuat kamu males kuliah, merasa salah jurusan, punya masalah pribadi, merasa sulit hidup diperantauan, coba deh konseling di Klinik Makara. Kamu ga perlu malu kalau butuh konseling, bukan berarti kamu ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) kok.

Bahkan sebaliknya, dengan melakukan konseling, kamu bisa mencegah terjadinya gangguan jiwa. Coba kenali deh kebutuhan kamu akan konseling, kalau kamu punya masalah pribadi yang kamu ga nyaman cerita ke temen atau keluarga, ceritain aja ke psikolog di KSUI.

Kalau aku melihat konseling sebagai tempat curhat sih, tapi beda dengan kalo kita sembarang kalo curhat ke temen atau orang yang kamu anggap dekat. Kadangkala kalo kita curhat ke temen kan respon yang diberikan ga selalu baik atau sesuai dengan harapan kita.

Dengan melakukan konseling, kamu akan diarahkan atau diberikan intevensi yang memang dari ahlinya sehingga sedikit banyak juga bisa membuat kamu merasa lebih baik. Curhatan kamu juga nantinya bisa tertangani secara profesional. Jadi, jangan malu untuk konseling ya, terutama untuk mahasiswa baru nih yang kadang masih sulit beradaptasi dengan dinamika kehidupan kampus, apalagi yang dari perantauan.

BACA JUGA: Selain Klinik Satelit, Kamu Bisa Konsultasi Psikologis Di Sini Lho!

Nah, itu dia artikel minggu ini. Semoga bermanfaat ya! buat Mahasiswa UI, manfaatin sebaik mungkin layanan Klinik Makara mumpung masih pegang status mahasiswa jadi bisa gratis.

Sehat-sehat buat semuanya yaa jiwa dan raga! Oh ya, jangan lupa kalau “there is no health without mental health” jadi selain peduli sama masalah kesehatan fisik, peduli juga sama masalah kesehatan mental dan jiwa yaa!


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply