FIB UI Tanpa Acara Mahasiswa Bagai Sayur Tanpa Garam, Kurang Lengkap!

FIB UI merupakan fakultas yang sering dianggap punya banyak acara mahasiswa. Kira-kira kenapa, ya? Simak ulasan berikut ini, yuk!


0

Siapa di sini yang merupakan anak atau alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI? Ciri khas apa sih yang kamu nggak bisa lupain tentang FIB? Ada banyak ciri khas yang melekat di fakultas dengan 15 jurusan tersebut, seperti kantinnya yang unik dan makanannya yang murah, suasananya yang adem karena banyak tumbuhan, style anak-anaknya yang beraneka macam, dan kuliahnya yang sering dianggap santai. Di antara semua itu, hal yang paling unik dari fakultas makara putih ini adalah banyaknya acara mahasiswa. Bahkan, sering kali fakultas ini disebut sebagai “Fakultas Ilmu Berpesta”.

Beberapa Acara Besar Mahasiswa di FIB UI

Salah satu mata acara FESBUD UI (sumber: fesbudui.wordpress.com) 

Ada berbagai acara besar mahasiswa yang diadakan di FIB, baik dari himpunan mahasiswa jurusan maupun BEM. Adapun acara-acara tersebut antara lain adalah:

1. Gelar Jepang UI, diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi (HIMAJA) UI

2. Festival Bulan Bahasa Indonesia (Falasido) UI, diadakan oleh Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI) UI

3. Russkij Festival UI, diadakan oleh Ikatan Kekerabatan Sastra Slavia (IKASSLAV) UI

4. FestiFrance UI, diadakan oleh Ikatan Keluarga Besar Studi Prancis (IKABSIS) UI

5. Sinofest UI, diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Sinologi (IMSI) UI

6. Kulturfest UI, diadakan oleh Ikatan Studi Jerman (ISJ) UI

7. Nederlands Festival UI, diadakan oleh Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Belanda (IKSEDA) UI

8. Pekan Budaya Jawa (PBJ) UI, diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Sastra Jawa (KMSJ) UI

9. Middle East Festival (MEF) UI, diadakan oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) UI

10. Philosofair UI, diadakan oleh Komunitas Mahasiswa Filsafat (KOMAFIL) UI

11. UI Book Festival, diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (IMASIP) UI

12. Histori Fair UI, diadakan oleh Studi Klub Sejarah (SKS) UI

13. Engcarnation UI, diadakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Inggris (IKMI) UI

14. Korean Culture Day (KCD) UI, diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Koreanologi (HWARANG) UI

14. Bakti Sosial IKM FIB UI, diadakan oleh BEM FIB UI

15. Olimpiade Budaya (OLIMBUD) FIB UI, diadakan oleh BEM FIB UI

16. Festival Budaya (FESBUD) UI, diadakan oleh BEM FIB UI

 

Banyak banget, kan? Itu belum semuanya, loh! Masih banyak acara lain yang diadakan oleh himpunan jurusan mahasiswa, BEM FIB, DPM FIB, dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di FIB. Acara-acara tersebut biasanya diadakan dalam format rangkaian acara yang dilakukan selama dua sampai empat minggu. Rangkaian acara tersebut biasanya ditutup dengan panggung musik yang diadakan pada malam hari.

For your information, dulu di FIB ada yang namanya Petang Kreatif. Acara tersebut merupakan pagelaran teater dari 15 jurusan yang dilaksanakan seharian penuh. Sayangnya, sejak tahun 2016 acara tersebut ditiadakan. Pada tahun 2019, BEM FIB sempat mencoba untuk mengadakan acara itu lagi. Namun, karena satu dan lain hal, acara tersebut tidak diikuti oleh semua jurusan, sehingga rasanya berbeda seperti Petang Kreatif pada tahun-tahun sebelumnya.

Selama pandemi, beberapa acara tetap diadakan dengan format yang disesuaikan, seperti mengadakan lomba via daring, pertunjukan daring, dan webinar. Ada pula yang terpaksa ditiadakan karena acaranya biasa diadakan di luar ruangan, sehingga tidak dimungkinkan untuk diadakan dalam kondisi seperti ini. Salah satu acara yang ditiadakan adalah FESBUD UI. Acara tersebut sering kali disebut sebagai hari rayanya FIB karena diadakan setelah semua acara dari himpunan jurusan selesai pada akhir tahun dan bersamaan dengan Dies Natalis FIB.

BACA JUGA: 4 Hal Ini Pasti Bakal Kamu Lihat Saat Berkunjung ke FIB UI Pada Malem Hari

Alasan Mengapa Ada Banyak Acara di FIB

Salah satu pagelaran teater di FIB UI (sumber: fib.ui.ac.id)

Banyaknya acara mahasiswa ini disebabkan oleh banyaknya jurusan yang ada di FIB. Setiap jurusan pasti mengadakan acara atau festival dengan ciri khasnya masing-masing. BEM FIB, DPM FIB, dan UKM FIB pun tidak ingin ketinggalan dalam mengadakan acara. Kebanyakan acara mahasiswa di FIB diadakan pada semester ganjil.

Semester ganjil dipilih karena biasanya pada semester sebelumnya, organisasi yang bersangkutan akan fokus pada pembentukan bonding karena pengurus barunya terbentuk pada awal tahun. Mereka juga akan mengadakan uji kelayakan untuk tim panitia penyelenggara acara. Setelah semuanya siap, eksekusinya dilakukan pada semester ganjil, tepatnya mulai pertengahan sampai akhir tahun. Agar waktunya tidak bertabrakan dengan acara lain, mereka harus berkoordinasi dengan BEM FIB untuk menyusun jadwalnya.

Selain untuk mencari profit bagi organisasi penyelenggara, acara tersebut juga dijadikan sebagai momen yang diharapkan dapat membuat maba menjadi lebih dekat dengan teman-teman seangkatan, senior, dan himpunan mahasiswanya. Biasanya mereka akan diwajibkan untuk menjadi staf di salah salah satu divisi dalam acara tersebut. Mereka juga diharuskan untuk ikut danus (dana usaha) dan membayar set-up cost (SUC). Feedback yang akan mereka dapatkan adalah (tentunya) pengalaman, kaos panitia, dan lain-lain sesuai acara tersebut.

Itulah sedikit cerita mengenai ramainya acara mahasiswa di FIB. FIB tanpa acara mahasiswa itu bagaikan sayur tanpa garam, kurang lengkap rasanya. Walaupun sedang pandemi, mereka pun tetap berupaya mengadakan acara secara daring demi menghidupkan vibes ala FIB. Jadi, jangan ngaku anak FIB deh kalau belum pernah merasakan serunya “berpesta” di FIB.

BACA JUGA: Fakultas Teristimewa Di UI? Ya, FIB Jawabannya

Sumber gambar header: Dokumentasi FESBUD UI 2017

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Mahasiswi Sastra Indonesia UI 2017 yang gemar berkhayal dan menuangkannya dalam tulisan. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.blogspot.com ya.

0 Comments

Leave a Reply