Buat kamu yang bosen liburan gak kemana-mana dan bisanya cuma nongkrong di kosan atau apartemen, lalu bingung mau ngapain mendingan nonton film maraton, yuk!

Kali ini Anak UI akan kasih rekomendasi film romantis sepanjang masa yang bisa kamu nikmati selama liburan!

Kenapa harus film romantis?

Kisah cinta menjadi tema yang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Baik itu buku, lagu, bahkan film bertemakan cinta selalu laris di pasaran. Lagian enak aja gitu nonton beginian di kosan sambil berharap mantan kamu ngajak balikan atau ketiduran terus mimpi tiba-tiba besok dilamar pacar. Apalagi pas nonton pas ujan, BEUH! Sensasi galaunya itu, loh! Maknyus~

Nah, gak usah ragu lagi. Yuk berikut adalah daftar dari 5 film paling romantis sepanjang masa, dengan fitur roman yang akan tetap abadi dengan judul kontemporer yang membuat jantung kita berdetak sama cepatnya.

TITANIC (1997)

Titanic, meraih 11 Academy Awards pada 1998 (sumber)

Titanic, meraih 11 Academy Awards pada 1998 (sumber)

Film yang diangkat dari kisah nyata ini mampu membius penonton, hingga membuat bioskop penuh sesak, disertai antrean yang panjang. Bahkan banyak yang menonton film tersebut berulang kali. Tak heran jika film itu masuk box office, serta meraih 11 Academy Awards pada 1998.

advertisement

Dengan pemeran utama Leonardo Dicaprio (sebagai Jack Dawson) dan Kate Winslet (sebagai Rose Dewitt Bukater), film ini menjadi salah satu film romantis paling laris dan terkenal. Diangkat berdasarkan kisah nyata tenggelamnya kapal Titanic dipadu dengan bumbu percintaan yang menyentuh kedua tokoh utamanya.

Casablanca (1942)

Casablanca, memenangi tiga piala Oscar di tahun 1944 (Sumber)

Casablanca, memenangi tiga piala Oscar di tahun 1944 (Sumber)

Film Casablanca yang dibintangi Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman telah memenangi tiga piala Oscar di tahun 1944 untuk kategori teratas, Best Picture, Best Director, dan Best Screenplay. Kisahnya yang kompleks dikultuskan oleh penikmat film sebagai film noir legendaris dan membuat film garapan Michael Curtis ini banyak dipakai sebagai bahan kajian. Di daftar 250 film terbaik sepanjang masa, Casablanca meraih posisi ke-19.

 

Gone With The Wind (1939)

Gone With The Wind (sumber)

Gone With The Wind (sumber)

Film ini disutradarai oleh Victor Fleming dan dibintangi Vivien Leigh, Clark Gable, Leslie Howard. Di pusat ini epik Perang Saudara Amerika adalah cinta segitiga antara Rhett Butler (Gable), Scarlett O’Hara (Leigh) dan Ashley Wilkes (Howard).

Film dengan latar belakang perang saudara, yakni ketika Georgia ingin memisahkan diri dari Negara Bagian Amerika. Scarlet O’Hara (Vivien leigh) seorang gadis anak pemilik tanah bernama Tara mencintai seorang pemuda bernama Ashley Wilkes yang akan menikahi sepupunya sendiri Melanie Hamilton, menyatakan cintanya di hari pertunangan pemuda tersebut dan bertekad menggagalkannya.

Di akhir film, sebagian penonton yang terbiasa dengan happy ending harus kecewa karena… karena… wah nonton aja deh, seru pokoknya!

advertisement

 

Pretty Woman (1990)

Julia Roberts dan Richard Gere dalam Pretty Woman (Sumber)

Julia Roberts dan Richard Gere dalam Pretty Woman (Sumber)

Film ini bercerita tentang kisah cinta Edward Lewis (Richard Gere) si pengusaha kaya raya yang jatuh cinta pada Vivian Ward (Julia Roberts) sang pelacur dari Hollywood Boulevard. Akting dari pasangan pemain utamanya, Julia Roberts dan Richard Gere, mengundang pujian dan menjadikan film ini sebagai film romantis yang disukai banyak penonton.

 

Pride and Prejudice (2005)

Pride and Prejudice

Pride and Prejudice

Pride and Prejudice adalah film Inggris yang merupakan adaptasi dari novel karya Jane Austen dengan judul yang sama. Novel ini merupakan salah satu cerita cinta sepanjang masa. Austen memaparkan hubungan percintaan melalui berbagai sudut pandang yang berbeda. Film yang disutradarai oleh Joe Wright ini dibintangi oleh Keira Knightley dan Matius Macfadyen. Cerita film ini adalah versi asli dari Bridget Jones. Dalam dunia sastra, nama Jane Austen adalah neneknya karya-karya percintaan. Ironisnya beliau tidak menemukan cintanya sendiri.