Review Focal Bathys, Headphone Berkualitas dan Terjangkau

anakui.com – Headphone wireless Focal Bathys menghadirkan suara audiophile dalam paket yang relatif terjangkau. Dengan harga yang ditawarkan, Focal Bathys terjangkau untuk pembuat audio murni yang menginginkan performa audio terbaik dalam headphone ANC serbaguna yang dapat digunakan dengan atau tanpa kabel.

Spesifikasi Focal Bathys

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 9,4 x 8,25 x 2,75 inci 12,3 ons
Masa pakai baterai (nilai): 30 jam; 35 jam (mode jack audio); 42 jam (mode DAC)
Jangkauan Bluetooth: 50 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Suara yang luas dan berkualitas tinggi
  • + Dukungan DAC 24-bit/192kHz bawaan
  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Desain penuh warna dan mudah dibawa

Kekurangan

  • – Salah satu headphone ANC yang lebih mahal
  • – Membatalkan kebisingan sedang
  • – Dukungan untuk perangkat lunak buggy dan dukungan digital

Focal telah merilis beberapa headphone hi-fi terbaik yang dapat dibeli. Dalam kisaran di kelasnya, jajaran produk mereka terdiri dari produk untuk pembuat audio rumahan. Dengan Bathys yang serba baru, pakar audio Prancis tidak hanya melompat ke ruang audio nirkabel, tetapi juga menawarkan Peredam Kebisingan Aktif (ANC) dan merupakan headphone mereka yang paling ambisius.

Desain nirkabel Bathys memiliki banyak kualitas yang sama dengan saudara kabel Focal, termasuk headphone Celestee dan Clear yang telah ditinjau dan diakui selama bertahun-tahun.

Dengan driver aluminium/magnesium berbentuk ‘M’ yang dipatenkan, mereka membicarakan segalanya mulai dari keahlian yang elegan hingga suara tingkat audiophile, tetapi headphone terbaru ini memiliki fitur EQ yang dapat disesuaikan, dukungan codec adaptif aptX melalui Bluetooth, dan DAC/amplifier bawaan. .

Apakah peringkat Focal Bathys di antara headphone terbaik di industri? Baca ulasan lengkap untuk mengetahuinya.

Harga dan Ketersediaan

  • Headphone hifi murah
  • Hitam/perak saja

Sobat dapat membeli Bathys seharga Rp. 11 jutaandari peritel online besar termasuk Amazon dan Sweetwater. Ini adalah beberapa headphone Focal yang paling terjangkau hingga saat ini. Headphone ini kurang dari headphone over-ear nirkabel 5909.

Tetapi harganya setidaknya dua kali lipat dari pemimpin pasar peredam bising sepert Sony WH-1000XM5 dan Bose 700, yang jauh lebih mahal daripada AirPods Max. Tersedia dalam satu warna, hitam/perak. Di dalam kotak terdapat tas jinjing, kabel USB-C, kabel jack 3,5 mm, dan panduan memulai cepat.

Desain dan Kenyamanan

  • Arsitektur desain premium mirip dengan model andalan Focal
  • Tas jinjing mewah
  • Berat tinggi dan kekuatan penjepit

Saat membangun Bathys, persyaratannya sederhana. Itu harus menggunakan driver aluminium-magnesium 40mm khas Focal dengan kubah berbentuk M dan menerapkan konstruksi yang sama dengan model driver oval agar sesuai dengan produk high-end perusahaan lainnya.

Ukuran dan berat dipangkas dari desain Focal yang jauh lebih mewah, membuat Bathys lebih portabel. Ini 25% lebih kecil dari headphone andalan Focal, dan memiliki kuk dan magnesium yang lebih ringan. Beberapa upaya juga dilakukan untuk merancang tas jinjing yang keras.

Saku jala interior menyediakan penyimpanan yang cukup untuk semua kabel yang dibundel dan beberapa aksesori lainnya. Sementara pengaturan cetakan menahan dan menampilkan headphone dengan baik. Menggunakan warna yang sama dengan headphone juga merupakan sentuhan yang bagus.

Ini bukan headphone nirkabel ringan dengan berat 12,3 ons. Beratnya sekitar 4 ons lebih dari Sony WH-1000XM5 dan lebih berat dari Bowers & Wilkins Px8. Anda harus mempertimbangkan bahan dan perangkat keras yang dipasang pada bocah nakal ini. Tidak apa-apa dipakai selama 3 jam sepanjang hari.

Lebih lama lagi dan penutup telinga kulit akan menjadi terlalu panas dan telinga akan berkeringat. Kekuatan penjepit terasa kencang. Kami akan merekomendasikan mengutak-atik extender dan mengencangkannya, lalu menempatkan kedua pengaturan lebih tinggi untuk memberi ruang bernapas pada tengkorak.

Kontrol dan Asisten Digital

  • Kontrol fisik responsif
  • Tidak ada deteksi keausan
  • Dukungan dukungan digital yang buruk

Rangkaian lengkap kontrol media dapat diakses melalui tombol fisik dan aktivasi suara. Earcup kiri memiliki tombol yang ditetapkan untuk menggilir berbagai mode ANC. Sedangkan earcup kanan memiliki tombol multifungsi (putar, manajemen panggilan) antara volume rocker, bersama dengan sakelar daya dan tombol aksi untuk bantuan digital.

Semua tombol ini memiliki sentuhan yang bagus dan menjalankan perintah sebagaimana dimaksud. Sakelar daya memberikan umpan balik sentuhan yang berguna dengan aksi klik yang bagus saat beralih antara mode aktif, nonaktif, dan DAC.

Deteksi keausan untuk jeda/putar otomatis tersedia, tetapi Focal telah memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini hingga pemberitahuan lebih lanjut, untuk alasan yang paling diketahui oleh dirinya sendiri.

Siri dan Asisten Google kompatibel, dan dapat diaktifkan secara manual saat menekan tombol khusus (setel fungsinya ke Lokal di aplikasi), tetapi kinerjanya payah. Setiap kali mengaktifkan Asisten Google, ada penundaan yang signifikan, memaksa Mike untuk menunggu beberapa detik sebelum mendaftarkan kueri.

Siri bahkan lebih buruk, terutama pada perangkat macOS yang fiturnya diaktifkan tetapi tidak mendaftarkan kata-kata. Menurut aplikasi dan siaran pers, Google Assistant dan aktivasi suara Alexa dimungkinkan, sehingga dapat mengaktifkan bot AI dengan mengucapkan setiap frase kebangkitan.

Kami ingin berbagi performa masing-masing, tetapi kami tidak dapat menggunakan keduanya karena aplikasi buggy. Pembaruan firmware Asisten Google macet dan tidak pernah selesai, dan aplikasi Alexa tidak mengenali Bathys dari daftar besar perangkat yang didukungnya.

Kualitas Suara Focal Bathys

  • Suara akurat, ekspresif, dan ekspansif
  • Dukungan aptX Adaptive/HD
  • Tiga opsi koneksi

Driver speaker M-dome Focal dipadukan dengan dukungan audio Hi-Res memastikan suara Bathys spektakuler. Kami menghabiskan beberapa hari menguji beberapa trek master menggunakan layanan streaming lossless Tidal melalui hp Google Pixel 6 Pro, dan suara yang keluar dari headphone kaya secara sonik dan terkontrol dengan baik.

Rekaman orkestra sangat berlapis, memberi instrumen banyak ruang untuk bernafas, yang didemonstrasikan dengan baik di “Groovin ‘High” milik Dizzy Gillespie. Bass ganda dan simbal kecil berpadu indah dengan tanduk yang menonjol.

Perlakuan sesungguhnya datang ketika instrumen yang kurang ditekankan (seperti snare drum) lebih bersinar. Mark Levinson no. Pesaing seperti 5909 dan Bowers & Wilkins PX8 menangkap elemen ini dengan cara yang sama, tetapi Focal Bathys menghasilkan lebih banyak jepretan.

Pembukaan gitar akustik di “Gimme Shelter” The Rolling Stones terdengar bersih, dan ooh yang harmonis memiliki kehadiran yang menghantui yang melengkapi vokal rekaman yang emosional dan hampir berteriak. Suara Mick Jagger terdengar jernih dan tajam.

Penampilan yang sama diikuti oleh “Caught They Eyes” milik Jay-Z. Sampel Nina Simone lebih transparan, dan treble menerima dorongan besar yang membawa lebih banyak realisme ke aransemen string.

Focal menawarkan EQ 5-band yang memungkinkan menyetel suara secara manual, dan dua preset pra-rekayasa, Home dan Loudness. Loudness meningkatkan bass, dan Home memoles midrange untuk membuat musik lebih bersahabat.

Kami paling puas dengan preset Flat default, karena paling akurat mewakili profil suara Focal. Mode ANC tidak mengurangi kualitas suara secara signifikan. Mode lunak sedikit menurunkan bass, sementara Silent meningkatkannya untuk memberikan musik pengiriman yang lebih kuat.

Bathys default ke codec terbaik yang tersedia tergantung pada sumber audio. Dengan aptX Adaptive, Anda dapat menikmati audio nirkabel. Musik dan video terdengar bagus dan tidak ada latensi selama sesi streaming.

Codec SBC dan AAC didukung, tetapi yang terakhir tidak bekerja setara di MacBook Pro saya. Klip YouTube mengalami kelambatan yang parah. Tradisionalis yang menginginkan pengaturan semua-analog dapat menggunakan kabel 3,5 mm yang disertakan.

Suaranya netral dan memberikan keseimbangan frekuensi yang baik. Meskipun elemen-elemen tertentu, seperti bass dan perkusi, tidak memiliki pesona yang ada dalam mode nirkabel dan DAC sebagaimana adanya.

Mode DAC Focal Bathys

  • DAC terpasang di headphone
  • Mendukung pemutaran 24-bit/192kHz
  • Membutuhkan tethering ke perangkat yang kompatibel.

DAC onboard menyediakan suara 24-bit tanpa kompromi. Kesetiaan ditingkatkan dan pengiriman lebih ketat. Pengalaman mendengarkan di trek yang diuji sebelumnya lebih menarik. Drum bass berbaris di “Caught They Eyes” memiliki gaung yang jauh lebih baik.

Semua efek ledakan digabungkan menjadi pembusukan yang halus. Klakson terdengar lebih cerah di “Groovin ‘High”, dan getaran vokal lebih menonjol di “Gimme Shelter”.

Headphone harus terhubung ke perangkat yang kompatibel melalui kabel USB-C-ke-USB-C dan akses ke layanan streaming lossless seperti Apple Music atau Tidal untuk menikmati pemutaran audio tanpa kompresi yang sebenarnya.

Peredam Bising Aktif

  • Performa ANC yang memuaskan untuk pengatur waktu pertama
  • Apakah mode transparansi terkena

Focal mengakui ANC bukanlah yang terbaik. Alih-alih bersaing dengan kelas berat seperti Bose dan Sony, diklaim lebih dekat dengan Bose QuietComfort 35, berinvestasi tiga tahun dalam teknologi yang memastikan keseimbangan yang tepat antara peredam bising dan suara.

Kami tidak memiliki cara untuk mengukur kedua model tersebut, tetapi hasil pengujian beragam. Dua mode dapat dipilih, Soft dan Silent. Yang pertama tampak sia-sia karena hampir tidak menghalangi kebisingan.

Kami dapat mendengar semuanya mulai dari orang-orang yang berbicara di mobil mereka hingga percikan air hingga musik yang diputar di bar saat mereka lewat. Sebagian besar waktu kami dihabiskan menggunakan mode Senyap, yang bertindak sebagai mode ANC tinggi Bathys dan memblokir cukup banyak suara luar (sekitar 70%).

Headphone ini bekerja paling baik untuk noise frekuensi rendah dan menengah, tetapi beberapa masih masuk ke soundscape. Dengung AC terpusat ditekan, tetapi teknologi tidak dapat menetralkan banyak unit yang berjalan di garasi.  Suara bel lift dan bantingan pintu tetangga di seberang lorong agak mengganggu.

Frekuensi tinggi seperti tangisan dan peluit bayi juga tidak dapat dihindari. Kami terkoyak oleh mode transparansi. Kami senang bisa mendengar suara orang lain dan menguping percakapan FaceTime-nya dari seberang ruang tamu.

Pada saat yang sama, semua kebisingan diperkuat secara luar biasa ke titik di mana sobat dapat mendengar gemanya. Di lingkungan terbuka, suara keras terdengar lebih keras dari yang seharusnya.

Fitur dan Aplikasi Khusus

  • Aplikasi ini juga berfungsi dengan produk Naim.
  • Beberapa fitur

Fungsionalitas yang diperluas memerlukan pengunduhan aplikasi Focal dan Naim. Bathys adalah satu-satunya headphone yang berfungsi dengannya. Namun, jika memilikinya, sobat dapat menggunakan produk tersebut sebagai remote control untuk mengontrol komponen audio Naim dan sistem musik terintegrasi.

Fitur utamanya terbatas pada EQ yang telah dibahas sebelumnya, peredam bising, dan aktivasi suara. Yang tersisa hanyalah indikator level baterai, pembaruan firmware, pengaturan LED yang menyesuaikan pencahayaan di bagian luar penutup telinga, dan sakelar siaga otomatis.

Kami dapat menyebutkan beberapa fitur yang harus ditambahkan Focal dari waktu ke waktu, termasuk ANC yang dapat disesuaikan, kustomisasi kontrol, lebih banyak preset, Soundscape, dan Temukan Headphone Saya.

Masa Pakai Baterai Focal Bathys

  • Waktu pemutaran ANC standar
  • Masa pakai baterai yang sangat baik dalam mode DAC
  • Pengisian cepat normal

Waktu pemutaran ANC adalah standar 30 jam. Jika ingin tahu tentang masa pakai baterai dengan ANC dimatikan, jangan khawatir. Karena Focal telah mengonfirmasi bahwa tidak ada opsi untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Waktu putar dapat diperpanjang hingga 35 jam dalam mode jack audio dan hingga 42 jam dalam mode DAC. Ketiga penilaian tersebut akurat selama pengujian, menghasilkan penggunaan sedang (3 jam setiap hari) selama satu setengah minggu.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah menonaktifkan lampu earcup, karena memengaruhi masa pakai baterai seiring dengan volume tinggi.

Pengisian cepat 15 menit memberi 5 jam pemutaran. Model lain, seperti Sennheiser Momentum 4 (5 menit = 4 jam) dan Sony WH-1000XM5 (3 menit = 3 jam dengan adaptor AC yang kompatibel dengan USB-PD) menawarkan pengisian cepat yang jauh lebih cepat.

Kualitas panggilan dan Konektivitas

  • Kualitas panggilan yang bagus
  • Konektivitas yang kuat

Kami tidak berharap Bathys menjadi headset panggilan yang hebat. Beberapa orang memberikan umpan balik positif, memuji kejernihan dan volume suara saat berbicara di balkon. Mereka tidak bisa mendengar angin atau pekerjaan lansekap di sekitar kolam.

Pada siang hari, kami lebih puas dengan interiornya, di mana panggilan FaceTime dan Zoom terdengar jelas. Bathys menggunakan Bluetooth 5.1 untuk konektivitas nirkabel. Kisarannya panjang dan diperpanjang hingga 50 kaki di ruang terbuka.

Dengan Google Fast Pair sekali sentuh, penyambungan cepat di perangkat iOS dan pemasangan instan di perangkat Android. Terakhir, teknologi multipoint memungkinkan headphone dipasangkan ke dua perangkat secara bersamaan.

Kesimpulan

Focal Bathys menawarkan keserbagunaan yang unik. Ini adalah headphone berperforma tinggi hebat yang sangat cocok untuk mendengarkan audiophile kritis di rumah, sementara nirkabel yang praktis dan nyaman memungkinkan pemiliknya untuk menikmatinya saat bepergian.

Ini mungkin tampak mahal pada awalnya, tetapi dengan fitur unggulan seperti driver dinamis Focal, DAC terintegrasi dengan dukungan audio hi-res penuh, dan performa audio terbaik, harganya menjadi sangat murah.

ANC jauh dari harapan. Focal juga harus berurusan dengan aplikasi dan asisten digital. Terlepas dari kekurangan kecil ini, tidak dapat disangkal bahwa Focal Bathys adalah beberapa headphone audiophile terbaik di luar sana.

Leave a Comment