Pasti ada banyak mahasiswa yang dulu pengen banget masuk FKUI. FKUI gitu, loh. Simbol sosok yang pintar. Masuk situ kalau gak pinter, ya genius. Dari tahun ke tahun, semua sepakat kalau kedokteran itu emang yang gengsinya paling gede untuk rumpun IPA.

BACA JUGA: Duka FKUI Duka Dunia Kedokteran Indonesia

Mereka yang dulunya anak IPA pas SMA tapi gak pinter-pinter amat, akhirnya bertebaran nyangkut di fakultas lain. Hal-hal medis mulai dilupakan karena mungkin gak terlalu relevan lagi di jurusan kamu, dan hal medis yang paling sering menimpa kamu hanyalah sekadar influenza sederhana atau paling parah masuk angin.

Eits, jangan salah. Anak FKUI belum tentu tau segala hal tentang penyakit dan sejujurnya, kamu gak perlu jadi anak FKUI untuk tahu hal-hal gokil tentang dunia medis maupun hal-hal sederhana yang sering kamu alami kaya gatel dan cegukan. Contohnya adalah hal-hal dibawah ini.

Transfer Memori

Transfer memori via galeriadefotos

Transfer memori via galeriadefotos

Gak perlu jadi anak FKUI untuk tahu kalau transfer memori itu adalah hal yang memungkinkan. Bayangin aja kaya Prof. Dumbledore yang bisa ‘meminjamkan’ ingatannya ke Harry. Buat mahasiswa, itu adalah hal yang sangat berguna menghadapi UAS. Tapi apa beneran mungkin?

BACA JUGA: #2UILeaks: PerpusPusat UI, Sekedar Crop Circle tak Berisi?

advertisement

Penelitian tentang ‘pemindahan molekul ingatan’ sudah ada sejak tahun 1960-an, dan meskipun tesnya hanya pada binatang seperti cacing, siput dan ayam, penelitian itu berhasil membuktikan bahwa memori adalah benda jasmaniah yang nyata dan mampu berpindah dari satu makhluk ke makhluk lain. Gokil gak tuh?

 

Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kulit kencang dan putih merona itu idaman cewek banget. Cowok juga suka ngeliatnya. Dan gak perlu jadi anak FKUI untuk tahu bahwa sebenernya lingkaran itu sebenernya emang dipengaruhi fakor usia. Dr. Bette Albert dari School of Public Health di University of California mengungkapkan bahwa noda gelap atau hitam kebiru-biruan itu sebenarnya adalah darah yang melewati vena-vena yang letaknya persis dibawah permukaan kulit. Akan lebih parah keliatannya kalau mata lelah. Yah, jangan khawatir, gak perlu jadi anak FKUI juga untuk tahu kalau cara mengatasinya cuma perlu banyak istirahat, lalu kalau nodanya masih ada, bisa pake concealer. Gampang, kan?

 

Kok Gue Cegukan?

Kok gue cegukan? via mendetail

Kok gue cegukan? via mendetail

Ya bisa aja, mungkin karena kamu rakus dan makan buru-buru asal lahap macam vacuum cleaner. Oke, gak perlu jadi anak FKUI untuk tahu kalau cegukan itu sebenernya adalah iritasi pada diafragma yang bikin itu diafragma jadi kejang-kejang. Banyak cara deh buat ngilangin cegukan.

Ada yang bilang minum air yang banyak secara terus-menerus, ada juga yang bilang dikagetin. Intinya adalah bikin diafragmanya gak iritasi lagi. Sederhana? Iyalah. Sayangnya gak selalu seserdehana itu, kayak fenomena medis yang aslinya bernama singultus ini punya rekor. Rekor cegukan terlama dan tak terputus adalah 68 tahun, dengan cegukan rata-rata 20-25 kali permenit.

advertisement

 

Kok Gue Gatel?

Duh, gateeel... via bbc

Duh, gateeel… via bbc

Oke, kita ngomongin gatel yang sering bikin pengin garuk, bukan sifat kegatelan yang bikin pengin nabok. Kalo kegatelan, ya mungkin itu emang personality lu yang labil. Gak perlu jadi anak FKUI untuk tahu berbagai penyebab gatal.

Ada yang sederhana kaya kena ulet bulu, bisa juga infeksi atau iritasi kulit, digigit nyamuk, dan lainnya. Tapi sejujurnya, fenomena yang disebut pruritis ini masih banyak rahasia. Berbagai ilmuwan masih merasa kalau gatal itu punya penyebab yang sangat banyak dan beberapa kasus parah gak bisa diobatin secara klinis.

Mungkin perlu jadi anak FKUI untuk menyingkap rahasia tentang gatal, karena konon katanya pasien yang merasakan gatal tak tertahankan lebih milih ngegaruk sampai berdarah daripada nahan gatel. Gak nyangka kan kalau gatal seserius itu?

 

Kok Gue Nangis?

Kenapa nangis?

Kenapa nangis? (sumber:Photo Credit: Kat Northern Lights Man via Compfight cc)

Ini lagi. Ya iyalah gak perlu jadi anak FKUI untuk tahu kenapa kamu nangis! Jawabnnya paling ya… kamu ditinggal pacar, diphpin, kena  friendzone, IP turun, IPK terjun, laper, apa pun deh. Intinya sebenarnya adalah menangis itu merupakan hasil dari pelepasan emosi. Terus, kenapa air mata asin?

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG

Peneliti Prancis, Antoine Lavoisier, melakukan penelitian tentang air mata pada tahun 1791 dan menyatakan bahwa air mata mengandung NaCl a.k.a garam dapur, dan zat-zat lainnya. Secara biologis, garam yang terkandung dalam darah itu masuk ke kelenjar penghasil air mata, lalu ketika menangis, keluarlah air mata yang mengandung garam. Gak berarti kalo garam abis di rumah kamu nangis ya, buat gantiin garam. Itu sedih banget.

Nah, gimana? Gak perlu jadi anak FKUI kan untuk tau hal-hal di atas? Kan tinggal baca. Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line supaya mereka yang gagal masuk FKUI bisa agak sedikit terhibur.

 



[reaction_buttons]