Generasi Harapan


0

Rehat sejenak yuk dari penatnya kegiatan! dari simpang siurnya berbagai berita yang makin hari makin kelewat batas. Mari sejenak merenungkan diri, diri ini yang selalu disanjung-sanjungkan sebagai generasi harapan. Generasi harapan? Sudah seberapa pantaskah kita menyandang gelar tersebut?

“Generasi harapan adalah generasi yang disiplin, berpikir sistematis, merujuk kepada sumber hakekat bukan sekedar praduga. Ketika melihat ke langit mereka tidak lupa untuk berpijak ke bumi, sehingga dia tidak berjalan di balik khayalan dusta atau impian kosong, atau harapan hampa, seakan-akan dia berenang bukan di dalam air, dan terbang tanpa sayap.

Generasi harapan adalah generasi yang memiliki cita-cita besar, tetapi pemikirannya realistis, berharap bisa berlabuh di pantai impian, tetapi siap juga berlayar di lautan melawan goncangan gelombang dan ombak-ombak di sekitarnya. Dia mengetahui zaman bergulir, dunia berputar, hari berganti, dan stagnasi adalah suatu kemustahilan. “Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)” (3:140)

Generasi harapan adalah generasi realistis yang tidak berenang di daratan, tidak menanam di lautan, tidak menabur benih di gurun, tidak merajut benang-benang khayalan, dan tidak membangun istana di atas air.

Generasi harapan juga tidak berputus asa dari kasih sayang Tuhan, tidak mudah lelah mengharap kasih sayang Penciptanya, tetapi dia mengenal batasan kemampuannya, sehingga tidak mengharapkan buah sebelum waktu panennya, tidak tergesa-gesa mengharapkan sesuatu sebelum tiba masanya, tidak memaksakan diri dari apa yang dia tidak mampu melakukannya, serta tidak membawa dirinya dalam pertikaian yang tiada jalan keluarnya…”

Sumber: Yusuf Qardhawi…cendekiawan muslim yang tulisan-tulisannya sangat menginspirasi saya


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Noti

2 Comments

Leave a Reply