Gimana Cara Terbaik Menggunakan Kartu Kredit Saat Jadi Mahasiswa?

Tau gak sih kalau kartu kredit bantu finansial kamu banget. Sebelum punya, sebaiknya ketahui dulu gimana cara pakainya, apalagi kamu masih jadi mahasiswa.


0
Bayarlah tepat pada tanggal penagihan kartu kredit via jadiberita

Menjadi mahasiswa berarti juga memasuki dunia kehidupan yang berbeda dengan kehidupanmu di masa-masa SMA. Di masa kehidupan mahasiswa sudah saatnya kamu nerima telepon penawaran dari asuransi, MLM atau kartu kredit.

Persyaratan untuk mendapatkan kartu kredit memanglah tidak serumit dan seribet dulu. Kini semua orang bisa mendapatkan kartu kredit selama bisa memenuhi syarat, diantaranya punya pekerjaan tetap atau slip gaji. Namun, kalau kamu anaknya nge-mall banget, pasti sering kan disamperin mbak-mbak atau mas-mas yang nawarin kartu kredit? Nah, yang begini ini yang ngegampangin kamu, sebagai mahasiswa, buat apply kartu kredit. Kamu bisa mendapatkan kartu kredit dengan syarat tidak begitu ribet misalnya, cuma fotokopi KTP.

Godaan lainnya adalah saat anggota keluarga kamu, seperti orang tua atau kakak, telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Mereka akan dapat fasilitas kartu tambahan alias suplemen yang fungsinya sama dengan fasilitas yang dimiliki pemegang utama kartu kredit.

Pertanyaannya, gimana ya cara terbaik menggunakan kartu kredit saat kamu masih jadi mahasiswa?

BACA JUGA: Saatnya Kamu Nikmati Kesaktian Kartu Mahasiswa yang Satu Ini!

Learn The Basics

Sebelum pakai, pelajari dulu tentang kartu kredit via finance.detik
Sebelum pakai, pelajari dulu tentang kartu kredit via finance.detik

Pada dasarnya kartu kredit dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Namun, perlu diingat kemudahan transaksi adalah sesuatu yang harus disikapi dengan bijak. Karena pada dasarnya kata “kredit” bermakna suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan.

Ingat, ada kata “pinjam” di sana, yang mana kamu harus membayarnya lagi saat kartu kredit tersebut jatuh tempo. Singkat kata, kamu NGUTANG ke bank, terus dibayar pada tenggat yang dikasih tau oleh bank.

Segala kemudahan dari kartu kredit diantaranya adalah:

– Notifikasi setiap tagihan dikirim melalui email atau sms

– Bisa di-setup dengan mudah lewat mobile banking atau mobile app

– Bisa digunakan juga untuk internet banking dengan menggunakan token khusus.

– Makenya tinggal digesek.

Gunakan dengan Bijak

Gunakan secukupnya meskipun proses pakai kartu kredit mudah via lagi.online
Gunakan secukupnya meskipun proses pakai kartu kredit mudah via lagi.online

Dalam penggunaan kartu kredit biasanya bank memberikan akses kepada pengguna untuk menggunakan sejumlah nominal tertentu dalam limit tertentu. Misal, 1 kartu bisa memiliki limit hingga Rp5.000.000. Sounds tempting? VERY!

Here’s the trick, JANGAN HABISKAN LIMITNYA! Kenapa? Karena kalau kamu tergila-gila saat menghabiskan limit kartu kredit, yang ada di bulan depan saat pintu kamu diketok tagihan, kamu akan merasa BERAT untuk membayar jumlah yang sedemikian besar.

Lah, trus gimana? Gunakan secukupnya. Saran dari kami, jangan sampai melebihi 30% dari sisa limit kartu kredit yang kamu miliki. Dan pastikan, kamu INGAT kamu gunakan kartu kreditnya untuk apa saja. Lewat fasilitas mobile banking atau internet banking kamu bahkan bisa ngetrack udah kamu pakai apa aja kartu kreditmu. It’s good to have a strategy to keep track of how you’ve used your card and how much of your limit you’ve used.

So, kalau gak bener-bener mendesak, gak bener-bener penting dan bukan kebutuhan yang bener-bener kamu butuh, sebaiknya kamu TAHAN diri untuk belanja menggunakan kartu kredit!

BAYAR!

Bayarlah tepat pada tanggal penagihan kartu kredit via jadiberita
Bayarlah tepat pada tanggal penagihan kartu kredit via jadiberita

Terakhir, kamu harus disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit.

Pengguna pemula biasanya akan kejebak dalam 2 jebakan kartu kredit. Yang pertama, mereka hanya akan membayar jumlah minimum dari total tagihan, yang mana sisanya akan diakumulasikan oleh bank dalam tagihan berikutnya. Nah, ini yang sering kali gak diketahui oleh sang pengguna dan bikin dia kaget dan shock karena tagihannya lama-lama membesar karena kurangnya ketelitian dalam melihat detail tagihan.

Yang kedua, pengguna pemula biasanya langsung membayar tepat setelah berbelanja. Well, sayangnya yang satu ini gak begitu berguna, karena pembayaran yang kamu lakukan akan masuk ke kredit bulan depan, sementara angka tagihan kamu tidak berubah.

Jadi, gimana dong?

Bayarlah tepat pada tanggal penagihan kartu kredit dan bayar sesuai dengan jumlah total tagihan yang dikirimkan oleh bank. Jangan kurang dan jangan pula berlebih. Dengan begini, kamu gak akan kena charge aneh-aneh dan kredit score dan limit kamu akan naik secara perlahan namun pasti.

Credit cards can seem scary, but with a little bit of research and planning, they can help you become financially independent. Namun, hanya bila dimanfaatkan dengan bijak.

Kamu punya teman yang juga sering pakai kartu kredit? Yuk, bagikan informasi ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu agar semakin banyak anak UI yang sadar bagaimana memanfaatkan kartu kredit dengan bijak.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals