Gimana Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Sebelum Adanya Pandemi?


0

Karena kondisi pandemi ini, banyak sekali kegiatan yang menjadi tidak bisa dilakukan ataupun menjadi terbatas. Hal ini terjadi di berbagai kegiatan termasuk kegiatan perkuliahan. Saat ini berbagai universitas termasuk Universitas Indonesia pastinya menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dimana kegiatan pembelajaran di lakukan di rumah masing-masing. Hal ini pastinya membuat kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan menjadi berubah atau bahkan menjadi tidak ada.

Dampak pandemi covid-19 dirasakan oleh berbagai pihak di kampus , terutama Mahasiswa Baru. Nah, untuk para mahasiswa baru yang penasaran seperti apa sih rangkaian kegiatan untuk mahasiswa baru jika tidak terjadi pandemi, ini adalah pengalaman saya saat melaksanakan rangkaian kegiatan mahasiswa baru.

Sebelum memasuki semester pertama kuliah, kita akan mengikuti berbagai masa orientasi yang ada.

Nah, orientasi awal yang bakal kita lakukan adalah OBM dan OKK. OBM dan OKK sendiri adalah rangkaian orientasi yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, dimana rangkaian ini bersifat wajib untuk seluruh mahasiswa baru UI.

Untuk rangkaian pertama yang akan dilakukan adalah OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa). Nah, di OBM kali ini kita akan dibagi menjadi kelompok-kelompok secara acak. Jadi, kita akan digabungkan dengan orang-orang dari berbagai fakultas maupun jurusan. OBM sendiri akan dilaksanakan di sebuah kelas dan terdiri dari orang yang tidak begitu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit. Disini kita akan berkenalan dengan beragam macam orang dari berbagai fakultas dan jurusan, lumayan kan untuk memperluas pertemanan kita di awal sebelum masuk kuliah. Di masa OBM ini akan diisi oleh berbagai materi-materi, termasuk materi metode belajar yang nantinya akan bermanfaat saat kita benar-benar menjalani perkuliahan nanti seperti Problem Based Learning (PBL) ataupun Learning Skills (LS).

Masa OBM cenderung santai dan materinya juga ringan serta banyak menghabiskan waktu di kelas.  Jadi, kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan seru karena saat inilah kita bisa benar-benar merasakan bagaimana rasanya berangkat pulang kuliah ataupun fasilitas kelas yang di UI, serta bisa berkenalan dengan banyak teman-teman.

Setelah OBM, kita akan melanjutkan rangkaian orientasi dengan nama OKK (Orientasi Kehidupan Kampus).

Beda dengan OBM, saat OKK ini kita sudah mulai bergabung dengan teman-teman jurusan kita. Nah, OKK sendiri panitianya adalah para mahasiswa, jadi kegiatannya lebih seru. Disini kita akan melakukan berbagai macam kegiatan seperti mewawancarai senior, dan lain-lain. Selain orientasi tadi, kita juga akan melakukan latihan paduan suara untuk wisuda UI sekaligus menyambut kedatangan mahasiswa baru.  Latihan ini dilaksanakan di balairung bersama-sama dengan mahasiswa dari fakultas lainnya. Hal ini sangat menyenangan dan merupakan salah satu momen yang tidak akan terlupakan saat menjadi mahasiswa.

Setelah rangkaian tersebut, artinya kita telah selesai menyelesaikan orientasi tingkat universitas. Namun, kita akan melaksanakan rangkaian orientasi lainnya di tingkat fakultas dan departemen.

Nama orientasi tingkat fakultas/departemen berbeda-beda, ada yang disebut PSAF, PSAD dan MADK. Karena saya adalah mahasiswa teknik, istilah yang digunakan adalah MADK (Masa Adaptasi Dunia Kampus). Disini rangkaiannya sendiri sudah berbeda mulai dari fakultas dan departemen, kebijakannya pun berbeda-beda sesuai dengan fakultas dan departemen masing-masing. Rangkaian ini akan membuat kita lebih tahu mengenai fakultas kita seperti apa, bagaimana budaya dan lingkungannya dan juga diisi dengan materi-materi yang akan membuat kita mengetahui lebih dalam mengenai fakultas dan departemen kita.

Tetapi perlu diingat, pastinya setiap tahun masa orientasi akan memiliki pengalaman yang berbeda-beda dan pasti selalu berkesan.  Nah, apalagi untuk kamu mahasiswa baru 2020 yang pastinya benar-benar memiliki pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Kira-kira bagaimana kesan kamu terhadap masa orientasi kamu?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply