Hah Danusan dari Rumah? Hmm Emang Gimana sih Caranya?

Di situasi pandemi seperti sekarang, ga mungkin dong jualan danusan konvensional dilakukan, makanya yuk simak alternatif danusan di era digital!


0
1 share

Halo Warga UI! Selama menjadi mahasiswa pasti kita pernah ya setidaknya mengikuti suatu kepanitiaan atau organisasi. Kepanitiaan hadir untuk menjalankan suatu program kerja organisasi. Nah, program kerja bisa bermacam-macam, ada yang berbentuk lomba, webinar, seminar, pameran, atau bootcamp.

Biasanya kepanitiaan memiliki jangka waktu bekerja lebih sebentar dibandingkan dengan organisasi, tetapi tak jarang, ada juga kepanitiaan yang dipersiapkan selama satu tahun untuk menggelar sebuah acara.

Dalam menjalankan sebuah acara tentunya kita butuh dana yang tidak sedikit, entah itu untuk keperluan guest star, narasumber, MC, hingga hadiah untuk para peserta.

Untuk mencari pemasukan biasanya panitia akan mengajukan sponsor kepada perusahaan atau brand yang sekiranya berhubungan dengan acara yang mereka bawakan. Selain mengandalkan sponsor, beberapa kepanitiaan juga turut meminta SUC atau set up cost kepada panitianya, SUC ini bervariatif mulai dari 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung besar acaranya.

BACA JUGA: 4 Jajanan yang Sering Dipakai Danusan, Favorit Kamu yang Mana?

Namun, dua pemasukan tadi belum tentu cukup nih untuk memenuhi kebutuhan operasional acara, ada juga yang namanya danusan atau dana usaha. Dulu, ketika perkuliahan masih berjalan offline, danusan dilakukan dengan cara berjualan makanan secara langsung, biasanya makanan yang dijual merupakan makanan ringan seperti kue kering, risol, pisang coklat, dan lain-lain. Nah, di situasi pandemi seperti sekarang, ga mungkin dong jualan ini dilakukan, makanya yuk simak alternatif danusan di era digital!

1. Paid Promote

Sumber: Luthfy Syahban

Paid promote atau promosi berbayar adalah salah satu cara danusan paling terkenal dan banyak dilakukan karena cukup mudah dan efisien. Caranya adalah dengan menyediakan paket promosi berupa postingan di feeds dan Instastory, kemudian jika ada yang tertarik tinggal diupload deh postingannya di masing-masing instagram staff kepanitiaan tersebut. Jangan lupa untuk menghitung jumlah followers keseluruhan panitia ya, semakin besar maka semakin mahal pula kamu bisa mematok harga.

2. Thrift Shop

Sumber: TEMPO/Hilman Fathurrahman W

Ini juga banyak dilakukan oleh individu/perorangan ya, thrift shop atau toko barang bekas bisa menjadi alternatif untuk berjualan, selain itu kalian gak perlu modal untuk membeli barang-barang bekasnya, cukup kumpulkan baju yang masih layak pakai dari masing-masing panitia, difoto dan upload deh. Lumayan banget loh kalau satu baju dapat dijual seharga 25ribu, dijamin cuan!

BACA JUGA: Rahasia Microsoft Word yang Bikin Tugas Kampus Kamu Lebih Cepat Selesai!

3. Jual Jasa

Kalau teman atau anggota kepanitiaan kamu ada yang jago foto, design, editing video, atau yang lain-lain bisa banget nih dilibatkan untuk danusan. Caranya dengan membuat paketan dalam pemakaian jasanya, misalnya teman kamu bisa desain, maka bisa kamu buat paket dengan 3 lembar desain berapa jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa untuk komunikasikan dulu ya dengan orang yang bisa bertanggung jawab atas tugasnya. Atau, misalnya teman kamu bisa virtual photoshoot, maka kamu bisa menghargai satu sesi dengan durasi satu jam dengan harga yang layak.

4. Reseller

Tim danısan kamu bisa banget nih jadi reseller online shop. Kamu tinggal cari pemasok yang menjual dengan harga lebih murah, lalu kamu jual lagi deh barangnya. Oh ya kamu juga bisa ber-reseller ria dengan sistem drop ship. Nah, kuncinya supaya barang kamu laris adalah barang yang dijual harus memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan barang-barang lainnya.

5. Joki Tugas

Sumber: metrosemarang.com

Yang ini memang anti mainstream dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman serta mau menyediakan waktunya untuk mengerjakan tugas orang lain. Belum lagi juga tugas yang diberikan merupakan mata kuliah yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Waduh bisa berabe. Walaupun peluangnya bagus dan dijamin cuan, pilihan yang satu ini perlu dipertimbangkan matang-matang ya.

BACA JUGA: Apa Aja Sih Manfaat Sticky Note Buat Tugas Kuliah Kamu?


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply