Hah, UMB 2009?


0

Waktu itu, salah seorang member forum komunitas seleksi masuk perguruan tinggi membaca Kompas edisi 23 Desember 2008. Dan betapa mengejutkan, ada iklan seperti ini :
Iklan Kompas 23 Desember 2008

Reaksi pertama saya setelah liat iklan itu : SHOCK ABIESZ!
Jelas-jelas UMB 2008 (karena saya produk UMB 2008, hehe..) itu SANGAT TIDAK PROFESIONAL. Keterbatasan formulir, kericuhan di kampus UNJ pada saat menukarkan resi dengan formulir, pelaksanaan yang tempatnya tidak layak (masa dilapangan yang panas sih?), blump lagi informasinya yang mendadak (dipublikasikan terlalu dekat dengan deadline pendaftaran).

Perhimpunan SPMB Nasional nekat bener! Jelas-jelas udah ditolak 50 rektor PTN masih maksa ajah. UI sebagai jantung pelaksanaannya juga sudah melaksanakan SIMAK UI secara independen dan tidak ada sangkut pautnya dengan P-SPMBN.

Ada artikel lagi dari sini :

http://www.klubguru.com/view.php?subaction=showfull&id=1230774405&archive=&start_from=&ucat=1&

SURABAYA – Rencana seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) pada 1-2 Juli nanti terus dumatangkan. Kemarin (31/2) rektor-rektor PTN kembali berkumpul di Jakarta untuk membahas finalisasi tes menembus kampus negeri jalur reguler itu.

Wakil Ketua II SNM PTN Prof Fasichul Lisan mengatakan, panitia telah selesai membahas teknis SNM PTN. Di antaranya, menyangkut soal, buku panduan panitia, buku panduan bagi calon mahasiswa, dan buku informasi. ”Tapi, pada 2 Januari kami masih rapat final,” katanya kemarin.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum SNM PTN Prof Dr Haris Supratno menambahkan, buku panduan -baik bagi panitia maupun calon mahasiswa- segera dicetak. ”Insya Allah, Januari ini sudah bisa disebarluaskan. Paling tidak, kami cetak 400 ribu kopi,” ujarnya. Setelah itu, buku akan disebarluaskan ke seluruh PTN. Buku panduan bagi calon mahasiswa disebarluaskan ke sekolah.

Untuk kepastian pelaksanaan SNM PTN, Haris menegaskan, SNM PTN diselenggarakan pada 1-2 Juli 2009. Jadwal itu berubah dari rencana sebelumnya yang dilaksanakan hanya satu hari. ”Kami telah uji coba. Hasilnya ketemu dua hari lagi,” kata rektor Unesa itu.

Untuk pendaftaran, Haris mengatakan, jadwal pendaftaran pada minggu ke-2 hingga ke-4 Juni 2009. ”Tanggalnya lupa,” ujarnya. Yang jelas, SNM PTN 2009 tidak akan banyak berubah dalam hal administratif. ”Termasuk harga formulir,” imbuhnya. Harga formulir masih sama dengan tahun lalu. Yakni, Rp 150 ribu untuk masing-masing program IPA dan IPS. Program IPC Rp 175 ribu.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan SMPB Nusantara Regional III Soegiono mengatakan, meski sudah ada SNM PTN, pihaknya tetap menyelenggarakan ujian masuk bersama (UMB) seperti tahun sebelumnya. Bahkan, tes masuk itu tidak hanya ke beberapa PTN. Mulai tahun ini, Perhimpunan SMPB Nusantara juga melaksanakan UMB untuk PTS (perguruan tinggi swasta).

UMB PTN diikuti lima PTN seperti 2008. Yakni, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Unhas Makassar, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan Universitas Negeri Jakarta. UMB PTS diikuti 27 PTS. Pelaksanaan UMB PTS dimaksudkan untuk mempermudah calon mahasiswa yang akan mendaftar ke PTS di luar daerah. ”Misalnya, kalau mendaftar di Universitas Trisakti, tidak perlu datang ke Jakarta. Cukup tes di Surabaya,” jelasnya. (alb/hud)

Nah loh? Ada apa ini?

Dan banyak temen-temen yang menyelidiki masalah ini..selidik punya selidik, ada yang kirim imel ke tim pengurus website penerimaan.ui.ac.id menanyakan tentang UMB 2009..balasannya :

Salam,,
UI mengikuti UMB dengan kuota 10 %. mengenai ujian SNMPTN masih dirapatkan.

Ada juga kabar (entah burung atau beneran..) katanya kuota UMB adalah 5% diambil dari SNMPTN. Jadi kuota masuk UI itu :

  • 56% SIMAK UI
  • 9% SNMPTN
  • 5% UMB
  • 30% PPKB

Wah..UI kenapa yah? Atau mau ngumpulin duit-kah? Kan lumayan tuh pendapatan dari formulir pendaftaran yang masuk..

*masih penasaran dan meminta pihak UI segera mengeluarkan pernyataan yang transparan! Kasihan adik-adik kita cuy…Pusing kebanyakan ujian masuk!

UPDATE 10/1 tentang kepastian UMB sebagai jalur masuk baru lagi

http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/06/20134851/simak.jalur.baru.masuk.ui

JAKARTA, SELASA — Universitas Indonesia membuka satu jalur masuk lagi bagi calon mahasiswa baru. Sebesar 56 persen calon mahasiswa baru UI program sarjana akan diterima melalui jalur masuk bernama Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau Simak UI tersebut. Pendaftaran masuk melalui ujian seleksi yang dilaksanakan Universitas Indonesia sendiri itu dibuka pendaftarannya mulai 19 Januari 2009.

Selebihnya, penerimaan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNM PTN sekitar 5 persen, Ujian Masuk Bersama sebesar 5 persen, dan selebihnya lewat Kerjasama Daerah dan Industri, jalur prestasi dan akademik. Setiap tahunnya, UI menerima sekitar 5.000 mahasiswa baru program sarjana.

selengkapnya


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
emier

47 Comments

Leave a Reply

  1. update :
    http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/06/20134851/simak.jalur.baru.masuk.ui

    AKARTA, SELASA — Universitas Indonesia membuka satu jalur masuk lagi bagi calon mahasiswa baru. Sebesar 56 persen calon mahasiswa baru UI program sarjana akan diterima melalui jalur masuk bernama Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau Simak UI tersebut. Pendaftaran masuk melalui ujian seleksi yang dilaksanakan Universitas Indonesia sendiri itu dibuka pendaftarannya mulai 19 Januari 2009.

    Selebihnya, penerimaan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNM PTN sekitar 5 persen, Ujian Masuk Bersama sebesar 5 persen, dan selebihnya lewat Kerjasama Daerah dan Industri, jalur prestasi dan akademik.Setiap tahunnya, UI menerima sekitar 5.000 mahasiswa baru program sarjana.

    Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Soemantri mengatakan, Selasa (6/1), perguruan tinggi tersebut akan tetap mementingkan kualitas dan standar yang tinggi dalam proses seleksi, bukan kemampuan finansial. Biaya kuliah akan disesuaikan dengan jurusan yang diambil dan kemampuan ekonomi mahasiswa. “Tersedia pula beasiswa,” ujarnya.

    Model penerimaan lewat Simak UI yang merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI itu diberlakukan untuk penerimaan di semua program pendidikan yang ada di UI. Untuk program S1, pendaftaran secara online dan dibuka mulai 19 Januari hingga 19 Februari 2009, sedangkan ujian seleksi diselenggarakan pada 1 Maret 2009. Terdapat panitia lokal di 40 kota di seluruh Indonesia yang dapat membantu para peserta yang ingin mendaftar. Terutama untuk daerah yang masih kesulitan akses internet. Informasi mengenai penerimaan model baru itu dapat diakses lewat http://penerimaan.ui.ac.id.

    Gileeeee…..banyak banget gelombang masuk UI..Dah kayak PTS ajah~

  2. Namanya juga bisnis pendidikan cuy, jadi untuk sementara harap dimaklumi, bagi yang mau perubahan pikirin tuh cara kreatif supaya perguruan tinggi seperti UI bisa punya usaha di luar jalur pendidikan untuk bisa mendanai kegiatan akademiknya supaya lebih rapih.

  3. hmmhmm..
    menurut gw itu sih udah hampir pasti akan diadain, secara di Kompas (bukan iklan, tp artikel ky yg udah dikutip di atas) dikatakan bahwa ada 3 jalur masuk UI spt yg udh disebutin di atas.

    Mau apa lagi, sepertinya saran mahasiswa ga cukup didengar pihak penyelenggara.. (gw baca dari Gerbatama Desember)

  4. Betewe, gak salah tuh? Kuota SNMPTN n UMB 5%??Paling2 satu prodi cuma nerima kurang dr 10 orang dunk? Kenapa gak dgabungin aja sih? Pasti UUD..Ujung2nya Duit xP

  5. Keknya UI ga enak hati melepas UMB, dulu kan UI yang memprakarsai UMB keluar dari SNMPTN, masa sekarang ninggalin UMB juga, tul ga? 🙂

  6. Kayaknya emang bener yang ditulis di iklan kompas itu, sepertinya mereka akan membuat UMB untuk PTS-PTS se-indonesia, seperti yang pernah tertulis di Kompas beberapa hari yang lalu (maaf saya lupa tanggalnya)

  7. masak anak ui.com baru tau infonya,,,,,
    gw mah udah tau dari 3 bulan yang lalu UMB tetap ada…..kemana nih adminnya telat ngasih brita……MAKANYA DATANG WAKTU SOSIALISASI SIMAK DI FISIP UI WAKTU ITU…..
    Pada saat itu dibilang bahwa UMB EMANG TETAP ADA……
    HEHEHEHEH…..
    BRITANYA kurang update…….
    blom blajar pengantar komunikasi ya…..
    hweeee…..
    maaph….tapi emang kenyataan britanya gak update,,,,,
    hwweeeeee….

  8. brita basi banget nih……..
    hahahahahhah
    masak anak ui.com baru tau infonya,,,,,
    gw mah udah tau dari 3 bulan yang lalu UMB tetap ada…..kemana nih adminnya telat ngasih brita……MAKANYA DATANG WAKTU SOSIALISASI SIMAK DI FISIP UI WAKTU ITU…..
    Pada saat itu dibilang bahwa UMB EMANG TETAP ADA……
    HEHEHEHEH…..
    BRITANYA kurang update…….
    blom blajar pengantar komunikasi ya…..
    hweeee…..
    maaph….tapi emang kenyataan britanya gak update,,,,,
    hwweeeeee….

  9. hari gini,,,,,,,,,,,,,
    masak anak ui.com baru tau infonya,,,,,
    gw mah udah tau dari 3 bulan yang lalu UMB tetap ada…..kemana nih adminnya telat ngasih brita……MAKANYA DATANG WAKTU SOSIALISASI SIMAK DI FISIP UI WAKTU ITU…..
    Pada saat itu dibilang bahwa UMB EMANG TETAP ADA……
    HEHEHEHEH…..
    BRITANYA kurang update…….
    blom blajar pengantar komunikasi ya…..
    hweeee…..
    maaph….tapi emang kenyataan britanya gak update,,,,,
    hwweeeeee….

  10. uph…….
    kasihan banget ya situs ini
    …..masak anak ui.com baru tau infonya,,,,,
    gw mah udah tau dari 3 bulan yang lalu UMB tetap ada…..kemana nih adminnya telat ngasih brita……MAKANYA DATANG WAKTU SOSIALISASI SIMAK DI FISIP UI WAKTU ITU…..
    Pada saat itu dibilang bahwa UMB EMANG TETAP ADA……
    HEHEHEHEH…..
    BRITANYA kurang update…….
    blom blajar pengantar komunikasi ya…..
    hweeee…..
    maaph….tapi emang kenyataan britanya gak update,,,,,
    hwweeeeee….

  11. SEBELUM MENULIS BRITA, HARAP DILIHAT YAKADAR UPDATE BRITANYA…..
    masak anak ui.com baru tau infonya,,,,,
    gw mah udah tau dari 3 bulan yang lalu UMB tetap ada…..kemana nih adminnya telat ngasih brita……MAKANYA DATANG WAKTU SOSIALISASI SIMAK DI FISIP UI WAKTU ITU…..
    Pada saat itu dibilang bahwa UMB EMANG TETAP ADA……
    HEHEHEHEH…..
    BRITANYA kurang update…….
    blom blajar pengantar komunikasi ya…..
    hweeee…..
    maaph….tapi emang kenyataan britanya gak update,,,,,
    hwweeeeee….

  12. @rhendy samuel
    Yang nulis bukan adminnya, gw yang nulis. Gw juga udah tau dari dulu-dulu banget. Cuma gw tunda supaya bener-bener ada BUKTI yang bisa gw pertanggungjawabkan. Kalo gw ngejudge cuma dari kata-kata aja nggak akan bikin orang percaya kalo UMB itu bener2 ada kembali.

    Mohon maklum!

  13. @rhendy samuel

    sombong banget c lo…..

    kalo emang lo tau….

    kasi tau dunk dari awal…..jangan asal menghujat n bilang ga up to date segala….

    o iy…kn dah belajar ilmu pengantar komunikasi, kalo ngepost, harus memperhatikan komunikasi/ tata bahasanya..pikiri perasaan penulis artikel ini..masih mending dy mau ngepost…soalnya belum tentu semuanya tau berita ini…

  14. waaaah… ternyata ank UI seperti ini ya…??
    Rada2 OOT..
    Baru tau..hehehe! bner bgt kata Q2 Viona.
    Berkatalah dgn sopan, teman..
    Makasih y infonya! aku jg bru tau..

  15. Just thinking..
    Apa ini dampak BHP yah? Status PTN disetarakan PTS, buktinya UMB ini selain 5 PTN (termasuk UI) juga menyertakan 27 PTS yang terbagi menjadi 3 region.

  16. Hari ini (13 Januari 2009) saya membaca iklan dari perhimpunan SPMB tentang UMB, disitu TIDAK TERTULIS Universitas Indonesia sebagai salah satu penyelenggara (kalau saya tidak salah baca) dan hanya 27 PTS yang mengikutinya….Tampaknya memang UMB tahun ini hanya diselenggarakan oleh swasta

  17. UI sudah merilis pamflet terbarunya mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru (dari d3, s1, ampe s3) disebut SIMAK UI.

    di bagian akhirnya tertulis:

    “persentase quota penerimaan mahasiswa program sarjana reguler berdasarkan pola penerimaan mahasiswa baru
    56% –> SIMAK UI
    44% –> (penerimaan nasional, prestasi khusus, pembinaan daerah)

    entah, UI ada jugagak pada pelaksanaan UMB ???

  18. @rhendy samuel, klo tahu info kasih tahu dong.
    Bikin tulisan ke, bukan salahin orang(penulis)lagian di Kompas diterbitnya 23 Des wajar klo baru ditulis.
    Lagian yang paling tahu bukan loe.

  19. gw bingung ama informasi yang simpang siur
    pertama, ketika selebaran simak dikeluarkan UMB tidak dicantumkan..
    namun ketika diskusi dengan mbak Devie (humas UI)di Fisip mengenai SIMAK, beliau menyatakan UMB tetap ada sebesar 7%..
    Namun, informasi semakin tumpang tindih ketika situs penerimaan.UI.ac.id tidak mencantumkan UMB sebagai salah satu jalur masuk UI..Sekarang muncul lagi info,UMB ada sebagai salah satu jalur masuk ui sebanyak 5% di media massa (Kompas dan Media Indonesia)
    Ada apa ini?
    Dimana transparansi mengenai informasi?
    atau apakah pembuat kebijakan kampus masih bimbang/ragu?

    kalau misalnya gitu, saya sarankan untuk shalat istikharah kepada para elit kampuscbiar pilihannya tetap dan masyarakat tidak ikutan bingung..

    Saya harapkan para elit kampus jangan nomaden lagi dalam membuat keputusan,biar alamatnya gampang dicari Pak!!

  20. obral bangku, obral kursi, obral ijazah berlogo makara..
    semua bisa didapat hanya dengan uang..

    udah gak ada jamannya lg tuh, si miskin yg pintar bisa masuk UI.. gak bakal bisa deh, wong seleksinya saja sudah dipersulit, apalagi nanti advokasi BOPBnya??

    Pendidikan itu memang MAHAL tapi jangan diperSULIT!!

    SIMAK = SIlahkan Masuk UI kAlau Kaya
    UMB = Ujian Masuk Bodoamat
    KSDI = KurSi2 di UI diperDangangkan oleh bupatI

    sepertinya Rektor kita terlalu banyak bikin sensasi..

  21. Ini proyek “keras kepalanya” beberapa Guru Besar dan Dosen Senior. Mereka tuh rebut-rebutan uangnya, makanya banyak kekuranganny. Maklum lah, Tua-tua keladi…Makin tua makin menjadi-jadi KERAS KEPALANYA, KEEGOISANNYA dan KERAKUSANNYA alias KORUPSINYA. Mohon menjadi bahan kajian BEM UI dan BEM Fakultas2 di UI

  22. UMB UI dibuat untuk apa sih?
    bagaimana jika UMB thn 2008 terulang kembali?
    tentang ketidaknyamanan saat pendaftaran dan hari H ujian.

    UI seharusnya dapat mengatur jalur masuknya secara profesional.
    kalau kuota sedikit knapa tidak digabung dgn SNMPTN saja.
    berita simpang siur. tdk jelas. yg bisa update terus hanya siswa2 ibukota. bagaimana dgn siswa di daerah.
    mereka bisa ketinggalan info. hilang lah kesempatan mereka. tolong dirapatkan kembali. DAN BERIKAN JAWABAN SECARA FINAL!

  23. UI kasihan donk dengan calon2 mahasiswa, pengen masuk tapi peluang besar ada di duit (SIMAK), wah ga semua orangtua punya duit banyak cuma buat mengejar pendidikan aja … tolong donk berfikir modern, buat apa mengandalkan duit kalo cuma punya otak kosong ..
    mau gimana ancur lagi sih ni negara ???

  24. Ayo dong, mana nih BEM-nya???
    Perjuangkan hak para mahasiswa dan calon mahasiswa!!!
    Desak penjelasannya!!!

    SEMANGAT!!!

  25. hduu.. jadi artinya UMB 2009 tu ada ga sihh?
    pusing deh klo kuota nya dikit ginih,
    udh putus asa g kterima di simak, mau nyoba umb sama snmptn, ternyata kuotanya dibagi 2 gtuh
    kirain ditambahin gtuh!
    gmana niii? butuh kabar yg jelas! hahai

  26. selamat siang semuanya.

    sepertinya saya nggak sendirian di sini, ternyata banyak juga yang bingung apa UI masih ikut UMB 2009 ato nggak. info yang gue dapet ada dua jenis, yang satu bilangnya ada UMB (maaf identitasnya ga bisa gue sebarluaskan 🙂 )

    yang satu lagi bilangnya ga ada karena udah diganti sama simak.

    terus yang bener yang mana? bingung nih kami semua… dan snmptn apa kabar? jangan2 UI ga ikut snmptn juga (lol) ? hahaha… sumpah bingung nih, sebenarnya jalan masuk PTN tuh sekarang seperti apa sih?

    hmm… belum beruntung di simak, gue harus kejar snmptn nih. tapi katanya ada umb. makanya sekarang saya nyari info yg pasti, beneran ada apa nggak. biar siap menghadapinya.

    o iya, denger2 ui ngadain tes buat D3 juga tanggal 6-7 juni ya? benarkah? karena temen saya (dan sebenernya gue juga) mau ikut tes unpad di hari yang sama. kasian tuh temen saya bingung mau ikut yang mana.

    mohon dijawab ya pertanyaannya, dan kalo bisa jawab dengan akurasi tinggi supaya nggak pada bingung lagi, once and for all hehehehe

    thank you.

  27. hopeless masuk UI lewat jalur SIMAK-UI yang presentasenya 56%. Gimana klo lewat jalur UMB atau SNMPTN ??? Minta persentase masuk ui yang detail dong ????

  28. aduhhh ribet…. UI sbagai slah satu Univ trkemuka di INdonesia sharusnya konsisten dong klo dari awal blang TIDAK IKUT UMB ya tetep ga ikut..jgn tdinya blang gag skarang mlah mau ikutan,,,,,,masih blum FINAL lage….bkin tmbah bingung ajjaaa…

  29. arrrgghhhh…
    aku juga jadi bingung sama UMB
    kenapa malah jadi ngambil kuota-nya SNMPTN???
    SIMAK UI aja kemarin banyak yang dapat jalur paralel
    kenapa jadi matrealistis gini sih?!

  30. tapi gakpapah kok..

    yaa,, lumayan kan buat temen2 saya yang masih mau mencoba ui sesuai jurusan yang mereka inginkan,, menambah kesempatan untuk masuk UI..

  31. o iya, yang saya denger, UI ikut UMB karena di simak itu dia menerapkan sistem standar nilai bawah sehingga jumlah atau presentase calon mahasiswa yang dapat diterima belum mencapai target.. makanya,, ikut umb lagi…

  32. ass.
    saya mau tanya. apakah nanti kalau seandainya sudah diterima lewat UMB tetapi kita tolak, masih bisa ikut snmptn? karena saya dengar dari forum lain, kalau kita sudah diterima di ptn lewat UMB tapi kita tolak, nama kita akan diblacklist dalam snmptn itu. akibatnya setinggi apa pun nilai kita tetap tidak bisa diterima lewat snmptn. apa itu benar? saya tunggu jawabannya. makasih