Kuliah dan sekolah, dari namanya saja sudah terlihat berbeda. Bukan hanya namanya, memang saat kuliah dengan sekolah banyak sekali perbedaannya. Saat kuliah kamu sudah memilih fokusan jurusan tertentu, beda dengan sekolah yang masih general. Materinya pun sudah pasti sangat berbeda. Selain itu, apa lagi ya bedanya? Nah, buat kamu mahasiswa baru kamu harus simak beberapa hal baru saat kuliah yang disebutkan dibawah ini supaya kamu ga kebingungan nantinya.

1. Bertemu Dengan Istilah “Kuis”

Kuis sebenarnya bukanlah kata yang asing pada telinga kamu pastinya. Namun, mungkin istilah kuis yang kamu ketahui mungkin seperti kuis yang ada di televisi ataupun di media online lainnya yang diadakan oleh acara tertentu ataupun instansi tertentu di mana kita menjawab soal yang diberikan untuk memperebutkan hadiah-hadiah yang menarik.

Namun, ketika kamu mendengar kata kuis saat kuliah jangan berharap kamu berkesempatan memperoleh handphone ataupun mobil ya hehe.

advertisement

Kuis adalah istilah yang biasa digunakan saat kuliah dimana maksud dari istilah tersebut adalah kita akan melakukan ujian untuk bab ataupun sub bab tertentu. Sebenarnya mekanisme yang dilakukan mirip dengan yang biasa dikenal ulangan harian saat di bangku sekolah, namun perbedaannya adalah soal yang diujikan biasanya relatif sedikit hanya terdiri dari beberapa soal saja. Kuis juga cukup sering diadakan dan yang lebih “menarik” nya lagi suka ada kuis dadakan,lho! Jadi, rajin-rajin ya belajarnya!

BACA JUGA: 3 Hal Sepele Tapi Penting Ini Sering Bikin Mahasiswa UI ‘Skip‘ 

2. Jam Kuliah Berbeda Setiap Harinya

Saat di bangku sekolah kita memiliki waktu belajar di sekolah yang sama dengan teman-teman seangkatan kita, bahkan dengan angkatan yang lain. Hanya terdapat perbedaan pada jadwal mata pelajaran di setiap harinya sesuai dengan tiap-tiap kelas. Namun, saat kuliah kita akan memiliki jadwal yang hampir berbeda-beda untuk setiap individunya. Kamu akan mengikuti berbagai mata kuliah, dimana mata kuliah tersebut terdiri dari mata kuliah fakultas dan mata kuliah jurusan.

advertisement

Pada mata kuliah fakultas kamu akan digabungkan dengan mahasiswa jurusan lainnya secara acak. Selain itu, untuk mata kuliah jurusan juga biasanya menyesuaikan dengan program studi kamu apakah reguler, paralel, atau program internasional. Waktunya pun tidak seperti saat SMA yang setiap hari mulai pukul 7 pagi dan selesai pukul 3 sore, tetapi tergantung dari mata kuliah kamu. Kamu bisa punya mata kuliah yang harus dilakukan jam 8 hingga jam 10 pagi kemudian dilanjutkan pukul 1 siang hingga 4 sore, atau bahkan kamu hanya kuliah di jam 4 sore saja. Oleh karena jadwal yang berbeda-beda tiap harinya, kamu harus pandai dalam mengatur waktu kamu, terutama saat kondisi saat ini yang masih mengharuskan kita untuk belajar jarak jauh.

BACA JUGA: 7 Cara Belajar Efektif Solusi Bagi Para Pecinta SKS

3. Kenalan Sama Diktat dan Bank Soal, Penyelamat Saat Ujian

Ketika kamu sudah kuliah, dosen akan memberikan penjelasan materi yang sifatnya harus kamu kembangkan sendiri untuk tahu lebih dalam lagi mengenai materi tersebut. Oleh karena itu, jangan terkejut kalau sumber belajar kamu jadi banyak banget dan benar-benar harus mengeksplor berbagai sumber. Mungkin saat sekolah kita belajar dari buku paket, catatan, atau LKS saja. Tetapi, saat kuliah kamu akan punya banyak bahan ajar.

advertisement

Biasanya, dosen memberikan materi berupa powerpoint dan juga rekomendasi buku. Tetapi selain dari sana, sebaiknya kamu harus mengeksplor lebih dalam lagi agar kamu benar-benar menguasai materi tersebut. Kamu bisa menambah pengetahuan kamu dari referensi buku lain, dari jurnal ataupun paper terkait materi tersebut. Untuk jurnal sendiri kamu tidak perlu khawatir untuk membayarnya, karena UI menyediakan fasilitas untuk memperoleh jurnal secara gratis. Namun, hal yang paling penting adalah kamu harus memperhatikan dan mencatat dengan baik saat dosen menjelaskan agar pengetahuan dasar kamu kuat. Selain dari materi tersebut, saat mendekati ujian kamu bisa belajar juga melalui diktat dan bank soal yang disediakan.

Wah, diktat apatuh?

Jadi, diktat merupakan kumpulan yang berisi soal-soal yang biasa disertai dengan jawaban untuk mata kuliah tertentu dimana soal tersebut biasanya merupakan soal dari tahun-tahun sebelumnya. Nah, dengan kamu mengerjakan dan mempelajari soal-soal ini kamu bisa mengetahui model soal seperti apa yang biasa dikeluarkan.  Membantu banget,kan?

advertisement

Itulah beberapa hal-hal baru yang akan kamu temukan saat kuliah. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik ya!

BACA JUGA: 3 Tips Jalin Pertemanan selama Masa Orientasi Daring

Referensi gambar header: Kuliah pemasaran digital