Gak ada anak UI yang gak tau Barel. Barel atau Belakang Rel adalah istilah untuk menyebut gang kecil nan panjang yang menghubungkan Jalan Margonda Raya dengan UI dengan memotong jalur UI, karena jalurnya emang bener-bener di belakang rel stasiun UI.

Ada yang punya teori bahwa daerah itu sebenernya masih merupakan teritorial kober meskipun beberapa percaya bahwa kober itu daerah seberang Margonda. Ada juga yang menyatakan bahwa resminya Barel itu masih dalam teritori Pondok Cina, as in alamatnya masih termasuk Pondok Cina, Depok. Tapi, kita semua mengenalnya sebagai barel, tempat magis untuk belanja berbagai kebutuhan mahasiswa. Magis? Iya. Coba aja.

BACA JUGA: Untuk Kamu yang Sering Melintasi Gang Sawo/Kober di Belakang Stasiun UI, Apakah Menyadari Hal Ini?

advertisement

 

Toserba of the Century

Ibaratnya, semua dagangan ada di Barel. Mirip kayak pasar malem via klikhotel

Ibaratnya, semua dagangan ada di Barel. Mirip kayak pasar malem via klikhotel

Ya, kamu yang fancy pasti prefer belanja di l’avenue Champs-Élysées di Paris atau Galleria Vittorio Emanuele II di Milan. Namun, magisnya Barel bukan karena fancy dan kawan-kawannya, tapi karena begitu lengkap isinya. Coba sebutin, kamu mau apa?

Fashion? Mereka jual baju, ada yang khusus UI, bahkan bisa pesen di situ sekalian pesen tas, jaket, atau cangkir. Ada jasa laundry yang jual belt, tas, pelindung tas, payung, jam tangan bahkan kacamata.

advertisement

Keperluan akademik? Kamu bisa menemukan buku, apa pun itu untuk keperluan kamu.  Tukang buku sampai hapal kamu butuhnya apa, dan dia hapal hampir segala jenis buku yang dia jual, which is lebih dari ratusan judul. Tempat fotokopi sampe ada empat di jalur itu sendiri, termasuk tempat print dan juga jual peralatan tulis. Apa aja ada!

Aksesoris teknologi? Bung, situ bisa dapet berbagai jenis headset dan earphone, dari yang 15 ribu sampe yang Bluetooth, keyboard dan mouse buat iseng atau bahkan buat gaming, dari mini SD card, flashdisk sampai harddisk sekalipun. Kamu juga bisa dapet aksesoris buat aksesoris kamu. Ada pelindung kabel earphone dan charger dan lain sebagainya. Bahkan ada yang bisa menservis komputer kamu mulai dari masalah baterai sampai ke layar, bahkan harddisk internal juga!

Bahkan ada toko yang jual literally semuanya, earphone-headset-flashdisk-Panadol-Decolgen-lem UHU-spidol-kertas gambar-balon dekorasi-pajangan-alat tulis-tisu, dan, DAAN! Dan mereka bisa transaksi pake kartu kredit. Isn’t that something?

advertisement

 

Live Music

Sambil belanja, sambil dengerin live music

Sambil belanja, sambil dengerin live music

Berawal dari satu-dua pengamen, kemudian jadi ramai. Kamu bisa mendengarkan berbagai lagu, dari dangdut sampai jazz, dari pagi (sekitar pukul 7 mereka udah on air) sampai sekitar pukul sepuluh malam! Ada yang main gitar, harmonica, clarinet, contrabass, bahkan saxophone! Saxophone, Bung. Kamu bisa milih-milih buku atau milih-milih makanan atau sekadar milih mau beli apa, sambil menikmati live music. Dan kalau kamu suka lagunya, kasih lah. Apresiasi.

 

advertisement

Wisata Kuliner

Inilah gerbang utama yang membuat kamu bisa nikmatin banyaknya kuliner di Barel via robincorba

Inilah gerbang utama yang membuat kamu bisa nikmatin banyaknya kuliner di Barel via robincorba

Ada warung nasi, ada restoran padang, ada yang jual berbagai macam sate (udang, bakso), ada yang jual seblak, nasi goreng, donat, kue-kue, gorengan, pempek, kue cubit, somay, batagor, otak-otak, dan lain sebagainya! Nikmatin aja deh itu, kamu kalo ngekos sekitaran situ, kamu bisa milih sesukanya mau beli apa. Awas duit abis dan berat badan naik aja.

 

Outbound

Sesuai dengan namanya, Barel emang dekat dengan rel kereta antara Pocin dan UI via robincorba

Sesuai dengan namanya, Barel emang dekat dengan rel kereta antara Pocin dan UI via robincorbal

 

Ya, tempatnya bisa jadi tempat outbound. Kalau kamu datang ke Barel ketika hujan ataupun setelah hujan, itu tempat akan menjadi ajang buat kamu untuk menikmati outbound grtis. Well, berkat ada pembangunan dari PT KAI di deket Barel situ, dan betapa penuhnya barel ketika jam-jam tertentu, Barel bisa dibilang telah berubah menjadi arena haling rintang ala gameshow klasik Jepang, Benteng Takeshi. Ya, selamat bersenang-senang belanja di sana!

Gimana, ada hal lain yang belum disebutin tentang Barel, atau mau memperkenalkan Barel pada dunia? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line!