Hal-Hal yang Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif Selama Liburan Semesteran!

Gimana sih biar ga gabut pas liburan semesteran namun bisa tetap nyantai? Yuk lakukan hal-hal ini yang bisa kamu lakukan demi mengisi waktu luang biar makin lebih produktif!


0

Halo Anak UI! sekarang dah masuk liburan semester ya? Bagaimana nilai SIAK nya aman kan? Yaudah lah ya, apapun hasilnya disyukuri aja, bagaimanapun juga itu hasil perjuangan kita selama kuliah, apresiasi diri sudah berhasil melewati dan ga menyerah, sampai akhirnya satu semester telah terlewati.

Memasuki masa liburan semester gini kamu biasanya ngapain? Kadang karena lamanya waktu liburan suka ngerasa gabut dan ngga ngapa-ngapain ga sih? terus karena udah kelamaan gabut pas masuk kuliah lagi jadi mager dan kaget menghadapi kesibukan kuliah. Nah, biar kamu ga merasa gabut-gabut amat pas liburan dan bisa tetap nyantai berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan demi mengisi waktu luang menjadi lebih produktif.

1. Mengembangkan Hobi

Kamu bisa menyibukkan liburan dengan melakukan hal-hal yang kamu suka, mulai dari hobi atau passion yang mau kamu tekuni. Kalau selama perkuliahan kamu disibukkan dengan hal-hal yang terlalu akademis sehingga membuat kamu ga bisa mengembangkan hobi tersebut, ide bagus bukan kalau kamu melakukannya sekarang? Kalau dulu, penulis suka menyibukkan diri pas liburan dengan memasak sama melukis. Kalau kamu apa?

Saat liburan, mengembangkan hobi bisa jadi lebih maksimal, dengan waktu luang yang cuku banyak kita bisa serius menekuni hobi. Penulis ingat dulu saat liburan bisa asik nyobain banyak resep-resep makanan dari yang asin sampe manis, dari makanan Indonesia, western, dan lain-lain.

Apalagi sekarang kan masa transisi dari semester genap ke ganjil, jadi waktu liburnya lebih panjang daripada semester ganjil ke genap, gunakan waktu libur sebaik mungkin. Kalau kamu hobinya rebahan, coba deh baca artikel tentang rebahan ini.  Selain menjalani hobi yang kamu suka, penting juga untuk memilih hobi yang bisa buat kamu produktif dengan menghasilkan karya.

Waktu itu penulis pernah menyibukkan liburan semesteran dengan melukis banyak gambar, penulis puas-puasin untuk melakukan hal tersebut, karena kalau sudah kuliah, tahu bakal nggak sempet lagi ngelukis atau masak-masak. Boro-boro ngelakiin hobi, kadang waktu tidur aja dikorbanin buat menyusun laprak.

Kamu juga bisa mengembangkan minat kayak misalnya kamu bisa belajar bahasa asing, belajar public speaking, cari-cari video motivasi untuk pengembangan diri dan lainnya. Intinya, jangan buat liburan kamu sia-sia.

2. Ikut Webinar Gratis

Sumber: facebook.com

Selama liburan, kamu juga bisa loh memanfaatkan waktu dengan ikut webinar-webinar yang kamu suka. Nggak mesti webinar yang tema nya berat, ikut aja yang kira-kira bisa bikin kamu nyaman. Dengan ikut webinar kayak gitu kan kamu bisa dapet ilmu baru, perspektif baru, dan bisa ketemu orang yang keren-keren.

Kadang ketemu orang yang keren bisa bikin kita terinspirasi melakukan hal hebat juga bukan? Kamu bisa dapet insightinsight baru deh. Ikut webinar juga banyak manfaat nya selain praktis, kamu ga mesti keluar rumah, banyak juga webinar yang gratis jadi kamu bisa lebih hemat. Kalau menurutmu webinar durasinya telalu lama dan ngebosenin, kamu bisa mulai dengan video-video inspiratif pendek kayak TedEx talks, satu persen, kok bisa dan lainnya.

3.Cari Info Lomba atau Beasiswa

Sumber: twitter.com

Kalau kamu anaknya suka tantangan, kamu bisa challenge dirimu sendiri dengan ikut lomba-lomba. Banyak kok informasi tentang lomba-lomba gratis yang berskala lokal atau internasional. Cek aja di Google pasti banyak deh. Selain buat pengembangan diri, kalau menang kan lumanyan dapet hadiahnya, ya ngga? Lomba-lomba nya juga ga mesti hal-hal yang berkaitan dengan akademis, kamu bisa ikut lomba yang berkaitan dengan hobi mu lomba nyanyi, lmba bikin puisi, lomba bikin esai, dan lainnya.

Kalau kamu mint ikut beasiswa, cari-cari info nya pas liburan juga bisa jadi alternatif demi memanfaatkan waktu libur dengan baik. Setelah cari-cari info, kamu bisa nyiapin diri lebih baik deh biar bisa lolos jadi beswan. Kalo ada yg tau info-info tentang lomba atau beasiswa bagus bisa banget spill di kolom komentar!

Lewat artikel ini penulis mau ngajak biar kita bisa lebih memanfaatkan waktu dengan baik, walaupun liburan tapi jangan sampai kita melakukan hal-hal yang sia-sia.

Sebenernya artikel ini juga jadi self reminder penulis untuk selalu meghargai waktu dan ga males-malesan. Kalau udah terbiasa ga ngapa-ngapain selama liburan biasanya bawaannya jadi mager pas mulai kuliah lagi, ya ga sih? Jadi biar ga ngerasa gabut banget selama liburan, seenggaknya ada hal-hal produktif yang dilakukan selama jeda waktu kuliah.

Istirahat emang penting banget pas liburan, karena aku tau capeknya kuliah dan pas libur pengennya ga ngapa-ngapain… tapi kalo dipikir-pikir lagi, karena waktu liburannya panjang, sayang aja kalo ga dimanfaatkan sebaik-baiknya. Istirahat sambil ngelakuin hal produktif selama liburan bukan hal yang buruk, kan? karena hidup itu harus balance 🙂

BACA JUGA: 4 Tips Tetap Stunning meskipun Magang di Rumah


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply