Hal-hal yang Gue Harap Gue Ketahui Sebelum Memasuki Tahun Terakhir di UI


0

Semester akhir perkuliahan. Harus belajar di rumah, pula. Gak bisa ketemu teman-teman dan dosen seperti layaknya semester-semester yang lalu. Bukan hanya kangen karena gak bisa ketemu secara langsung dengan mereka yang mewarnai kehidupan gue selama di UI, tapi juga kangen merasakan dinamika kehidupan mahasiswa yang dulu sempet gue anggep melelahkan. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Pandemi COVID-19 ini belum juga menunjukkan kapan selesainya. Menyesali hal-hal yang udah terjadi dan gak bisa diputar lagi mungkin hanya menjadi sesuatu yang sia-sia. Sekarang lebih baik fokus pada masa depan.

Tapi…

Ternyata ada beberapa hal yang mungkin, gue harap gue ketahui sebelum gue memasuki tahun-tahun terakhir gue di UI. Hal-hal yang mungkin bisa temen-temen yang masih duduk di semester-semester awal perkuliahan lakukan, sebelum memasukin semester akhir dan harus fokus pada skripsi dan dunia kerja. Kira-kira apa aja sih hal-hal yang we wish we knew before tersebut?

Ikut Organisasi Maupun Kepanitiaan Tingkat UI

Serius deh. Mungkin beberapa dari kalian ada yang merasa ‘mager’ buat ikut kepanitiaan apalagi organisasi yang skalanya UI. Mungkin males saat harus ikut rapat dan rapatnya diadain di fakultas lain yang jauh dari fakultas dan kost-kostan kalian. Itu hal yang wajar sih, dan gue sempet merasakan capeknya ikut organisasi yang mewajibkan gue untuk rapat di malam hari dan di tempat yang lumayan jauh dari fakultas gue. Tapi dibalik itu semua, gue merasa bersyukur. Lewat organisasi tersebut gue punya banyak kenalan baru. Kenalan baru ini berguna banget lho. Dari mereka gue dapet berbagai info soal lowongan magang, lomba, bahkan berkali-kali bisa minta mereka untuk jadi partisipan gue

Manfaatin Fasilitas UI 

Banyak lho dari temen-temen gue yang belom pernah sama sekali minjem buku di perpusat, padahal udah 7 semester kuliah di UI. Mereka bahkan banyak yang belom tahu fasilitas lainnya seperti berobat gratis di Klinik Satelit Makara UI. Hal ini juga yang gue seselin. Gue baru tahu kalau ternyata berobat di Klinik Satelit Makara itu prosedurnya sangat gampang, dan GRATIS di semester 5. Telat banget, kan? Oh ya, terlebih lagi karena sekarang semuanya serba online, UI lebih banyak lagi nih ngasi fasilitas lain buat temen-temen mahasiswa. Mulai dari akses untuk online course gratis di DataCamp, akun premium di Grammarly dan juga Canva, dan masih banyak lagi! Stay updated ya temen-temen!

Ikut kegiatan Volunteer!

Salah satu pengalaman yang gue rasa gue skip banget adalah gue gak pernah merasakan serunya kegiatan volunteering kayak temen-temen gue yang lain. Gue akuin sih, ini kesalahan gue, karena kurang update dan terlalu banyak pertimbangan ini itu. Padahal sih YOLO, iya gak? Buat temen-temen yang masih kuliah apalagi yang masih semester-semester awal, boleh banget dari sekarang nyari-nyari info tentang kegiatan volunteer.

BACA JUGA: Mengapa Kalian Harus Coba Ikut Kegiatan Volunter Minimal Sekali Seumur Hidup

Banyakin Penelitian

Sorry kalau kedengeran sok pinter, hehehe. Tapi menurut gue, salah satu penyesalan terbesar gue adalah gue yang gak pernah mencoba untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah gue ke forum-forum disiplin ilmu gue. Sayang banget kan? Padahal ini, penelitian ini bisa berguna saat kita daftar beasiswa untuk S2 dan S3 nanti

BACA JUGA: 10 Hal Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Yang Menjadi Asisten Penelitian

Jadi AnakUI itu bukan hanya status, tapi keseluruhan

Saat pertama kali gue keterima di UI, otomatis rekan-rekan dan orang-orang yang ada di sekitar gue menganggap gue hebat. Padahal, gue sendiri belom memulai perkuliahan. Seiring berjalannya hari, dan gue ketemu dengan banyak AnakUI lainnya, gue sadar bahwa gak sedikit dari mereka yang jadiin status AnakUI sebagai ajang gengsi-gengsian doang. Mereka gak punya kontribusi apa-apa untuk UI, bahkan mungkin gak sedikit dari mereka yang gak punya kontribusi apa-apa untuk dirinya sendiri.

Bangun relasi dengan SEMUA warga UI.

Punya temen dari lain fakultas mungkin hal yang biasa (tapi menurut gue tetep amat sangat berguna), tapi gak hanya itu. Pernah gak sih kalian mencoba untuk bangun relasi dengan SEMUA warga UI? mulai dari dosen, petugas keamanan dan kebersihan, sampai pedagang-pedagang di kantin fakultas lain. Buat apaan emangnya? Percaya deh, mungkin nanti ada satu atau dua hal yang bikin kamu sadar kalau mereka itu ternyata penting banget. Dulu, temen gue ada yang cukup akrab saat pedagang di kantin fakultas lain. Suatu hari, doi pernah ketinggalan laptopnya saat lagi makan di kantin tersebut, dan untungnya tuh laptop bisa balik lagi dengan aman ke tangannya karena bantuan pedagang kantin tersebut.

Hmm.. emang perlu sih, tapi gimana caranya? Apalagi untuk bangun relasi dengan dosen lain fakultas? Terus manfaatnya apa?

Menurut pengalaman gue, dengan lo ikut kepanitiaan atau UKM tingkat UI, secara otomatis biasanya lo kenal satu-dua dosen dari fakultas lain. Kok bisa? Ya bisa dong! karena biasanya di suatu kepanitiaan maupun UKM, mereka dibina oleh dosen-dosen dari suatu disiplin ilmu tertentu. Nah dengan kalian kenal dan punya relasi dengan mereka (apalagi terbukti hasil kerja lo bagus), lo bisa aja minta surat rekomendasi dari mereka saat lo mau melanjutkan studi ke luar negri.

Jelajahi Lingkungan UI 

Mungkin ini kedengaran cliche sih, tapi percaya deh. Ini benar-benar sangat berguna. Buat kalian yang sempet  punya waktu luang di antara jam kosong, coba manfaatin waktu ini untuk jalan kaki keliling UI. PANAS WOYYY  ya emang iya panas. Tapi kalian bisa pake payung dan sunscreen untuk proteksi diri. Atau mungkin pilih waktu yang agak pagian. Kalian bisa banget keliling daerah Barel, Kutek, Kober, Pocin, dan daerah-daerah lainnya untuk sekedar tahu aja rute-rute perjalanan dan makanan enak apa yang bisa kamu temui di daerah situ. Sekalian olahraga juga lah~

Kira-kira.. segitu dulu Things That I Wish I Knew Before Graduating From UI. Hal-hal tersebut menurut gue sangat esensial dilakukan selama masih menjadi anakUI. Kalau menurut kalian gimana?

[zombify_post]

Referensi gambar header: Facebook Jeric R Rivas


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy

Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader.

0 Comments

Leave a Reply