Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Diterima Jadi Maba UI

Halo, adik-adik yang baru aja ganti status dari Camaba jadi Maba! Gimana? Udah puas mantengin situs pengumumanya? Udah puas ngeliatin warna ijo-ijo yang bertuliskan Selamat! Kamu diterima di Program Studi blablabla? Nah, abis itu mau ngapain? Ga tau kan? Daripada kelamaan bingung dan ga punya tempat untuk berpegang tangan, jadi langsung baca aja yuk! Jadi, apa sih yang harus kamu lakukan ketika diterima jadi Maba UI?


0

Halo, adik-adik yang baru aja ganti status dari Camaba jadi Maba! Gimana? Udah puas mantengin situs pengumumanya? Udah puas ngeliatin warna ijo-ijo yang bertuliskan Selamat! Kamu diterima di Program Studi blablabla? Nah, abis itu mau ngapain? Ga tau kan? Daripada kelamaan bingung dan ga punya tempat untuk berpegang tangan, jadi langsung baca aja yuk! Jadi, apa sih yang harus kamu lakukan ketika diterima jadi Maba UI?

 

1. Bersyukur

Prayer
Bersyukur (sumber)

Wah, ini yang paling pertama harus kamu lakukan karena telah diberi anugerah yang luar biasa, dapat menjadi bagian dari civitas academica Universitas Indonesia. Hal ini berarti kamu merupakan satu dari sekian banyak pesaing kamu di luar sana yang terpilih. Jangan lupa bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah diberi kesempatan ini, dan jangan sombong-sombong juga ya! Cukup bersyukur dan pamer-pamerin screenshot hasil pengumumannya untuk diri sendiri, Tuhan, keluarga terdekat, dan sahabat aja. Tetap menjaga perasaan orang lain ya adik-adik!

Oh iya, yang punya janji kalo masuk UI juga silahkan ditepatin, ya! Misalnya, kalo masuk UI kamu bakalan manjat gedung Rektorat dan ngibarin bendera bergambar muka kamu di atas sana, silahkan lakukan. Jangan sampe kamu lupa menepati janji-janji tersebut yang kemudian menjadi penghalang kamu untuk menjalani kehidupan kuliah ke depannya. Waduh, serem amat kak…

 

2. Siapin Mental

OKK-UI
OKK UI (sumber)

Ini juga nih. Bukan berarti kamu nyiapin mentalnya untuk hari-hari menjelang pengumumannya aja, tapi juga setelah buka dan tau hasilnya. Kenapa? Karena kan kamu tahu sendiri, kehidupan kuliah itu sama sekali tidak sama dengan kehidupan SMA, ihik ihik. Tapi tenang aja kok, ga seserem itu, emang jauh beda sih tapi ya jalanin aja. Pokoknya harus banyak-banyak sabar dan nahan emosi, ya!

 

3. Berburu Tempat Tinggal

30042011(002)
Kost (sumber)

Buat kamu yang domisili rumahnya jauh dari UI, mending cepet-cepet deh tuh cari kostan atau yang anak daerah bisa asrama aja biar sehat selamat sejahtera sentausa. Ga usah khawatir, karena kostan di sekitaran UI itu bejibun, udah saingan sama 711.

Buat kamu yang diterima di FT, FE, dan Vokasi, kamu bisa cari-cari di Kukusan Teknik (Kutek), itu lokasinya tinggal nyebrang dari depan FT dan… Voila! kamu akan menemukan pemukiman yang aduhai. Selain itu juga ada tetangganya Kutek, yaitu Kukusan Kelurahan (Kukel), letaknya di deket Vokasi.

Nah, kalo kamu diterima di rumpun kesehatan dan MIPA, kamu bisa cari-cari di Pondok Cina (Pocin) yang deket stasiun itu. Yang paling deket dengan peradaban nih, ada di Belakang Rel (Barel), direkomendasikan untuk kamu yang diterima sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Hukum. Dan jangan khawatir kalo ga mau ngekost dan mau lebih high class, ada dua apartemen di deket UI kok; Margonda Residence dan Taman Melati. Yuk Dipilih!

Oh iya, kalo kamu udah nyari-nyari semua kostan tapi penuh di mana-mana, mungkin itu dikarenakan ada mahasiswa tingkat akhir yang masih menghuni kost tersebut. Tenang aja, Agustus nanti Wisuda kok! Jangan bersedih, silahkan coba lagi.

 

4. Jalan-Jalan!

rektorat_ui_by_viewfromhell-d59mj3m
Rektorat UI (sumber)

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Jadi, biar kamu semua pada sayang dengan Universitas Indonesia ini, sudah sepatutnya kamu menelusuri seluk beluk dan tempat-tempat hitz di UI ini. Biasanya sih ya, Maba-Maba lucu gitu masih segan untuk mengunjungi fakultasnya sendiri dan berjalan-jalan di sana, karena takut sama senior or everything else. Padahal mah ga apa-apa kali selama kamu ga pake seragam SMA dan ga bawa rombongan kayak anak TPA manasik haji.

Santai aja, di dunia perkuliahan ini sangat sulit membedakan jumlah semester seseorang berdasarkan bentuk wajahnya. Tempat yang biasa dikunjungi Maba adalah depan Rektorat, entah buat foto-foto atau wall climbing di sana; Tamling Perpusat, buat duduk-duduk lucu; MUI buat sholat; dan yang tidak boleh ketinggalan sebagai pemadam kelaparan adalah Tenda Biru, tempat makan yang super duper meriah tapi ya gitu.

 

5. Siapin Berkas

archive
Archive (sumber)

Pasti ini diperlukan untuk administrasi, pendaftaran ulang, dan sebagainya. Intinya sih siapin aja dari sekarang kayak ijazah, SKL, akta kelahiran, KK, atau bahkan untuk yang mau mengajukan keringanan bisa udah mulai dicari berkas-berkas seperti slip gaji orang tua, rekening listrik, air, dsb. Untuk lebih lengkapnya nanti akan dikasih tahu kok.

 

6. Siapin Kuota

using-connected-devices-smartphone-tablet
Gadget (sumber)

HOI! HOI! HOI! HOI! Bukan kok, bukan k-uota yang itu yang dimaksud. Maksudnya ini adalah hal yang wajib, kudu, harus, mesti kamu siapin. Biasanya, setelah kamu diterima jadi mahasiswa UI, pasti akan ada kakak-kakak yang menghubungi kamu entah dari twitter, SMS, ataupun Facebook untuk memberikan informasi-informasi mengenai segala macam hal terkait dengan penerimaan mahasiswa baru. Hayo mau ngapain tuh?

Saran dari kita sih gerak cepet aja biar ga ketinggalan info, kalo ada invitation group ya langsung accept aja karena di situ kamu akan nambah temen dan akan mendapatkan berbagai macam informasi yang penting banget. Jangan heran kalo abis pengumuman dan kamu diterima, jumlah grup di LINE ataupun Facebook kamu akan nambah banyak, mulai dari grup jurusan, fakultas, alumni SMA, sampe paguyuban. Biasanya, grup baru itu ga manusiawi banget, ditinggal 5 menit aja chatnya bisa sampe 999+. Jadi, penting banget nih buat kamu standby kuota internet dan pantengin LINE serta Facebook!

 

7. SKSD

SKSD (s
SKSD (sumber)

Udah deh, malunya disimpen dulu, gengsinya disimpen dulu. Ga ada lagi malu-maluan dan gengsi-gengsian kalo mau dapet temen banyak dan ga mau ketinggalan informasi. Lebih enak lagi kalo kamu nemu temen TK, SD, SMP, temen les, tetangga, pokoknya yang udah kamu kenal deh. Sok-sok kenal kadang ada positifnya juga loh, kamu bisa dapet temen duluan sebelum ketemu langsung. Ga apa-apa awkward dulu, yang penting dapet temen dan ga mati gaya. Prinsip!

Gimana, udah siap menjejaki fase baru dalam kehidupan kamu? Yaudah yuk, sekarang puas-puasin aja dulu mengenang masa-masa SMA dan ketemu temen-temen yang sebentar lagi merantau nan jauh di sana. Karena, kesibukan dan jadwal kalian akan berbeda pula. SELAMAT DATANG DI KAMPUS PERJUANGAN!

KEPAL JARI-JARI TINJU. UI-UI KAMPUSKU. BERSATU ALMAMETERKU! UI!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
hendrifhrz

One Comment

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals