Hati-Hati Penipuan Berkedok Hadiah Gratis di Mall! (Esp. Detos)

Gue mau share aja, ini terjadi deket kampus kita. Kalo ada aktivis ato anak BEM yang baca, mungkin bisa angkat kasus ini di BEM dan mengkomunikasikan ke pihak manajemen Detos untuk mengambil tindakan, karena denger-denger udah banyak laporannya.. Kasian kalo temen-temen kita jadi korban, terutama maba dari daerah yang masih polos-polosnya….bisa gawat.

Silakan membaca, semoga bisa mengambil hikmahnya.

_________

As posted in my BLOG.

Hari ini gue nyaris kena tipu. ..Pengalaman pertama gue nemu kayak beginian secara langsung.

Gue mau ngingetin lo semua, pokoknya hati-hati deh kalo di mall ada yang nawarin brosur undian hadiah gratis, jangan langsung tergiur, bisa ketipu mentah-mentah. Inget, selalu waspada! Kejahatan ada di mana-mana.

Jadi gini ceritanya, hari ini gue abis datengin suatu acara di kampus, abis itu pulangnya gue mampir dulu ke mall Detos (Depok Town Square), kebetulan sorenya mau ketemuan sama temen di sana. Terus di Lower Ground, pas gue mau ke Hypermart lewatin deretan petak-petak toko deket foodcourt LG itu, ada mbak-mbak nawarin brosur undian hadiah gratis…. Dengan super heboh gitu. Kira-kira begini percakapan yang terjadi:

Ayo lanjutin baca!Mbak-mbak heboh (MMH): Mbak, mbak, mau dapet hadiah gratis ga? Udah pernah ikut belum sebelumnya? Nih ada beberapa nomor sama nomor undian tinggal dibuka, kalo cocok berarti menang. Nih ya Mbak saya bukain.. Eh yang ini rusak. Ganti yang ini aja ya, coba saya bukain ya.. *Tiba-tiba nyamperin dan langsung nyerocos tentang hadiah*

Gue (G): *Kaget karena tiba-tiba ada yang nyamperin terus nyerocos tentang hadiah* Hah? I..iya..

MMH: Nah, tuh nomornya mbak, ada yang cocok ga? Coba liat ada yang cocok ga? *Heboh sendiri*

G: Iya..ada tuh nomor yang sama. *Masih kaget*

MMH: Oh selamat berarti mbak menang, sini mbak ikut saya.. *Ngeloyor ke toko*

Terus gue diajak ke tokonya dia, salah satu petak toko di antara deretan toko yang ga berpenghuni di lantai LG Detos itu. Nyampe situ, gue langsung disapa terus dikasih selamat udah menang hadiahnya, terus nanya-nanya udah pernah dapet apa belum sebelumnya, sambil minta KTP gue. Gue bilang aja belum, terus gue tunjukin KTP gue. Jujur gue masih kaget dan agak-agak ngelag gara-gara si mbak-mbak yang heboh sendiri tadi -__- Jadi gue nurut-nurut aja.. Eh terus KTPnya dia ambil, katanya mau dicek beneran belum pernah dapet hadiahnya apa belum. Sambil dicek KTPnya gue sambil diajak ngobrol, dijelasin mekanisme pengambilan hadiahnya. Gue sempet sesekali nengok gitu ngecek, jangan-jangan KTP gue diapa-apain.. tapi tadi seliat gue sih cuma lagi dipegang sambil diliat-liat gitu. Semoga aja beneran dia ga nyatet macem-macem. Again, gue masih kena shock effect gara-gara si mbak-mbak heboh tadi. -__-

Intinya gue langsung dijelasin mekanisme menang hadiahnya, ribeeeeeeeeet banget dia jelasin panjang lebar ga jelas, padahal intinya udah menang hadiah, terus buat dapetin hadiah kita tinggal ngambil amplop, entah dapet hadiahnya yang mana, tapi bisa jadi dapet hadiah tambahan yang mesti blablablablablablablablabla pokoknya dia jelasin ribet banget. Hadiah-hadiah tambahannya ini cukup menggiurkan, ada TV, handycam, laptop (katanya bisa milih Toshiba atau Apple), foot massager, dll. Tapi dia bukannya fokus ke hadiah gratisnya malah sibuk jelasin tentang hadiah tambahannya. Gue males nulis detailnya, abisnya sumpah dia jelasin ribet, panjang banget, gue sampe bosen sendiri dia ngejelasin mulu dengan cara yang ga sederhana, kapan gue ngambil hadiahnya nih?

Terus tau-tau katanya sebelum ngambil amplop itu gue mesti ngisi formulir gitu, data diri biasa sih, nama no.telp alamat dsb.. Tapi terus gue heran, lah gue belom juga ngapa-ngapain, kenapa gue mesti ngisi formulir? Kenapa ga belakangan aja pas udah dapet? Dia ngototnya itu buat arsip dia, biar kalo udah pernah dapet ga bisa dapet lagi.. Nah tapi kan bisa diisi abis ambil amplop dan ketauan hadiahnya apa? Tapi terus kata dia belum bisa karena terkait dengan hadiah tambahan yang mungkin didapet blablablabla.. Terus gue tetep ngotot formulirnya bisa diisi setelah ngambil amplop.. Dan dia balik ngotot kalo itu udah prosedur di perusahaannya mesti ngisi formulir dulu.. Terus mereka bilang mereka ga maksa, untuk ngambil hadiah ini ga ada paksaan apa-apa, tapi harus ngikutin prosedurnya..

Akhirnya gue mulai males. Ini orang ngapain si ngotot-ngotot mesti ngisi formulir dulu, orang gue belom ngapa-ngapain juga.. Ntar data gue diapa-apain lagi. Gue mulai makin waspada. Gue ngeliatin ke seluruh isi tokonya.. Gue nanya-nanya emang ini toko dibuka dari kapan, kantor pusatnya dimana, dll.. Dia bilang tokonya baru buka tiga hari. Gue liat tokonya sama sekali belom ada dekorasi apa-apaan, cuma spanduk nama perusahaan sama apanyaa gitu. Terus cuma ada meja, etalase, dan rak-rak yang dijejerin produk-produk elektronik hadiahnya gitu.

Gue liat spanduknya, namanya kalo ga salah “PT. Luxindo Pratama Sales & Service”. Terus gue liat logonya kok kayaknya familiar.. Terus gue coba aja Googling nama perusahaannya, lokasinya, dll.. Dan ga nemu tuh perusahaan dengan nama itu dan lokasi kantor di daerah itu. Terus beberapa saat setelah itu gue juga baru nyadar. Logonya itu…ngejiplak logonya band Linkin Park! Sumpah!

Logo Linkin Park yang ini! Tapi dia dimodif jadi bolongnya di samping.

Ah, fix ini sih penipuan!

Udah tau gitu, gue sok-sok nanya, “Jadi saya ga boleh nih ngambil amplop dulu baru ngisi formulir?” Mereka masih ngotot ga boleh karena udah prosedurnya kayak gitu. Terus yaudah deh gue bilang, “Yaudah ga usah deh, makasih.” Dan langsung cabut sambil kesel setengah mati. Buang-buang waktu gue aja! Dasar. Kok belom ditangkepin ya orang-orang kayak gitu.

Nah, makanya nih, ibu-ibu, adek-adek, kakak-kakak, siapapun juga, hati-hati deh kalo di mall ditawarin hadiah gratis atau apapun itu. Jangan gampang tergiur, selalu waspada, jangan gampang percaya orang. Sekarang orang itu nyuri ga terang-terangan lagi, banyak banget modusnya, salah satunya lewat hadiah gratis begini. Lengah dikit, bisa aja ketipu. Lumayan duit 300-500 ribu bisa melayang kalo kena modus kayak gini. Saran saya, kalau nemu yang kayak gini, coba cek dan ricek alias lakukan background check dulu asal usul lembaga/perusahaan yang ngasih/nawarin hadiahnya. Minimal cari lah di Google nama perusahaannya. Kalo di luar negeri mungkin penipu atau conman gitu udah pada bisa bikin website, jadi background checknya mungkin lebih sulit. Tapi untungnya penipu-penipu di Indonesia belum expert-expert amat. Jadi kalo gak nemu nama perusahaannya di internet, 90% lebih kemungkinan mereka itu penipu.

Jadi…ingat! Selalu waspada di manapun Anda berada. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dari akal bulus setan yang terkutuk.

 

4 thoughts on “Hati-Hati Penipuan Berkedok Hadiah Gratis di Mall! (Esp. Detos)”

  1. ibu saya jg pernah dapet undian2 kayak begini, di bilang hadiah gratis pas awal2 bilang nya. ehh akhiran nya disuruh bayar 2 juta -_-

    Reply
  2. adek kelas saya yang kebetulan masih maba juga pernah dapet kaya gitu. tapi, yang kena temennya. tapi, mungkin agak sedikit beda modusnya. disitu, dia udah bayar. tapi, gara-gara ditelpon ortunya dia ga jadi ambil. eh, uangnya ga bisa diambil. barangnya juga. kalo aku juga pernah. tapi, gatau itu penipuan atau bukan. soalnya, dia bilang di margo lagi ada pameran perusahaannya. mungkin aja bener. tapi, ya karena uang lagi cekak jadi ga tertarik dah.

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA