Hai, anakUI! Ingat nggak, kalau kita pernah bahas tentang rasa kesepian atau loneliness di sini? Nah, hari ini kita akan bahas mengenai kesehatan mental lagi, dan kali ini mengenai cara menjaganya: yaitu dengan bermain dengan hewan peliharaanmu di rumah. Wah, ternyata hewan peliharaan bisa membantu jadi “obat” bagi masalah kesehatan mental kita seperti kesepian di tengah-tengah #dirumahaja, ya? Yuk kita bahas sama-sama.

Masalah Kesehatan Mental terhadap Kaum Muda

Masalah kesehatan mental dapat terjadi pada siapa saja dan karena banyak hal yang berbeda-beda. Misalnya, seperti ketika merasa sendirian dan merasa ditinggalkan oleh teman-teman dan orang-orang di sekeliling kita di masa pandemi ini, sehingga timbul rasa kesepian. Bisa juga, merasa tidak berguna karena tidak bisa menguasai matakuliah tertentu atau IPK yang tidak kunjung membaik. Masalah pribadi seperti putus cinta, masalah keluarga juga bisa memicu timbulnya masalah kesehatan mental, loh.

Beberapa masalah kesehatan mental atau mental health problems yang bisa terjadi dari kesepian adalah depresi dan risiko bunuh diri, loh. Bahkan, data dari Riskesdas (2013) di Departemen Kesehatan RI (2016) mengatakan bahwa jumlah masalah kesehatan mental emosional seperti tanda-tanda depresi dan ansietas yang terjadi pada umur 15 tahun keatas mencapai 14 juta jiwa atau 6% dari populasi Indonesia. Serem, ya.

advertisement

Terus, kesehatan mental dan hewan peliharaan hubungannya apa?

Masalah keseharan mental bisa terjadi pada siapa saja, termasuk di usia muda. (Source: Positiveroutines)

Kesepian tidak bisa kita biarkan begitu saja karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Maka, kesepian harus diatasi baik dengan bertemu, melakukan kontak sosial dan berhubungan dengan orang lain. Masalahnya, masa-masa pandemi ini pasti menyulitkan kita untuk bertemu dengan orang lain. Nah, selain bertemu dengan manusia, ternyata hewan peliharaan juga dapat membantu kita mengatasi kesepian dan meningkatkan kesehatan mental kita loh, dan hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa eksperimen. Berikut ini ada hal-hal yang bisa dilakukan peliharaan kita untuk memulihkan kesehatan mental kita dan menghindarkan dari masalah kesehatan mental (Therapy Pet Organization, 2017):

1. Memberikan Rasa Tanggungjawab

Memberi makan hewan peliharaan membuat kita merasa memiliki tanggung jawab. (Source: Advantage Petcare)

Mungkin banyak yang gak mau memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing karena “gak mau repot”. Males kasih makan, males memandikan, membersihkan kotoran, dan sebagainya. Namun ternyata banyak ahli yang mengklaim bahwa memberikan rasa tanggungjawab dapat membantu menjaga kesehatan mental seperti memberikan tujuan akan hari-hari seseorang. Dengan adanya tujuan tersebut, seseorang akan merasa bahwa dirinya dibutuhkan dan memiliki tujuan hidup, sehingga memiliki semangat untuk tetap hidup demi hewan peliharaannya. Gak hanya untuk pemuda, hal ini juga berguna banget untuk para lansia yang semakin tua semakin merasa tidak dibutuhkan, karena dengan adanya hewan peliharaan mereka akan merasa dibutuhkan, loh.

2. Berdampak Baik Pada Kesehatan

Menurut riset, memelihara hewan peliharaan dapat berdampak baik kepada kesehatan seperti mengurangi stress, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan hormon-hormon baik yang meningkatkan perasaan bahagia seperti hormon endorfin. Banyak loh, yang mengatakan bahwa mengelus hewan peliharaan atau memeluk hewan peliharaan membuat mereka merasa bahagia dan menurunkan stress mereka. Selain itu, bermain bersama hewan peliharaan juga dapat menghindari kita dari stress karena mengeluarkan hormon oksitosin, loh.

advertisement

3. Memberi Perspektif Baru

Dengan memelihara hewan peliharaan, kita bisa memperoleh perspektif baru dalam kehidupan. Untuk orang-orang yang putus asa, mereka akan dapat merasakan dicintai dan akhirnya dapat memiliki perspektif baru dalam kehidupannya.

4. Memberi Rasa Cinta dan Penerimaan

Cinta dari hewan peliharaan merupakan cinta yang tulus. (Source: Contxto)

Hewan peliharaan kita mencintai kita tanpa alasan dan menerima kita apa adanya tanpa menghakimi. Dengan rasa cinta dari peliharaan, seseorang dapat terhindari dari rasa terasingkan dan rasa kesepian, loh. Cinta dari hewan peliharaan juga dapat menghindari kita dari ansietas atau kecemasan berlebihan dan stress.

5. Distraksi yang Baik

Pernah merasa khawatir  karena banyak banget hal yang dicemaskan dan dipikirkan, atau memiliki pengalaman yang traumatis dan sulit dilupakan? Hewan peliharaan bisa membantumu melupakan sejenak akan hal-hal yang membuat pikiranmu penuh dan cemas, melalui bermain bersama dan berjalan-jalan bersama loh! Dengan begini, seseorang dapat pulih dari pengalaman yang traumatis atau bahkan depresi.

advertisement

***

Bisa dilihat kan, betapa bermanfaatnya memelihara hewan peliharaan untuk kesehatan mental kita? Namun diingat juga ya, bahwa hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang butuh disayangi dan dirawat dengan baik. Sayangi hewan peliharaanmu seperti mereka menyayangimu, ya!

Referensi

advertisement

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016, October 6). PERAN KELUARGA DUKUNG KESEHATAN JIWA MASYARAKAT. Retrieved from http://www.depkes.go.id/article/print/16100700005/peran-keluarga-dukung-kesehatan-jiwa-masyarakat.html

Nurlayli, R. K. (2014). KESEPIAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN YANG TINGGAL TERPISAH DARI KELUARGA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Vol. 02 No. 01.

TherapyPet. (2017, February 28). 5Ways Pet Relieve Depression. Retrieved from TherapyPet: https://therapypet.org/blog/5-ways-pets-relieve-depression/

Gambar header. Selain lucu, hewan peliharaan ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mental. (Source: The Conversation)