Hey Anak UI, Ini 4 Pemikiran Kritis Yang Membuat Kamu Tercerahkan


0

Halo para pencari kebenaran kali ini gua akan memberikan empat hasil perenungan gua yang akan membuat kalian tercerahkan dan akan membuat kalian merasa bodoh selama ini, kalian akan tercerahkan dengan 4 pemikiran kritis ini sehingga kalian akan merasa menjadi Albert Einstein hehehe, Mau tau apa aja 4 pemikiran kritis itu ? Yuk Simak Penjelasannya

1. Matahari Akan Terbit di Hari Esok?

Matahari terbit (sumber: pinterest.cl)

Kamu semua pasti percaya jika matahari akan terbit di esok hari, jika ada seseorang yang mengatakan matahari tidak akan terbit esok hari pasti kamu akan menganggap pernyataan itu salah atau kamu menganggap orang tersebut gila. Tetapi sebenarnya apa dasar rasional untuk kita percaya jika matahari akan terbit di esok hari ? Apa karena kita selalu melihat matahari terbit sehingga kita berasumsi matahari akan terbit juga di esok hari?

Sebenarnya tidak ada alasan rasional untuk mempercayai bahwa matahari akan terbit di esok hari, kepercayaan kita akan pernyataan matahari akan terbit di esok hari hanyalah karena faktor kebiasaan persepsi kita. Jadi karena dari dulu sampai sekarang kita selalu terbiasa melihat matahari terbit maka kita secara psikologis berharap bahwa matahari akan terbit juga di esok hari. Sebenarnya tidak ada dasar rasional untuk kita percaya jika matahari akan terbit juga di esok hari. Kepercayaan kita hanya secara psikologis saja akibat kebiasaan bukan karena ada dasar rasional. Jadi pernyataan bahwa matahari tidak akan terbit esok hari sebenarnya pernyataan yang tidak kurang benarnya dengan pernyataan bahwa matahari akan terbit esok hari.

2. Pemerintah Memberantas Kemiskinan?

Kartun kemiskinan (sumber: nasional.kontan.co.id)

Kita semua pasti percaya bahwa pemerintah dalam menjalankan kekuasaannya akan menghasilkan keadilan sehingga hal itu akan mengakibatkan gejala atau fenomena kemiskinan hilang.

Tetapi apakah benar bahwa pemerintah benar-benar mau memberantas kemiskinan?

Coba kita bikin eksperimen di pikiran kita teman-teman. Misalnya kita asumsikan pemerintah berhasil memberantas kemiskinan maka ini memiliki arti bahwa semua orang menjadi kaya. Apa kosekuensi jika semua orang menjadi kaya? Konsekuensinya adalah inflasi, jika semua orang kaya maka terjadi inflasi akibat jumlah uang yang beredar lebih banyak dibandingkan dengan barang-barang produksi di pasaran, selain itu orang kaya secara psikologis cenderung melakukan konsumsi dibandingkan dengan produksi sehingga kurva permintaan akan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kurva penawaran akibatnya harga keseimbangan naik, barang-barang menjadi mahal.

Dari eksperimen pikiran itu kita dapat melihat konsekuensi buruk jika pemerintah memberantas kemiskinan, jadi sebenarnya pemerintah itu tidak akan pernah mau memberantas kemiskinan karena pemerintah tau konsekuensi buruk jika kemiskinan di berantas, pemerintah memberantas kemiskinan hanyalah slogan-slogan politik saja tetapi dalam prakteknya pemerintah sebenarnya diam-diam memelihara kemiskinan untuk mencegah excess demand (kelebihan permintaan).

Pemerintah tau betul agar yang diatas dapat hidup maka perlu yang dibawah, struktur sosial sangat diperlukan, harus ada orang yang diatas dan dibawah, tujuan pemerintah sebenarnya adalah mempertahankan strata sosial yang ada, bukan memberantas kemiskinan

BACA JUGA: Pemerintah: Buta, Tuli. Dan Bisu

3. Memakai Masker Dapat Menjaga Kesehatan?

Memakai masker (sumber: pixabay.com)

Kita semua pasti percaya memakai masker dapat mempertahankan kesehatan karena menghalangi partikel-partikel debu yang akan masuk  ke paru-paru kita. Tetapi sebenarnya dari sisi ilmu biologi hal ini sangatlah absurd. Semua organisme itu sebenarnya mempunyai kemampuan yang dapat memberikan imun di dalam tubuh mereka yang disebut dengan adaptasi fisiologi.

Apa itu adaptasi fisiologi? Adaptasi fisiologi adalah kemampuan penyesuaian fungsi tubuh suatu organisme terhadap keadaan lingkungannya, itu sebabnya hewan-hewan seperti kambing atau sapi hanya dapat memakan rumput karena fungsi tubuhnya telah di sesuaikan dengan keadaan lingkungannya yang berumput sehingga di dalam tubuhnya hanya ada enzim selulase yang berfungsi mencerna selulosa atau serat tumbuhan.

Begitupun dengan tubuh manusia, sebenarnya kalo kita memakai masker, hal tersebut akan berdampak pada pengurangan kemampuan adaptasi fisiologi tubuh kita untuk menciptakan sistem imunisasi. Seharusnya anda tidak perlu memakai masker supaya tubuh anda secara fisiologi mampu melakukan adaptasi fisologi terhadap lingkungan yang berdebu sehingga mengasilkan sistem imun terhadap debu.

Begitupun kalo kita menderita cacar kita tidak akan terkena cacar lagi, mengapa? karena tubuh telah melakukan adaptasi fisiologi untuk  menghasilkan sistem imun. Jadi sebenarnya kepercayaan memakai masker dapat menghasilkan kesehatan adalah kepercayaan yang absurd karena justru dengan memakai masker kita menghalangi kemampuan adaptasi fisiologi tubuh kita.

4. Menabung Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi?

Menabung (sumber: bobo.grid.id)

Kita semua pasti percaya jika kita menabung maka hal itu akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi itu sebabnya pemerintah selalu menyarankan masyarakatnya untuk menabung tetapi sebenarnya kepercayaan itu sangatlah tidak rasional, mengapa? Coba kita bikin eksperimen pikiran.

Misalnya semua orang di indonesia mengikuti saran pemerintah untuk menabung, maka jika hal ini terjadi  dapat mengakibatkan jumlah uang yang beredar di pasar bebas menjadi berkurang akibatnya jumlah barang dan jasa di pasar bebas lebih banyak dibandingkan dengan uang yang terdapat di pasar bebas.

Apa efeknya jika jumlah barang dan jasa di pasar bebas lebih banyak dibandingkan dengan jumlah uangnya?

Efeknya adalah terjadi deflasi yaitu naiknya nilai mata uang, jika terjadi deflasi maka hal ini akan menyulitkan pemerintah untuk melakukan ekspor ke luar negeri karena nilai mata uang kita sedang naik (tidak ada negara yang mau melakukan pembelian terhadap negara yang sedang mengalami deflasi karena kursnya terlalu mahal) dan efeknya jika negara kesulitan melakukan ekspor adalah neraca perdagangan defisit sehingga pertumbuhan ekonomi tidak bertumbuh.

Jadi menabung tidaklah meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena mengurangi jumlah uang di pasar bebas, yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah justru dengan melakukan konsumerisme dan hedonisme yang dapat menaikan kurva permintaan sehingga perusahaan termotivasi meningkatkan kurva penawarannya sehingga ada sirkulasi uang di pasar bebas.

BACA JUGA: Kamu Sulit Menabung? Ini Cara Menabung Unik yang Harus Kita Coba

Sumber gambar Albert Eisntein Mengajar : hipwee.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Mohan

Seekor kucing yang suka makan dan bermain.

0 Comments

Leave a Reply