Hygeia, Propolis yang Dipakai Buat Mandi. Emang Bisa?

Mungkin kamu mengenal Propolis sebagai obat herbal selama ini. Namun, Dr. Muhammad Sahlan, peneliti dari Departemen Fakultas Teknik UI pun mengembangkan dan memproduksi produk propolis, sebagai body wash.


0
Propolis atau lem lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu via aromaslm

Pernah dengar kata “Propolis”? Mungkin pernah, mungkin tidak. Bagi yang pernah mendengar dan pernah tau, mungkin selama ini mengenalnya sebagai obat herbal untuk penyakit tertentu. Bahkan sebagian orang menggunakannya sebagai vitamin. Iya, vitamin, kayak kalau kita minum calcium redoxon atau minuman bermerek 1000 C.

BACA JUGA: Membanggakan! Prestasi dan Inovasi Mahasiswa UI yang Dapat Mengubah Dunia

 

Apa Sih Sebenernya Propolis Itu?

Propolis atau lem lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu via aromaslm
Propolis atau lem lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu via aromaslm

Seperti dikutip dari Wikipedia, Propolis atau lem lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Konon katanya zat ini sudah dipercaya sejak 350 SM untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi, kayaknya kalau sakit hati gegara ditinggal pacar terus minum propolis gak bakal sembuh juga sih ya. Ya gak, sih? Eh…

Propolis diduga bekerja melawan bakteri, virus, dan jamur. Tapi kayaknya kalau ‘’jamur cinta’’ enggak deh. Meski telah diteliti dengan baik oleh para pakar dan sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, efektivitas khasiat propolis belum cukup terbukti secara ilmiah dan perlu dikaji lebih lanjut lagi secara klinis.

Pada dasarnya, komposisi kimiawi dari propolis bisa bervariasi tergantung dari mana bahannya dikumpulkan oleh lebah. Dalam suatu penelitian, ditemukan lebah yang mengumpulkan madu dari poplar (Populus spp., section Aigeiros), diambil kesimpulan kemiripan bahan ini, yaitu pinocembrin, pinobanksin, dan 3-O-acetate, chrysin, galangin, prenyl esters of caffeic, ferulic acids, dan lain-lain, kombinasi dari formula inilah yang kemudian dikenal luas sebagai propolis.

 

Pengembangan Propolis oleh Anak UI

Hygeia Body Wash merupakan sabun mandi cair pertama di dunia yang menggunakan propolis Indonesia via rinteknologi
Hygeia Body Wash merupakan sabun mandi cair pertama di dunia yang menggunakan propolis Indonesia via rinteknologi

Dr. Muhammad Sahlan, peneliti dari Departemen, Fakultas Teknik UI pun mengembangkan dan memproduksi produk propolis berkualitas tinggi asli Indonesia. Ets, tapi nanti dulu, kali ini sang dokter tidak hanya mengembangkannya sebagai obat yang biasa dikonsumsi secara oral, loh.

Yup, Dr. Sahlan mengembangkan propolis ke dalam bentuknya yang lebih inovatif dan pastinya bakal bikin kamu terkaget-kaget yakni, sabun cair! Iya, kamu gak salah baca, doi bikin sabun cair buat nemenin kamu mandi sambil bergalau ria dari formula propolis!

Hygeia Body Wash namanya, merupakan sabun mandi cair pertama di dunia yang menggunakan propolis Indonesia. Berbeda dengan sabun cair pada umumnya, produk ini tidak menggunakan bahan kimia tambahan seperti SLS (Sodium Laureth Sulfate) ataupun Triclosan yang dalam penggunaan jangka panjang dapat membahayakan kesehatan. Kandungan propolis di dalam Hygeia Body Wash pun sudah terbukti dapat membantu penyembuhan luka, mengurangi noda, atau flek pada kulit sambil menjaga kulit tetap halus dan lembut.

Kini, propolis serta produk turunan yang dikembangkan oleh Dr. Sahlan sudah diproduksi massal dan didistribusikan ke pasar Indonesia di bawah nama PT RIN Biotek Indonesia. Nama “RIN” yang menjadi nama perusahaannya pun ternyata merupakan singkatan dari Research dan Innovate.

“Vegetasi alam Indonesia yang begitu beragam dan bebas pestisida memberikan kualitas propolis yang jauh lebih baik daripada propolis dari negara lain,” ungkap Dr. Muhammad Sahlan, dosen peneliti Universitas Indonesia pada press release yang diunggah pada situs perusahaannya, RINTeknologi.com

Penasaran bakal kayak apa sih aroma sabun Hygeia Body Wash? Kayak apa serunya mandi pakai formula propolis? Tenang, dalam waktu dekat kamu juga akan dapat dengan mudah menemukan sabun Hygiea di toko-toko terdekat.

Yuk, share informasi ini lewat Facebook, LINE dan Twitter kamu!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply