Info Integrasi Perpustakaan Fakultas ke Perpustakaan Pusat


0

Perpustakaan Baru UI

Salam kontribusi rekan-rekan semua, pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi seputar rencana integrasi perpustakaan-perpustakaan fakultas di UI ke perpustakaan pusat. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini telah dalam tahap perampungan, perpustakaan pusat Universitas Indonesia. Perpustakaan ini rencananya akan diresmikan pada tanggal 2 Mei 2011, bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional.

Isu yang banyak berkembang dan meresahkan mahasiswa adalah terkait pembangunan perpustakaan pusat yang akan mengintegrasikan seluruh perpustakaan yang ada di fakultas sehingga perpustakaan fakultas harus ditutup. Hal ini bagi sebagian pihak dinilai cukup merepotkan karena kebutuhan sehari-hari mahasiswa akan buku, harus dipenuhi dengan menjangkau perpustakaan pusat, yang jaraknya tidak dekat.

Sebenarnya kebijakan pemindahan perpustakaan fakultas ke perpus pusat yang menyebabkan penutupan perpus fakultas merupakan kebijakan yang menjadi hak tiap fakultas. Bagi fakultas yang merasa keberadaan perpustakaannya masih diperlukan dan sanggup untuk memenuhi biaya perawatannya diperkenankan hanya memindahkan sebagian koleksinya ke perpustakaan yang baru.

Fakultas seperti Fasilkom, FISIP, FE, FKM, dan Psikologi merupakan fakultas yang hanya memindahkan sebagian bukunya ke perpustakaan yang baru, sedangkan fakultas yang lain memutuskan untuk memindahkan seluruh buku di perpustakaannya ke perpustakaan pusat yang baru karena masalah perawatan atau pengalihfungsian gedung menjadi fungsi yang lain.

Berkaitan dengan isu ini, berdasarkan hasil bincang-bincang saya dengan Ibu Luki Wijayanti, kepala Perpustakaan UI, beliau mengatakan bahwa memang akan ada proses pemindahan buku dari perpustakaan fakultas ke perpustakaan pusat dalam satu bulan ke depan.

Keresahan muncul berkaitan dengan proses pemindahan yang akan memakan waktu sekitar satu bulan dan menyebabkan perpustakaan fakultas terkait harus ditutup sehingga mahasiswa tidak bisa lagi mengakses buku-bukunya, padahal kebutuhan terhadap buku terutama bagi mahasiswa tingkat akhir sangat tinggi saat ini.

Ternyata berkaitan dengan kebijakan ini waktu pemindahan buku dari perpus fakultas ke perpus UI yang baru merupakan hak preogratif masing-masing fakultas. Setiap fakultas memiliki hak untuk mengajukan pemunduran pemindahan buku sampai akhir semester bila diperlukan.

Hingga saat ini, telah ada beberapa fakultas yang mengurus penangguhan waktu pemindahan buku hingga akhir semester ini. Fakultas tersebut antara lain, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Keperawatan.

Hal yang penting adalah : bagi teman-teman yang masih resah terkait penutupan perpustakaan fakultas, silakan menyampaikan hal tersebut ke pihak dekanat masing-masing fakultas untuk mengurus pengajuan penundaan penutupan perpustakaan. Pengajuan ini juga dapat difasilitasi oleh BEM masing-masing fakultas. Ibu Luki Wijayanti juga menyatakan bahwa prioritas utama pemindahan saat ini bukanlah perpustakaan masing-masing fakultas, melainkan perpustakaan pusat yang sekarang. Targetnya adalah hingga tanggal 2 Mei nanti, seluruh buku di perpustakaan pusat yang sekarang telah dipindahkan ke perpustakaan pusat yang baru.*

Andreas Senjaya

Fasilkom UI 07

Anggota Majelis Wali Amanat UI Unsur Mahasiswa


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

One Comment

Leave a Reply