Apakah teman-teman sedang mencari informasi beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Di tulisan ini, anakUI.com mengompilasi secara singkat beberapa informasi beasiswa luar negeri terbaru tahun 2015 yang ditawarkan oleh pemerintah beberapa negara.

Pastikan teman-teman sudah mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa S2 dan lulus tes TOEFL/IELTS ya, karena umumnya beasiswa luar negeri mensyaratkan TOEFL.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Turki 2015

Setiap tahun Pemerintah Turki menyalurkan dana beasiswa dalam berbagai bentuk. Program ini dikenal dengan nama Turkiye Burslari Scholarship. Bisa berupa kursus bahasa Turki, beasiswa bantuan dan prestasi akademik, juga bantuan riset. Biasanya penerimaan peserta dibuka setiap bulan April. Apa saja persyaratannya?

Persyaratan program  S2:

  1. Maksimal usia 30 tahun untuk program S2
  2. Nilai minimal setiap mata kuliah di dalam ijazah sebelumnya 75-100
  3. Mengisi dan formulir beasiswa yang bisa diambil di kedubes RI atau diunduh di website http://digm.meb.gov.tr
  4. Pas foto ukuran paspor (4 x 6)
  5. Surat keterangan kesehatan
  6. Copy halaman paspor yang terdapat pemegangnya
  7. Dua copy transkrip nilai
  8. Dua copy ijazah

Berkas transkrip nilai, ijazah, dan surat kesehatan harus diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa, yaitu Turki, Perancis atau Inggris. Semua copy dan terjemahan sudah disahkan oleh Kedutaan Besar Turki. Berkas dimuat dalam satu file lalu diunggah dan dikirim ke http://www.turkiyeburslari.gov.tr/..

advertisement

Peserta yang lolos seleksi administrasi pihak pemberi beasiswa akan mendapat pemberitahuan ke e-mail peserta berupa panggilan untuk wawancara. Biasanya wawancara dilakukan di Kedutaan Besar Turki di RI.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Brunei Darussalam 2015

Tidak ada salahnya anda mencoba peluang untuk mendapatkan program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Brunei Darussalam. Tahun ini pemerintah Brunei Darussalam kembali membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa internasional.  Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain sebagai berikut:

Persyaratan umum:

  1. Berusia 18-25 tahun untuk program sarjana.
  2. Kurang dari 35 tahun pada 31 Juli 2015, untuk program pascasarjana
  3. Warganegara ASEAN, negara anggota Commonwealth, atau OIC
  4. Beasiswa tidak berlaku untuk warganegara Brunei.

Syarat dokumen:

  1. Tiga lembar fotocopy SKCK
  2. Printout formulir aplikasi yang sudah diisi diunduh di website Kementerian Luar Negeri Brunei dengan alamat link mofat.gov.bn/Pages/BDScholarship_2014_2015.aspx.
  3. Tiga lembar fotocopy akta lahir
  4. Tiga lembar fotocopy paspor
  5. Tiga lembar fotocopy ijazah
  6. Tiga lembar fotocopy transkirip nilai
  7. Tiga lembar pasfoto terbaru ukuran paspor
  8. Terjemahan resmi masing-masing dokumen

Cara pendaftaran:

advertisement

Semua berkas lengkap dikirimkan ke alamat sebagai berikut:

  • Technical Assistance Division
  • Ministry of Foreign Affairs and Trade
  • Jalan Subok, Bandar Seri Begawan, BD2710,
  • Brunei Darussalam
  • Fax No: (673) 2230903

Beasiswa yang ditawarkan pemerintah Brunei ini merupakan hasil kerja sama dengan beberapa universitas di Brunei Darussalam, yaitu Institut Teknologi Brunei, Uiversiti Islam Sultan Sharif Ali, dan Universiti Brunei Darussalam.

Sebagian besar pilihan bidang studi yang tersedia dapat diambil oleh penerima beasiswa. Di antaranya, sains, bahasa, sejarah, antropologi, bisnis, kimia, filsafat, biologi, ekonomi, administrasi bisnis, hukum, keuangan, komputer, kebidanan, matematika, keperawatan, biomedis, teknik pendidikan, dan lain-lain.

Penerima beasiswa akan mendapat tunjangan bulanan, tiket pesawat, dibebaskan dari biaya kuliah dan bebas biaya rawat jalan rumah sakit. Bagi penerima beasiswa untuk jenjang S1 harus menyelesaikan studinya selama empat tahun, sedangkan untuk jenjang S2 lama studi antara satu sampai dua tahun. Lama studi untuk D3 kesehatan kira-kira tiga tahun. Setiap semester akan ada evaluasi hasil studi.

Jika anda membutuhkan keterangan lebih lengkap mengenai informasi beasiswa luar negeri Brunei Darussalam 2015, anda bisa menghubungi via telepon ke 00-673-2261177 atau email: scholarship@mfa.gov.bn.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Jerman 2015

Ada peluang beasiswa, baik beasiswa penuh atau sebagian untuk jenjang pedidikan S2 yang ditawarkan oleh Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD). Program beasiswa yang berdurasi 12-24 bulan ini didanai oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan. Sebelum mendaftar ada baiknya anda membaca persyaratannya di bawah ini.

Persyaratan:

  1. Telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1
  2. Skor TOEFL PBT 550, CBT 213, dan IBT 80. IELTS (Band 6) untuk kuliah yang menggunakan bahasa Inggris
  3. Bekerja di pemerintahan, perusahaan swasta atau perusahaan negara
  4. Gelar akademik tidak diambil lebih dari enam tahun
  5. Nilai akademik di atas rata-rata
  6. Memiliki pengalaman kerja profesional minimal dua tahun pada bidang terkait
  7. Skor DSH 2 atau TestDaf 4 dan harus selesai pada tingkat A2, untuk kuliah yang menggunakan bahasa Jerman.

Syarat dokumen:

  1. Surat motivasi yang ditandatangani (berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sedang digeluti)
  2. Surat rekomendasi dari kampus
  3. Surat rekomendasi dari tempat kerja
  4. Formulir aplikasi DAAD yang sudah diisi dan diunduh
  5. Proposal riset (jika diminta oleh kampus)
  6. CV yang sudah ditandatangani (menggunakan formulir Europass)
  7. Bukti keterampilan berbahasa
  8. Sertifikat dari tempat kerja
  9. Fotokopi ijazah SMA
  10. Fotokopi ijazah sarjana
  11. Fotokopi transkrip

Pendaftaran:

Berkas-berkas dikirim langsung ke program yang hendak diambil. Tata cara pendaftarannya ditetapkan oleh kampus, termasuk tanggal dan batas akhir pendaftaran.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Inggris 2015

Beasiswa Magna Carta merupakan program beasiswa yang diberikan University of Lincoln. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dengan bidang studi sejarah dan abad pertengahan. Untuk mendapatkan beasiswa yang diadakan untuk memperingati 800 tahun Magna Carta ini, anda harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Biasanya beasiswa dengan tujuan negera di luar negeri, menuntut penerima beasiswa memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Begitu juga dengan program beasiswa ini, pendaftar harus memiliki nilai IELTS minimal 6 dan nilai setiap elemen tesnya minimal 5,5.

Karena program ini ditujukan untuk mahasiswa S2, maka syarat mutlaknya pendaftar harus sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 di bidang sejarah maupun humaniora. Selain itu pendaftar harus menyertakan narasi personal sebanyak 500 kata yang isinya tentang alasan mengapa anda layak untuk mendapatkan beasiswa ini.

Anda harus terdata sebagai pelajar internasional di tahun ajaran 2015/2016 di sistem informasi University of Lincoln.  Jika anda lolos seleksi sebagai penerima beasiswa, anda akan mendapatkan potongan biaya studi sebesar 20% untuk program perkuliahan September 2015.

Peserta harus memilih salah satu dari dua jurusan yang dibuka, yaitu jurusan sejarah dan abad pertengahan. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 31 Mei 2015. Beasiswa ini tidak dapat dipadukan dengan beasiswa lain yang ditawarkan University of Lincoln

Jika anda membutuhkan keterangan lebih lengkapnya, anda dapat berkunjung ke website resmi University of Lincoln atau mengajukan pertanyaan melalui e-mail ke :international@lincoln.ac.uk.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Austria 2015

Ada peluang beasiswa bagi 20 orang calon dosen dan dosen untuk melanjutkan jejang pendidikan S3 ke negara Austria. Lama studi kira-kira 3 tahun. Apa saja syarat yang harus dipersiapkan?

Peserta harus mengisi formulir pendaftaran yang diunduh dari internet. Peserta juga harus memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, nilai minimal TOEFL 500 atau IELTS 5,5. Mendapat surat rekomendasi dari atasan yang terdiri atas kop surat, tanggal, tandatangan, stempel universitas, dan masa berlakunya tidak lebih dari 6 bulan dari waktu pendaftaran.

Selain itu peserta harus mendapatkan letter of aknowledge yang dibuat oleh supervisor dari salah satu universitas yang dituju. Peserta harus menuliskan deskripsi tesis atau rencana studi sepanjang 2-4 halaman dengan isian berupa judul, isi, metodologi, dan jadual waktunya, rencana studi itu sudah mendapatkan persetujuan dari universitas tujuan.

Scan paspor dan scan transkrip juga ijazah. Berkas-berkas dikirim ke alamat:

Sebelum mengirimkan dokumen pastikan kelengkapannya. Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi akan dites tertulis dan wawancara.

Jika anda lolos seleksi sebagai penerima beasiswa, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu berupa asuransi kecelakaan dan kesehatan, cicilan beasiswa per bulan sebanyak 1000 euro, biaya akomodasi, dan biaya perjalanan.

Segala pertanyaan dapat diajukan melalui sarah.widmoser@oead.at atau lihat di website resminya.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Malaysia 2015     

Universiti Malaysia Sabah membuka peluan beasiswa bagi siswa-siswi Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dan warga negara Indonesia yang mau melanjutkan program S1, S2, maupun S3 ke Malaysia. Informasi informasi beasiswa Malaysia 2015 ini berdasarkan surat dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Jika anda membutuhkan keterangan lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kampus Universiti Malaysia Sabah 088-320000 sambungan 1371 atau 088-320000 sambungan 1385/1057 dengan Elexsa atau Cik Azimah.

 

Informasi Beasiswa Luar Negeri Belanda 2015

Setiap tahun sebanyak 200 hingga 250 beasiswa penuh diberikan melalui program Studeren in Nederland. Penerima beasiswa diprioritaskan untuk mengambil bidang-bidang tertentu. Berikut informasinya

Jurusan:

  1. Agro pangan dan hortikultura
  2. Transportasi dan logistik
  3. Sektor medis
  4. Air
  5. Keamanan dan penegakan hukum

 

Persyaratan umum:

  1. Telah menyelesaikan pendidikan jenjang S1
  2. Nilai IPK minimal 3,00
  3. Warga negara Indonesia
  4. Telah mendapat unconditional admission letter dari salah satu institusi pendidikan tinggi di Belanda
  5. TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS 6
  6. Memiliki pengalaman kerja minimal selama dua tahun atau fresh graduate yang memiliki prestasi sangat baik
  7. Surat pernyataan dukungan oleh institusi atau kantor tempat bekerja

Jika anda lolos menjadi penerima beasiswa anda akan mendapatkan uang kuliah, biaya penelitian, biaya hidup, paket asuransi, pembelian buku, pengurusan visa, dan biaya perjalanan.

Informasi beasiswa Belanda 2015 lebih lengkap dapat dilihat di alamat website: http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned/


Photo Credit: el_floz via Compfight cc



[reaction_buttons]