Setiap tahunnya, PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) memberikan beasiswa kepada mahasiswa/i di perguruan tinggi negeri maupun swasta sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Ada dua jenis beasiswa yang diberikan oleh grup BCA yaitu beasiswa BCA Finance dan beasiswa bakti BCA. Seperti apa keuntungan dan persyaratan beasiswa BCA tersebut?

Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance diberikan kepada mahasiswa/i program S1, baik di perguruan tinggi maupun perguruan swasta yang telah/sedang menyelesaikan semester dua. Beasiswa ini sudah berlangsung sejak 2009 dan masih konsisten membuka pendaftaran setiap tahun.

Pemenang beasiswa BCA Finance berhak mendapatkan bantuan finansial sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) hingga lulus kuliah atau semester delapan (mana yang tercapai lebih dulu).

Tidak seperti kebanyakan beasiswa korporasi lainnya, pemenang beasiswa BCA Finance bebas dari ikatan dinas apapun, namun bagi yang bidang studinya sesuai dengan kebutuhan BCA Finance, mereka akan diberikan prioritas untuk mengikuti seleksi program penerimaan karyawan.

Setiap tahunnya jumlah mahasiswa/i yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini selalu bertambah, tetapi jangan khawatir, karena kuota pemenang beasiswa juga kerap bertambah setiap tahunnya. Sebagai referensi, pada tahun 2014, beasiswa BCA Finance diberikan kepada 70 mahasiswa/i berprestasi.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance adalah sebagai berikut:

advertisement
  1. Mahasiswa/i program Strata 1 (S-1)
  2. Minimal telah/sedang menyelesaikan semester 2
  3. IPK min 3,00 untuk PTN dan 3,40 untuk PTS
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  5. Beasiswa ini bebas dari ikatan dinas apapun
  6. Aktif dalam berorganisasi
  7. Melakukan pendaftaran beasiswa melalui aplikasi online (mengisi data diri di formulir aplikasi dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,  jika kedapatan isi formulirnya tidak sesuai akan langsung di diskualifikasi)
  8. Tahapan Seleksi :
  • Tahap I : Penentuan 150 Calon Pemenang Beasiswa

150 calon pemenang yang telah diumumkan wajib mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan (Kartu Mahasiswa, Surat Keterangan Tidak Mampu, Kartu Keluarga, Rekening Listrik dan Air, dan Surat Anggota Organisasi  atau Surat Keterangan yang ditandatangani Ketua Organisasi).

  • Tahap II : Penentuan 70 Pemenang Beasiswa yang berhak menerima Rp.3.000.000,-/Semester
  1. Proses seleksi dilaksanakan oleh tim seleksi BCA Finance
  2. Keputusan hasil penerimaan adalah mutlak & tidak dapat diganggu gugat dan kami tidak menerima surat menyurat dalam bentuk apapun selama proses dan setelah keputusan pemenang

Pendaftaran beasiswa BCA Finance ini biasanya dilakukan pada bulan September. Pengumuman 150 calon pemenang beasiswa dilakukan pada bulan Oktober, yang langsung dilanjutkan dengan verifikasi dokumen yang diminta hingga bulan November. Pemenang beasiswa BCA Finance diumumkan dalam 1-2 minggu setelah batas akhir pengumpulan dokumen.

Beasiswa Bakti BCA

Jika beasiswa Finance BCA diperuntukkan bagi mereka yang telah/sedang menempuh semester dua, beasiswa Bakti BCA dikhususkan untuk mahasiswa/i semester tujuh. Keuntungan yang didapat oleh pemenang beasiswa ini adalah biaya SPP, BOP, dan uang saku sebesar Rp 500.000,- per bulan selama satu tahun. Di tahun 2014, ada 510 mahasiswa/i yang mendapatkan beasiswa ini.

Meski jumlah penerima jauh lebih banyak dibanding beasiswa BCA Finance, namun beasiswa Bakti BCA tidak terbuka untuk umum. Pada tahun 2014, beasiswa Bakti BCA ini hanya bekerja sama dengan 16 perguruan tinggi negeri, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Sumatra Utara (USU), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Udayana, Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Sam Ratulangi, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Mulawarman (Unmul).

Selain itu, berbeda dengan beasiswa BCA Finance, pemilihan pemenang beasiswa Bakti BCA dilakukan oleh tim internal universitas, bukan tim buatan BCA Finance. Hal ini seharusnya membuat pemilihan pemenang beasiswa menjadi lebih adil, karena anggota tim penyeleksi lebih “dekat” dan mengenal para kandidat pemenang.

Persyaratan dan kelengkapan dokumen untuk mendapatkan beasiswa Bakti BCA adalah sebagai berikut:

advertisement

  1. Khusus mahasiswa semester VII, Program Strata 1 (S1) Reguler
  2. IPK minimal 3,00
  3. Belum menikah
  4. Berusia maksimal 21 tahun
  5. Tidak merokok
  6. Melampirkan surat keterangan dari fakultas yang menyatakan tidak sedang mendapat/mengajukan bantuan beasiswa dari Instansi/Lembaga lain
  7. Melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua dilengkapi dengan surat keterangan dari perusahaan tempat orang tua bekerja dan surat keterangan dari RT, RW dan Kecamatan
  8. Bersedia mengikuti proses seleksi dan ketentuan persyaratan beasiswa dimaksud
  9. Mengisi formulir pendaftaran, yang terdiri dari:
    1. Formulir permohonan beasiswa dari universitas
    2. Formulir beasiswa Bakti BCA
    3. Surat pernyataan yang diberikan oleh PT. Bank Central Asia, Tbk.
  10. Melampirkan satu (1) foto berwarna 4×6 cm (ditempel pada kotak yang telah disediakan pada formulir pendaftaran)
  11. Melampirkan satu (1) copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  12. Melampirkan satu (1) copy Kartu Keluarga
  13. Melampirkan satu (1) copy Transkrip Nilai (minimal 3 semester terakhir)
  14. Melampirkan Surat Keterangan berkelakuan baik dari kepolisian
  15. Melampirkan Surat Keterangan kesehatan dan bebas narkoba dari dokter
  16. Melampirkan rekomendasi dari Pimpinan Fakultas
  17. Melampirkan Surat rekomendasi dari Pembantu Rektor III atau Pembantu Dekan III

Seleksi untuk mengikuti beasiswa ini biasanya dilaksanakan pada bulan September.

Itulah keuntungan dan persyaratan program beasiswa BCA. Semoga berhasil!

 

Sumber:

1 2 3



[reaction_buttons]