Ingat-ingat Makanan Ini Jika Kamu Ngalamin Keracunan karena Makan Sembarangan

Makan sembarangan dan berakibat keracunan? Untungnya ada beberapa makanan yang berfungsi detoksifikasi dan dapat menghilangkan racun dari tubuh. Seperti makanan dan minuman ini.


0
Jus lemon (Sumber)

Kadang kalau udah akhir bulan dan orangtua belum transfer, itu rasanya kayak dunia udah mau kiamat. Iya gak sih, Guys? Apalagi kalau perut udah grecek-grecek. Saat kita udah gak tau bakal makan apa buat bertahan hidup, Indomie jadi senjata andalan. Gak ada Indomie, makan apa pun lah yang ada di warung yang bisa diutangin kadang bisa menjadi pilihan. Tapi, tahukah kamu? Karena kebiasaan makan yang suka sembarangan, gak menutup kemungkinan untuk bisa keracunan makanan.

Bisa jadi karena makanan yang dimakan dimasak dengan kurang steril, atau memang kitanya yang salah makan. Dipikir nasi di kosan masih bagus gak taunya udah basi tapi tetap dimakan, bisa jadi keracunan.

Tubuh kita dapat merespons masuknya zat tak diinginkan seperti racun, selain mampu menyerap zat yang baik dari makanan dan minuman yang dimakan. Zat penetral racun ini juga bisa didapat dari makanan, melalui proses metabolisme yang kita kenal sebagai detoksifikasi, racun akan dikeluarkan `melalui urine dan feses.

Nah, bila kamu, anak UI mengalami keracunan, segera cari makanan-makanan yang memiliki fungsi detoksifikasi dan dapat menghilangkan racun dari tubuh yang dapat dengan mudah kamu temui di lingkungan sekitar tempat tinggal kamu. Ada apa aja ya?

 

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda (sumber)
Air kelapa muda (sumber)

Selain menyegarkan, air kelapa  memiliki khasiat dan manfaat yang khas bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Karena di dalamnya terkandung mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium. Zat-zat ini adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatasi ancaman syok pada kondisi kekurangan cairan. Selain kalium, juga mengandung gula, vitamin B dan C dan protein.

Komposisi gula dan mineral dalam air kelapa ini sangat seimbang, sehingga hampir serupa dengan cairan tubuh manusia. Dengan memiliki tekanan air yang setara dengan cairan tubuh atau isotonik, selain  berbagai manfaat lainnya, air kepala dapat menangkal keracunan karena alergi kamu terhadap jenis makanan tertentu. Ingat, alergi terhadap jenis makanan, bukan jenis perasaan. Eh…

 

Sayuran hijau

Sayuran hijau (Sumber)
Sayuran hijau (Sumber)

Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, dan bayam mengandung serat tinggi yang bisa memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, sayuran hijau juga mempunyai kemampuan meningkatkan tubuh dalam mengeluarkan racun-racun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sayuran ini, konsumsilah dalam keadaan mentah, seperti salad atau ditumis sedikit minyak dan sebentar saja. Enak kok, percaya deh.

Jus lemon  

Jus lemon  (Sumber)
Jus lemon (Sumber)

Minuman  jus lemon diyakini sebagai salah satu cara detoks (penghilang racun)  dari tubuh,  paling efektif dan praktis. Karena selain kaya akan vitamin C, lemon juga bisa membantu pemulihan keseimbangan asam al-kali yang dapat menjaga tubuh pada tingkat keasaman (pH) yang stabil. Artinya, tubuh kita akan lebih bisa menjaga pertumbuhan bakteri baik serta membantu menyingkirkan racun-racun (dari lingkungan maupun makanan) yang muncul dari dalam tubuh kita. Tapi, jangan lemon kalengan yah. Beli lemon di warteg goceng masih dapet kok.

 

Buah delima

Buah delima (Sumber)
Buah delima (Sumber)

Nah, ini dia, di dalam setiap butir biji delima mengandung antioksidan berkonsentrasi tinggi yang disebut flavonoid. Senyawa ini punya kemampuan sebagai anti alergi dan anti tumor. Dalam buah delima  juga terkandung vitamin A,C, E, Folic acid, dan zat besi yang membantu darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah delima bisa menjadi bahan detoks alami, selain dari itu juga bisa mempercantik kulit.

Nah, yuk share tulisan ini lewat Facebook, Twitter atau LINE kamu agar semakin banyak teman yang tau manfaat dari makanan-makanan di atas. Semoga dengan informasi ini, kalau tiba saatnya kamu keracunan, kamu langsung tau langkah-langkah yang perlu diambil.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply