UI sebagai salah satu institusi pendidikan ternama di Indonesia, telah menelurkan banyak lulusan, ribuan jumlahnya. Berbagai macam profesi sudah digeluti oleh alumnus UI, pengusaha, peneliti, PNS, dosen, pengajar, pengusaha, sampai yang menjadi full ibu rumah tangga dan bapak rumah tangga juga ada. Termasuk di antaranya alumni UI yang memiliki profesi seputar industri kreatif. Berikut ini kami rangkum beberapa profesi alumni UI di bidang industri kreatif.

 

1. Penyanyi/pemusik/anak band

Beberapa alumni UI menjadikan profesi ini sebagai profesi utama mereka. Dunia music, tarik suara dan sejenisnya membuat mereka lalu lalang dari satu panggung ke panggung lainnya. Sebut saja nama-nama seperti Andien, Once, Rossa, Ikang Fawzi, Tompi, Rayi RAN, Afgan, Nugie, mereka adalah segelintir nama-nama penyanyi/pemusik yang anak UI.

Om Ikang Fawzi, alumi FISIP

Om Ikang Fawzi, alumi FISIP, pap siparapap preman preman…

 

2. Penyiar/MC/Pembawa Acara

Salah satu keterampilan seorang penyiar/pembawa acara/MC adalah kemampuan mengolah kata-kata untuk berbicara di depan umum. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Diantara penyiar/MC /pembawa acara yang sering kita lihat adalah alumni UI. Adi Nugroho, Najwa Shihab, Feni Rose adalah diantaranya.

Mbak Fenny Rose, alumni FISIP juga..Ingat, senin harga naik

Mbak Feni Rose, Ingat…senin harga naik

 

advertisement

3. Penulis Buku

Profesi penulis adalah profesi yang membutuhkan daya imajinasi tinggi. Para penulis akan membutuhkan waktu khusus untuk mereka menulis sehingga lahirlah karya-karya yang bisa kita baca saat ini. Raditya Dika, Ayu Utami, Helvy Tiana Rossa adalah beberapa di antara penulis buku yang dulunya kuliah di UI.

Ini Raditya Dika, masih muda

Ini Raditya Dika, masih muda

 

4. Pelawak

Profesi yang satu ini membuat banyak orang tertawa, karena memang mereka memiliki kemampuan dengan bakatnya untuk membuat orang-orang tertawa. Diperlukan bakat dan skill yang terlatih untuk bisa membuat materi lawakan yang bagus. Dono dan Kasino adalah dua nama besar pelawak Indonesia yang juga Alumni UI.

Warko DKI, Legend.

Warkop DKI, Legend!

 

5. Aktor/aktris

Salah satu profesi dalam ranah industri kreatif yang juga banyak dilakoni oleh anak UI dan alumni UI adalah aktor/aktris. Dari yang sekelas iklan, sinetron hingga layar lebar, anak UI ada disitu. Sebut saja nama Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Rieke Diah Pitaloka, Intan Nuraini.

Intan Nuraini, lesung pipitnya, duh...

Intan Nuraini, lesung pipitnya, duh…

 

advertisement

Sebenarnya masih banyak lagi profesi-profesi industri kreatif di mana alumni UI banyak terjun menjadi professional di bidang tersebut, sebut saja bidang penyiaran, desain grafis, komikus, pelukis, dan lain sebagainya, yang ditulis di sini hanya sebagian. Semoga bisa menginspirasi teman-teman anakUI ya..ahik ahik yes.

Btw ini loh bidang-bidang yang termasuk industri kreatif: periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, video, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer & piranti lunak, televisi & radio, riset & pengembangan, dan kuliner.

Siapa lagi alumni UI yang kamu tahu terjun di industri kreatif?



[reaction_buttons]