Ini Dia Kelanjutan Kabar dari Cikal Bakal Bikun Baru UI

Udah tau dong kalau UI punya mobil listri baru? Nah, Tim Molina yang melakukan riset melakukan penyerahan laporan akhir riset mobil listrik UI kepada pihak universitas di gedung Pusat Administrasi Universitas. Apa saja rencananya ke depan?


0
Ini Dia Kelanjutan Kabar dari Cikal Bakal Bikun Baru UI

Udah pada denger dong kalo UI meluncurkan 4 kendaraan mobil berbasis listrik pada perayaan ulang tahun ke-52 Fakultas Teknik UI? Nah, salah satu dari empat mobil yang diluncurkan tersebut adalah Bus Electric Vehicle (EV), yaitu bus yang memiliki kapasitas 60 penumpang dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah. Bus ini berbahan bakar listrik yang akan menggantikan Bikun yang selama ini masih berbahan bakar solar.

BACA JUGA: UI Luncurkan 4 Kendaraan Berbahan Bakar Listrik: Ternyata Bikun Beneran Ingin Bertransformasi, Loh!

Tim Molina yang melakukan riset mobil listrik UI tersebut melakukan penyerahan laporan akhir riset mobil listrik UI kepada pihak universitas pada Rabu (24/8/2016) di gedung Pusat Administrasi Universitas (PAU) lantai 2, UI Depok. Kegiatan serah terima ini dilakukan oleh Dekan FTUI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, sebagai perwakilan dari Tim Molina kepada Rektor UI Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M. Met. sebagai penanggung jawab kegiatan.

UI meluncurkan 4 kendaraan mobil berbasis listrik via news.okezone
UI meluncurkan 4 kendaraan mobil berbasis listrik via news.okezone

Dalam acara ini dilakukan pemaparan ringkasan pelaksanaan riset yang merupakan kerja sama proyek dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ini dan dilakukan kegiatan uji coba bus listrik mengelilingi UI yang dilakukan oleh rektor, tim riset, dan mahasiswa baru UI 2016.

Nah, sebagai kelanjutan dari riset dan penggantian bikunnya gak jadi wacana, dalam waktu dekat bus listrik ini akan diujikan di Kementerian Perhubungan agar bisa menjadi kendaraan resmi angkutan mahasiswa UI di dalam kampus menggantikan bus kuning UI. Gak cuma itu, kita rencananya juga akan melakukan kerja sama dengan pihak industri agar bus listrik UI ini bisa diproduksi untuk kebutuhan angkut penumpang di luar sana.

Ke depannya, Tim Molina UI juga berharap agar dapat dibentuk Research Center for Advanced Vehicle UI (RCaVe-UI) sehingga nanti diharapkan FTUI dapat menguasai teknologi kendaraan listrik dengan sebaik-baiknya menggunakan komponen lokal Indonesia.

Iya, udah, gitu aja. Kita doain aja semoga inovasi dan karya anak-anak UI dapat diterima di masyarakat demi lingkungan yang lebih sehat serta kehidupan yang lebih baik!

 

Referensi: ui.ac.id


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
hendrifhrz

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals