Ini Jurusan-jurusan Kuliah yang Bikin Kamu Sering Traveling

Mau cari jurusan yang memungkinkanmu untuk menikmati hobi jalan-jalan sambil kuliah? Ini beberapa jurusan yang memungkinkanmu untuk itu


0

Kuliah adalah salah satu masa-masa yang menyenangkan. Pada saat ini kamu akan menemukan pengalaman baru yang tidak kamu dapatkan di bangku sekolah yang lain. Meskipun ngga selalu menyenangkan dan seringkali dijatuhi tugas menyiksa, inilah masa dimana kamu bisa lebih leluasa mengenal dirimu sendiri.

Di masa ini pula kamu akan dianggap dewasa. Karena itu, nikmatilah masa kuliah dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat sehingga membuatmu senang. Kamu sukanya jalan-jalan? Mau cari jurusan yang memungkinkanmu untuk menikmati hobimu sambil kuliah? Kata siapa nggak ada, nih beberapa jurusan yang memungkinkan untuk melaksanakan hobi jalan-jalanmu.

 

1. Jurusan Pariwisata

Mahasiswa Pariwisata
Jalan-jalan = belajar! (sumber: proyekwisata.blogspot.com)

Urutan nomor satu dari jurusan yang akan menyokong hobi travelingmu adalah pariwisata. Jelas ya, jurusan ini akan memberikanmu kesempatan mengenal seluk-belik ilmu kepariwisataan termasuk di dalamnya seputar bisnis pariwisata. Namun, nilai plus nya jurusan ini juga tak jarang memberi kesempatan siswanya untuk mendatangi destinasi wisata yang tentunya didukung oleh kampus. Sangat menyenangkan.

 

2. Jurusan Antropologi

Bertemu masyarakat desa
Bertemu masyarakat dan mendapatkan local wisdom dari mereka (scinta1 via Compfight cc)

Jurusan ini sangat cocok untu kamu yang berjiwa travelling dan kepo. Bukan apa-apa, jurusan ini akan memberikan kamu kesempatan untuk mengenal dan mempelajari budaya masyarakat lewat interaksi langsung dengan mereka. Tak hanya Indonesia saja lokasinya, tapi juga di luar.

 

3. Jurusan Arkeologi

Situs-situs bersejarah
Jalan-jalan ke tempat kaya begini, siapa yang nggak mau? (soyignatius via Compfight cc)

Kamu penggemar situs purbakala layaknya Indiana Jones? Mungkin kamu akan cocok berkecimpung di jurusan arkeologi. Di sini kamu akan mempelajari tempat bersejarah seperti candi dan situs lainnya serta menggali info terdalam mengenai situs purbakala tersebut. Ya sebelas-duabelas lah sama Indiana Jones.

 

4. Jurusan Komunikasi

Meliput AKB48
Ditugaskan meliput mereka? Mauu (dimsdalle via Compfight cc)

Kata siapa komunikasi ngga bisa kamu jadikan lahan belajar sambil menyalurkan hobi kamu? Industri kreatif yang lagi menjamur membuat jurusan ini laris manis jadi yang favorit. Terus bagian jalan-jalannya dimana? Tentu saat tugas peliputan atau jurnalisme dong. Saat itu kamu diharuskan jalan-jalan untuk meliput sesuatu. Tentunya pengalaman meliput sambil menjelajah jadi hal yang mengasyikan buatmu.

 

5. Jurusan Teknik Arsitektur

Museum Fatahillah
Kerjaan anak arsitektur ya jalan ke tempat eksotik terus bikin analisisnya deh (John & Mel Kots via Compfight cc)

Kata siapa kuliah di jurusan teknik arsitektur ngga bisa membuatmu nyambi jalan? Teknik arsitektur juga jalan ko, sambil melakukan survey terhadap berbagai macam bangunan yang menarik dan indah. Hal ini dimaksukan agar mahasiswa tak hanya memahami rancangannya, namun atmosfer yang terdapat di dalamnya. Jangan salah, kegiatan seperti ini bisa membuatmu sampai mengunjungi luar negeri loh. tapi setelah bersenang-senang, kamu akan dihadapkan dengan tugas yang meminta diselesaikan. Ngga papa lah ya bikin laporan analisis mulu, yang penting jalan-jalan kan.

 

6. Jurusan Apapun!

Bisa keliling dunia lewat pertukaran pelajar/student exchange (sumber: viva.co.id)
Bisa keliling dunia lewat pertukaran pelajar/student exchange (sumber: viva.co.id)

Nggak masuk jurusan-jurusan di atas nggak berarti kamu nggak bisa jalan-jalan lho. Seriusan.

Syaratnya, kamu aktif ikut kegiatan ekstra-kurikuler di kampus, jangan cuma sibuk kuliah dan ngerjain tugas aja. Kamu bisa jalan-jalan kalau organisasi atau kepanitiaan kamu bikin acara tertentu, atau kalau ikut kompetisi tingkat nasional/internasional, beasiswa, seminar atau konferensi, hingga pertukaran pelajar. anakUI.com pernah membuat event yang khusus membahas tentang cara go international.

Itu tadi beberapa jurusan yang memungkinkan untuk menyokong hobimu sebagai traveler. Ini bisa jadi referensi buat kamu yang masih bingung untuk memilih jurusan yang diinginkan.

Buat kakak-kakak di UI, kira-kira jurusan apa lagi ya yang bisa bikin kita sering jalan-jalan sambil belajar? Share di komentar yaa..


Head Photo: Gaelen via Compfight cc

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
dityatamaputri
Perempuan. Juru tulis. Kecil. Hobi mandi. Punya obsesi jadi tinggi yang sayangnya ngga tercepai.

9 Comments

Leave a Reply

  1. kalau jurusan apapun yaa sama aja dong. ga sesuai sama judulnya. kan harusnya artikel ini memuat tentang jurusan-jurusan yang di dalam jenjang perkuliahannya wajib ada kuliah lapangan. terlebih jika memang di jurusan tersebut jalan-jalannya dibiayai oleh kampus. kalo pakai duit sendiri, seperti hanya sekedar mengerjakan tugas sambil jalan-jalan, semua jurusan juga bisa.
    Biologi setahu saya wajib . apalagi jurusan Geografi yang pasti pergi entah itu ke gunung hutan laut atau desa-desa terpencil.

  2. Jurusan geografi harusnya masuk, lah wong yang dipelajari ya bentang alam dan budaya. Dan setau gue di geo itu ada mata kuliah wajib Kuliah lapangan yang jumlahnya banyak, dan bisa milih juga. Udah pasti kerjaan lo traveling trus. Biologi juga, bahkan katanya ada matkul diving ! Keren bgt

  3. Mohon untuk anakui.com lebih serius dalam membuat artikel, karena ini bisa jadi referensi untuk adik-adik kita nanti. Sangat disayangkan juga isinya kurang komprehensif

  4. Jurusan biologi FMIPA UI bisa merasakan kuliah sambil adventure! Bisa ke gunung, laut, hutan, sampai tempat2 keren lainnya!

  5. jurusan biologi paling cihuy kalo mau jalan-jalan.. bisa naik gunung, masuk hutan dan diving di laut.. kurang seru apalagi coba?? hehehe..

  6. Dari FKM UI ada jurusan Kesehatan Lingkungan, jalan jalan memantau keadaan lingkungan di sebuah wilayah untuk menunjang kegiatan belajar di bangku kuliah.

  7. Assalm.mu alaikum kakak saya mau bertanya misalkan saya masuk jurusan parawista. Apakah harus fase bahasa inggris atau tidak?? , masalah biaya Mahal atau enggak?? , dan bagaimana cara masuk jrusan parawista tahun 2016 ?? , cara masuknya lewat SNMPTN
    Tolong dijawab iya kaka