Ini Nih Manfaatnya Sebagai Mahasiswa Kalau Kamu Suka Banget Musik/Band Indie

Ada hal-hal yang membuat musik indie terasa lebih nyaman untuk dinikmati oleh kalangan anak muda, khususnya mahasiswa, diantaranya kayak di sini nih.


0
Membuat kamu menjadi semakin apresiatif terhadap musisi indie via jfcc

Mungkin gak sedikit dari kamu yang merupakan penggemar musik atau bahkan ikut bermusik. Dan bahkan mungkin gak sedikit juga dari kamu yang senang mendengarkan musik indie dengan berbagai genre. Ada yang ingin merasa berbeda dengan yang lain, ada juga yang karena merasa alunan melodinya terasa nyaman dan enak didengar.

Sebagian kalangan mungkin masih ada yang asing dengan band indie. Sesuai asal katanya independent yang berarti merdeka, berdiri sendiri, berjiwa bebas, dan tidak bergantung. Jika diambil pengertian secara bebas, maka musik indie adalah musik yang berada di luar arus mainstream atau berbeda dengan corak lagu yang sedang laris di pasaran. Musik indie juga dapat dimengerti sebagai karya musik yang direkam dan dipasarkan sendiri.

Singkat kata, musik indie adalah musik yang tidak terikat kontrak dengan label musik besar seperti S*ny dan semacamnya, dan berkembang mengikuti selera pasar. Musisi indie kebanyakan justru menciptakan pasarnya sendiri.

Namun, di balik semua itu, ada hal-hal yang membuat musik indie terasa lebih nyaman untuk dinikmati oleh kalangan anak muda, khususnya mahasiswa, diantaranya.

BACA JUGA: OSUI Mahawaditra dalam Kancah Internasional

 

Pembuat Pasar

Kamu akan merasa istimewa dan “different” via Herin Damara
Kamu akan merasa istimewa dan “different” via Herin Damara

Dikarenakan kebanyakan musisi indie yang menelurkan karya-karya musik indie adalah pembuat pasar, artinya mereka tidak akan mengikuti trend yang tengah berlangsung, melainkan merekalah trendnya.  Sehingga genre yang dikeluarkan musisi-musisi ini pun gak jarang adalah hasil percampuran beberapa genre yang kemudian menjadi suatu genre baru.

Dengan dengerin musik indie yang genrenya berbeda dari musik kebanyakan, kamu akan merasa istimewa dan “different”, sehingga lebih percaya diri untuk bergaul karena kamu anaknya anti-mainstream banget!

 

Inspiratif

Bikin kamu berpikir lebih kreatif via engadget
Bikin kamu berpikir lebih kreatif via engadget

Dikarenakan tidak terikat kontrak dengan label tertentu, musisi indie biasanya lebih bebas berekspresi dalam musik-musik mereka. Sehingga gak jarang kamu temukan musik-musik indie yang ternyata musiknya dibuat dari instrumen-instrumen yang tak terduga, mesin tik misalnya. Wintergatan, salah satu grup band indie asal Swedia, sempat menggunakan mesin tik sebagai salah satu musiknya yang diberi judul Valentine.

https://www.youtube.com/watch?v=NW6I7x9X4QM

Mendengarkan dan menonton hal-hal seperti ini tentu membuat kamu semakin terinspirasi dan memacu ide-ide kamu untuk ikut berpikir secara kreatif dan menjadi beda.

 

Motivasi

Memotivasi kita untuk menjalani hidup dengan lebih tegar via jakartaglobe
Memotivasi kita untuk menjalani hidup dengan lebih tegar via jakartaglobe

Sebagian musisi indie ada yang berfokus pada ekspresi musik menggunakan alat instrumental, sebagian lainnya berekspresi lewat lirik-lirik yang menggugah dan memotivasi kamu.

Payung Teduh, Tiga Pagi, SORE, Tika and The Dissidents adalah 4 dari sekian banyak grup band indie yang digandrungi karena cara mereka berekspresi melalui lirik-lirik yang tak hanya meracuni pikiran kita dengan nuansa cinta yang tiada tara, namun juga memotivasi kita untuk menjalani hidup dengan lebih tegar.

 

Apresiatif

Membuat kamu menjadi semakin apresiatif terhadap musisi indie via jfcc
Membuat kamu menjadi semakin apresiatif terhadap musisi indie via jfcc

Tak jarang musisi indie menyampaikan kritik terhadap lingkungan, pemerintah atau birokrasi apa pun dalam karya-karya musiknya. Ditambah lagi, karena musik mereka tidak dapat ditemukan pada major label, tentu kamu harus mengunduh atau membelinya melalui musisi indie tersebut atau dapat menjumpainya di festival-festival musik tertentu. Dan gak jarang juga sebagian dari mereka memulai kariernya sebagai musisi indie sejak zaman SMA atau masa kuliah, Kunto Aji atau Tulus misalnya.

Hal-hal ini membuat kamu menjadi semakin apresiatif terhadap musisi indie karena perjuangan mereka yang yakin bahwa mereka tidak hanya sekedar mencari hidup lewat bermusik, namun karena musik adalah hidup mereka.

Kepedulianmu terhadap musisi idolamu pun akhirnya “menula” pada hal-hal lain secara perlahan. Misalnya, kamu tiba-tiba jadi peduli dengan kebersihan lingkungan karena kamu bersikap apresiatif terhadap tukang sampah dekat rumahmu dan lain sebagainya.

Mungkin hal-hal di atas terdengar klise dan biasa saja, namun, jika kamu benar-benar peduli terhadap musik yang kamu dengarkan, cepat atau lambat kamu akan mendapat inspirasi untuk membuat dunia sekitarmu menjadi tempat yang lebih baik.

Kamu atau temanmu punya pandangan lain tentang musik indie? Yuk, sampaikan melalui comment box dan bagikan tulisan ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply