Inilah Daftar Kampus Paling Hijau Berdasarkan Pemeringkatan UI GreenMetric 2020

UI mengumumkan hasil pemeringkatan UI GreenMetric 2020 melalui Instagram dan laman resminya dan pada tahun ini, UI GreenMetric diikuti oleh 912 universitas dari 84 negara. Universitas-universitas manakah yang berhasil meraih podiumnya di pemeringkatan ini? Inilah hasil pemeringkatannya.


0

Inilah Hasil Pemeringkatan UI GreenMetric 2020. UI GreenMetric merupakan ajang penghargaan tahunan yang diadakan oleh UI yang berfokus pada lingkungan, terutama penghijauan dan keberlanjutan lingkungan yang ada di univeritas dalam dan luar negeri. Ajang penghargaan yang pertama kali diadakan pada tahun 2010 ini merupakan bentuk apresiasi tingkat internasional dari UI terhadap kampus yang berkomitmen dan konsisten terhadap lingkungan.

Sumber: greenmetric.ui.ac.id

Dikutip dari laman resmi UI GreenMetric, ajang ini berperan terhadap keberlanjutan lingkungan di perguruan tinggi di seluruh dunia untuk memacu mereka dalam menyediakan ruang untuk penghijauan dan keamaan lingkungan, menggunakan energi secara efisien dengan mempedulikan sumber energi alami, mengelola limbah dengan baik, mengurangi penggunaan air dan menambah konservasi air, melakukan pembatasan kendaraan bermotor, dan menciptakan generasi baru yang lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.

Indikator dan kriteria penilaian untuk pemeringkatan UI Green Metric antara lain keadaan dan infrastruktur kampus (15 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), pengelolaan sampah (18 persen), penggunaan air (10 persen), transportasi (18 persen), dan pendidikan dan riset (18 persen)

Pada Senin (7/12) lalu, UI mengumumkan hasil pemeringkatan UI GreenMetric 2020 melalui Instagram dan laman resminya. Tahun ini, UI GreenMetric diikuti oleh 912 universitas dari 84 negara. Ajang tersebut memberikan penghargaan pada kampus terhijau di Indonesia dan dunia. Selain itu, terdapat empat penghargaan baru yang diberikan pada tahun ini. Berikut ini daftarnya.

BACA JUGA: UI Aspal Jalanan Pakai Sampah Plastik, Emang Bisa?

Daftar 10 Besar Kampus Terhijau di Indonesia Versi UI GreenMetric 2020

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  3. Universitas Gajah Mada (UGM)
  4. Institus Pertanian Bogor (IPB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  7. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  8. Universitas Islam Indonesia (UII)
  9. Universitas Telkom (UT)
  10. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL)

Daftar 10 Besar Kampus Terhijau di Dunia Versi UI GreenMetric 2020

  1. Wageningen University & Research, Belanda
  2. University of Oxford, UK
  3. University of Nottingham, UK
  4. Nottingham Trent University, UK
  5. University of California, Davis, USA
  6. Umwelt-Campus Birkenfeld (Trier University of Applied Sciences), Jerman
  7. University of Groningen, Belanda
  8. Leiden University, Belanda
  9. University College Cork, Irlandia
  10. Universita di Bologna, Italia

BACA JUGA: Gaya Hidup Ramah Lingkungan Mahasiswa Selama #DiRumahAja

Empat Penghargaan Baru Tahun Ini

Sumber: southeastgreeks.org

Tahun ini, UI GreenMetric mengeluarkan empat penghargaan baru, yaitu The 2020 Most Sustainably Improved University, The 2020 Most Active National Coordinator of UI GreenMetric World University Ranking Network, The 2020 Most Sustainably Innovative University, dan The 2020 Best New Participating University. Sama seperti peringkat kampus terhijau, masing-masing penghargaan ini juga diberikan kepada universitas di dalam dan luar negeri. Berikut ini daftarnya.

1. The 2020 Most Sustainably Improved University

Di tingkat nasional, penghargaan ini diraih oleh Institut Teknologi Sumatera. Sementara itu, di tingkat internasional, penghargaan ini diraih oleh Nottingham Trent University, UK.

2. The 2020 Most Active National Coordinator of UI GreenMetric World University Ranking Network

Di tingkat nasional, penghargaan ini diraih oleh Universitas Sumatera Utara. Sementara tu, di tingkat internasional, penghargaan ini diraih oleh RUDN University, Rusia.

3. The 2020 Most Sustainably Innovative University

Di tingkat nasional, penghargaan ini diraih oleh Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Sementara tu, di tingkat internasional, penghargaan ini diraih oleh Universidad De Oviedo, Spanyol.

4. The 2020 Best New Participating University

Di tingkat nasional, penghargaan ini diraih oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sementara itu, di tingkat internasional, penghargaan ini diraih oleh Universidad Complutense De Madrid, Spanyol.

Selamat kepada para pemenang. Semoga penghargaan ini dapat membuat para sivitas akademika di semua universitas untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan keberlanjutannya.

BACA JUGA: Apa Saja Hal-Hal Yang Kamu Kangenin Saat Naik Bikun?

Referensi gambar header


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply